Movie, Photography and Hobby

Indonesian Old Movie Lovers

EKA SUMADINATA DALAM FILM “SI RAWING”

Posted by Toto Andromeda on January 5, 2010


Si Rawing

JUDUL FILM        : SI RAWING

SUTRADARA       : DENNY HW

PRODUSER          : HANDY MULJONO

PRODUKSI           : PT. KANTA INDAH FILM

TAHUN PROD    : 1991

JENIS                     : FILM LAGA

PEMAIN               : Eka Sumadinata, Yunita Sarah, Wenny Rosaline, Rita Sheba, Yoseph Hungan, Rudy Wahab

SINOPSIS :

Darma (Eka Sumadinata) adalah anak dari Wikarta (Rudy Wahab) . Wikarta di bunuh oleh Ki Bewok dan komplotannya , seorang perampok ulung dan Ibunya di culik oleh Ki Bewok untuk dijadikan istrinya. Ketika Wikarta dibunuh oleh Bewok, Darma akhirnya ditolong oleh seseorang dan diasuh hingga dewasa oleh Ki Debeng atau Mintarga. Darma dijadikan murid oleh Ki Debeng hingga dewasa. Setelah memiliki ilmu yang cukup akhirnya Darma pun turun gunung untuk mencari tahu keberadaan pembunuh ayahnya Ki Bewok dan keberadaan Ibunya yang ikut di culiknya. Namun sebelum turun gunung, Ki Debeng memberi nama Rawing kepada Darma.

Setelah turun gunung, pergilah Rawing ke sebuah tempat dimana Abah Odang dan istri serta anaknya tinggal.  Rawing menolong warga sekitar dari perampokan yang dilakukan oleh anak buah Ki Bewok. Akhirnya Rawing di tawari untuk tinggal di rumah Abah setelah Rawing menjelaskan maksud dan tujuannya. Rawing mencari tahu keberadaan Ki Bewok dari kampung Abah Odang.

Ketika para perampok datang, maka inilah saat-saat yang ditunggu-tunggu oleh Rawing untuk mencari tahu keberadaan Ki Bewok, namun setelah Rawing berhasil melumpuhkan mereka, Rawing tidak dapat mengorek tentang keberadaan Ki Bewok.  Akhirnya melalui anak buahnya, Rawing menyampaikan pesan pada Ki Bewok bahwa ia mencarinya ingin menuntut balas atas kematian ayahnya.

Mendengar laporan anakbuahnya Ki Bewok tidak percaya dan menyuruh anak buahnya untuk mencari Rawing dimanapun berada. Di sarangnya Ki Bewok yang tinggal bersama Ibu dari Rawing dan seorang anak perempuan yang diasuhnya dari kecil. Namun Ki Bewok mempunyai niat jahat, meski anaknya namun ia bermaksud mengawininya. Tentu saja hal ini ditolak oleh anak yang telah diasuhnya. Sementara Ibu Rawing yang tidak tahan diperlakukan semena-mena oleh Bewok akhirnya melarikan diri. Namun belum lagi niatnya tercapai, ia sudah ditangkap oleh Ki Bewok.

****

Rawing akhirnya berhasil bertemu dengan Ki Bewok dan berusaha menuntut balas. Namun ilmu yang seimbang membuat Ki Bewok kewalahan. Ki Bewok akhirnya mengeluarkan racun Beruang Roban. Rawing terkena racun tersebut, namun berhasil ditolong oleh seorang nenek yang berilmu tinggi. Lewat pengobatan rutin akhirnya Rawing sembuh dan akhirnya diketahui kalau nenek tersebut sebenarnya adalah istri dari gurunya Ki Mintarga atau Debeng.

Setelah sembuh dari  lukanya, akhirnya Rawing berhasil menuntut balas kematian ayahnya.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,180 other followers

%d bloggers like this: