Movie, Photography and Hobby

Indonesian Old Movie Lovers

ROY MARTEN & YENNY RACHMAN DALAM FILM ” HATIKU BUKAN PUALAM “

Posted by jejakandromeda on September 7, 2012


JUDUL FILM                        : HATIKU BUKAN PUALAM

SUTRADARA                       : NASRI CHEPPY

MUSIK                                  : HARRY ANGGOMAN

PRODUSER                          : JIWAT KK SOEDARKO

TAHUN PRODUKSI           : 1985

PRODUKSI                           : PT.BOLA DUNIA FILM – PT NAFILA FILM

JENIS                                     : FILM DRAMA

PEMAIN                              : JENNY RACHMAN, ROY MARTEN, DEDDY MIZWAR, EDWARD BAHAR, ADI KURDI, ANDREAS PANCHARIAN, WIEKE WIDOWATI, TETTY INDRIATY

SINOPSIS :

Sunyoto Lesmana (Roy Marten) menceraikan istrinya Hanum Ayu Lestari (Jenny Rachman) karena dituduh berbuat serong dengan sopir suaminya,  Heru (Edward Bahar). Merasa sakit hati akan ulah suaminya yang sebenarnya bermain-main dengan sekretarisnya Riani (Wieke Widowati) membuat Hanum mengakui tuduhan Sunyoto di depan hakim pengadilan agama. Imbasnya Heru di pecat sebagai sopir Sunyoto dari perusahaan. Heru menjadi bahan olok-olokan dan tertawaan teman-temannya karena telah menyelingkuhi istri bosnya.

Akibat nama baik yang sudah terlanjur tercoreng oleh perbuatan yang tidak pernah ia lakukan membuat Heru kesulitan untuk mencari pekerjaan. Namun akhirnya ia di terima bekerja di supermarket.

Enam Bulan telah berlalu, Sunyoto telah menikah lagi dengan sekretarisnya Riani yang telah di hamilinya, sementara pernikahannya dengan Hanum selama 5 tahun tidak di karuniai anak. Tanpa sengaja ketika Hanum habis berbelanja ia bertemu dengan Hambali (Deddy Mizwar). Hambali pulalah yang dulu mengenalkan dan menjodohkan Hanum dengan Sunyoto. Mengetahui keadaan Hanum yang telah bercerai dari Sunyoto membuat Hambali marah pada Sunyoto. Ia berusaha menemuinya dan menjelaskan kalau Hanum tidak mungkin berselingkuh. Namun nasi sudah menjadi bubur. Sunyoto merasa bersalah atas tuduhannya pada Hanum. Sunyoto yang kini sudah menikah lagi dengan mantan sekretarisnya menjadi merasa bersalah, apalagi ketika kelahiran anaknya dengan Riani, Hanum datang menjenguk dan berpapasan dengannya di rumah sakit. Namun bagi Hanum semua sudah berlalu.

Merasa di hantui perasaan bersalah dan perasaannya yang masih mencintai Hanum membuat Sunyoto berterus terang pada Riani. Meski pada awalnya Riani merasa kecewa namun ia bisa mengerti bahwa Sunyoto menikahinya karena ia telah hamil dan Riani tidak pernah menuntutnya untuk bercerai dari istrinya.  Lambat laun Sunyoto mulai mendekati kembali Hanum yang kini hanya sebagai seorang penjahit. Namun Hanum tetap pada pendiriannya. Merasa usahanya tidak berhasil, Riani yang merasa bersalah pada Hanum ikut membantu suaminya untuk membujuk Hanum agar mau kembali pada Sunyoto, namun Hanum tetap pada pendiriannya.

Sementara Itu Hanum berharap pada Siswadi (Adi Kurdi) teman sekampungnya yang sudah siap untuk menikah dan dikenalkan oleh keluarganya. Namun harapan Hanum sirna setelah ia melihat kalau Siswadi bermesraan dengan Ibu Kostnya (Tetty Indriati).

****

Suatu hari ketika Sunyoto bertandang di rumah Hanum, tanpa sengaja ia bertemu dengan Heru, sopir yang pernah di pecatnya. Sunyoto mengajak Heru untuk pulang bersama  dalam satu mobil. Maka di utarakanlah niatnya kalau ia ingin kembali pada Hanum. Namun dalam Islam, seorang wanita yang sudah di ceraikan, pantang untuk dinikahinya kembali sebelum ia menikah. Maka itulah Sunyoto membujuk Heru untuk mau menikah dengan Hanum dengan imbalan sejumlah uang. Meski sebagai sopir, namun dengan rendah hati Heru menolak usulan Sunyoto.

Kini pilihan Sunyoto jatuh pada Hambali untuk membantunya. Hambali pun sepakat untuk membantu untuk menikah dengan Hanum dengan waktu yang telah ditentukan dan tidak boleh tidur bersama. Atas kebaikan sikap Hambali yang ditujukan pada Hanum selama menikah membuatnya jatuh hati. Ia tidak mau menjadi istri yang pura-pura bagi Hambali. Ketika waktu pernikahan mereka akan berakhir, Sunyoto datang pada Hanum dan memintanya untuk bermesraan. Namun Hanum yang merasa sebagai istri sah Hambali tidak mau melakukannya, apalagi perasaan Hanum yang sudah jatuh hati pada Hambali membuatnya untuk tetap mempertahankan diri, termasuk ketika Sunyoto memaksanya untuk bermesraan, Hanum berteriak meminta tolong pada Hambali ditengah hujan deras. Hambali berhasil mendobrak pintu rumah dan mengusir Sunyoto.

Dalam perjalanan pulang, Sunyoto kecelakaan dan tewas. Akhirnya Hambali dan Hanum tidak bercerai dengan pernikahan yang pada awalnya Cuma pura-pura.

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,178 other followers

%d bloggers like this: