Movie, Photography and Hobby

Indonesian Old Movie Lovers

Lupus; Ikon Anak Muda 90an

Posted by Toto Andromeda on November 4, 2008


lupus_-novelMasih ingat Lupus?… Ini sih bukan masalah penyakit Lupus yang mengerikan itu, tapi ini Lupus, Tokoh fiksi yang di ciptakan oleh Hilman Hariwijaya sang penulisnya. Lupus dikenal melalui Novel kocak Lupus yang di ciptakan oleh Hilman, seorang anak muda (kala itu) yang berhasil membuat pembaca khususnya kalangan anak muda menjadi gandrung dan tergila-gila dengan cerita Lupus. Lupus hadir sekaligus menjadi best seller.

Era 90an, memang Lupus menjadi idola anak muda, dari model rambut, tas lupus (itu tuh tas yang diselempangkan gaya lupus), sehingga tak heran apabila novel-novel lupus juga laris manis, bahkan Kalau ke perpus nih, saya juga nyarinya lupus, meski suka rebutan sama kakak kelas.

Lupus 1 Topi-topi Centil

lupus-topi-topi-centilTidak banyak lho pemuda yang produktif, tapi itu tidak bagi Hilman sang empunya Lupus, Ide kreatifnya mampu membawa novel-novelnya laris manis.Tokoh-tokoh dalam Novel Lupus terdiri dari Lupus, Mamanya Lupus, Adiknya Lupus si Lulu, Boim, Gusur, dan juga pacar-pacar Lupus.Gaya Lupus dengan Permen Karetnya dan sikap yang cuek pula menyebabkan tokoh Lupus sangat mengena di hati pembaca.

Lupus 2 - Tangkaplah Daku Kau Kujitak

Dengan gaya bahasa yang ringan dan enak dicerna juga kelucuan-kelucuan yang diciptakan, Hilman mampu membawa para pembacanya untuk terbawa suasana lucu dan ceria yang diciptakan. Novelnya memang bukan novel yang berat dan tidak harus berpikir ketika kita membacanya.

lupus-makhluk-manis-dalam-bisseperti biasa, keberhasilan Lupus di Novel juga diadaptasi ke film. Melalui Sutradara Eddy SS, terciptalah Film Lupus 1 Topi-Topi Centil yang diperankan oleh Hilman sang pengarang sebagai Lupus. Kemudian di Lupus 2 Tangkaplah Daku Kau Kujitak, Pemeran Lupus digantikan oleh Ryan Hidayat (almarhum) yang justru bermain sebagai Lupus lebih sesuai dengan tokoh di Novel dibandingkan ketika diperankan Hilman.

Lupus 3 - Makhluk Manis Dalam Bis

Sukses Lupus 1 dan 2, kembali Hadir Lupus 3 dan 4. Lupus 3 di sutradarai Achiel Nasrun mengusung Judul Makhluk Manis dalam Bis sedangkan Lupus 4 Anak mami Sudah Besar dengan memperkenalkan Nike Ardilla sebagai artis pendatang baru, sekaligus menyanyikan lagu Sepanjang Jaman di film tersebut. Lupus 4 sekaligus film Lupus terakhir yang dibintangi Ryan Hidayat yang di duetkan dengan Nike Ardilla yang sekarang ini juga sudah sama-sama almarhum.

Lupus 4 - Anak Mami Sudah Besar

Selain di Film, Lupus juga merambah ke Layar Kaca seiring redupnya film Indonesia. Lupus diperankan oleh Irgi Ahmad Fahrezi di tayangkan di Indosiar sebagai Sinetron anak muda yang cukup tinggi perolehan ratingnya. Apalagi kala itu, soundtrack sinetron Lupus adalah lagu ‘Kita’-nya Sheila On7 yang memang sedang naik daun.

Lupus……Kini Lupuspun telah meredup dan sudah tiada,sekarang adanya Sinetron dengan penuh intrik dan perebutan harta.

About these ads

4 Responses to “Lupus; Ikon Anak Muda 90an”

  1. Cy2n said

    Yah, begitulah…. Saya suka baca lupus, meski beda generasi (saya lahir tahun 1991, hehe)

  2. Anarki said

    Gw jg suka bgt…….
    Paling hobby baca ceritanya
    dari lupus kecil SD, SMP sampe yg SMA

  3. arein said

    aq suka bgt bc novel lupus,aq skrg lg koleksi novel lupus, tp susah bgt nyarinya,

    Jejakandromeda’s said :
    ada kok di kos buku bekas…cari aja deh………

  4. Ziyad Agung Muyassar said

    saya lahir 1997 . semua anak seumuran saya g ada yg taunnya lupus . bahkan mereka g tau sama sekali . waktu saya sedang baca lupus mereka bilang “baca komik baru ya” . artinya lupus sudah mulai g dikenal masyarakat lagi

    Jejakandromeda’s said :
    di jamannya lupus sangat terkenal novel2nya, kalau sekarang ya pasti masanya dah lewat, tinggal kenangan….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,180 other followers

%d bloggers like this: