Movie, Photography and Hobby

Indonesian Old Movie Lovers

Misteri Dari Gunung Merapi

Posted by jejakandromeda on June 23, 2008


Da

SERIAL SANDIWARA RADIO MISTERI DARI GUNUNG MERAPI

Tahun 80an sampe awal 90an, sandiwara radio merajai wilayah-wilayah mimpi dan khayalan seorang anak di seluruh nusantara sebelum hadirnya TV swasta yang menayangkan sinetron-sinetron yang kian lama kian banyak. Sandiwara radio merupakan sarana hiburan yang murah dan dapat di nikmati tidak hanya oleh manusia normal akan tetapi oleh orang yang buta sekalipun. Hampir di pelosok-pelosok kampung radio merupakan barang berharga yang merupakan sarana hiburan murah. Radio… itupun tidak semua masyarakat memiliki radio, hanya orang-orang tertentu yang kala itu memiliki radio.

Sandiwara Radio dengan bintang-bintang sekaliber Ferry Fadli, Elly Ermawaty, Bahar Mario, Ivonne Rose adalah nama-nama yang melekat di hati masyarakat meski dengan illustrasi dan khayalan yang berbeda-beda tentang tentang nama-nama tersebut dengan tokoh yang dimainkan. Setelah Saur Sepuh, Tutur Tinular ada lagi Misteri Dari Gunung Merapi. Sandiwara Radio besutan Asmadi Syafar tersebut di siarkan di jam-jam tertentu di stasiun radio.

Bercerita tentang siluman harimau dan mbahnya dari segala mbah setan ‘Mak Lampir’ yang selalu terkekeh-kekeh yang menyebabkan bulu kuduk berdiri meski ketika mendengarkan radio siang hari. Ilustrasi musik yang kadang-kadang bikin jantung mau copot. Misteri Dari Gunung Merapi berhasil membawa pendengarnya ke alam khayal yang begitu jauh, ke alam khayal yang mencekam.

Adalah Sembara (Bahar Mario) seorang pemuda dari desa anak Maryamah dan Aliman yang mencintai seorang gadis Farida (Lia Chaidir) yang tidak disetujui oleh Raisman ayah dari Farida. Raisman mempunyai dendam tersendiri dengan Maryamah karena pernah di tolak ketika melamarnya, malahan Maryamah lebih memilih Aliman teman dari Raisman. Raisman menentang hubungan keduanya.
Hingga pada suatu ketika Farida di jodohkan dengan Mardian yang ternyata adalah siluman harimau. Mardian juga menerkam Rosminah bibi Farida sehingga Rosminah ikut menjadi siluman harimau.

Jika kita mendengarkan sandiwara ini, kita akan bergidik takut dengan khayalan yang begitu tinggi membayangkannya.
Tokoh-tokoh dalam sandiwara radio ini :

  • Sembara : Seorang pemuda yang mendapat julukan Pangeran pemberian dari Ki Jabat. Sembara merupakan murid dari Ki Jabat yang juga merupakan asuhan dari Datuk Panglima Kumbang seekor macan hitam. Sembara memiliki ilmu yang dasyat yaitu cambuk Kilat, Selimut Kabut, Cryistal Kaca, Ilmu Suara Angin, ilmu dimana sembara dapat mendengarkan suara dari angin yang berhembus.
  • Farida : Anak Raisman yang digambarkan sebagai gadis yang lugu, selalu menjadi incaran Mak Lampir dan cecunguknya, selalu disakiti, lembut, tidak mempunyai ilmu bela diri. Pada saatnya nanti ketika hari pengantin terjadi, Farida di culik akan tetapi di tolong oleh Nyai Bidara yang kemudian menjadi gurunya, dan kemudian Farida mempunyai ilmu dan menyamar jadi Mayangsari.
  • Mak Lampir : Hantu dari rajanya hantu, nenek yang paling ceria karena selalu tertawa terkekeh-kekeh. Mak Lampir penghisap darah. Kedatangan Mak Lampir ditandai dengan berhembusnya angin yang aneh. Tidak lama kemudian akan terdengar tertawa terkekeh-kekeh menandai kedatangan mak Lampir, dan sudah pasti jadi korbannya.
  • Basir : Sahabat setia sembara yang tidak memiliki ilmu bela diri. ia sahabat yang sangat setia hingga suatu saat mati karena mak lampir dan menjadi pukulan yang paling berat bagi sembara.
  • Ki Jabat : Guru Sembara, penghuni hutan larangan yang mewariskan ilmunya pada sembara. Ki Jabat merupakan musuh bebuyutan Mak Lampir hingga terjadi perebutan yang mengakibatkan hutan larangan direbut Mak Lampir, akan tetapi kemudian bisa direbut kembali oleh Ki Jabat.
  • Mardian : Siluman Harimau yang banyak menelan Korban, juga merupakan bawahan Mak Lampir. Mardian kemudian di kawinkan dengan Renata anak Tuk Jampak yang kemudian menghasilkan siluman yang lebih ganas yaitu Gerandong.

Misteri Gunung Merapi di sponsori oleh PT. Dankos laboratories yang menjual obat-obatan seperti Mixagrip, Mixadin. Waktu itu bintang iklannya adalah titik puspa. Meski iklan akan tetapi suara titik benar-benar ikut mencekam kala mendengar sandiwara ini .
Kelanjutan sandiwara ini tidak jelas, karena akhir dari kisahnya tidak ditayangkan alias tidak ada kejelasan tamatnya seperti apa.

Misteri Dari Gunung Merapi ke Layar Lebar

Mengikuti jejak sandiwara Radio saur sepuh dan tutur tinular, Misteri Gunung Merapi juga merambah layar lebar. Misteri gunung Merapi dibuat dalam tiga film yakni :

1. Penghuni Rumah Tua
2. Titisan Roh Nyai Kembang
3. Perempuan Berambut Api

Film ini di bintangi oleh Fendy Pradanya sebagai sembara, Ida Iasha Sebagai Farida dan Farida Pasha sebagai Mak Lampir.
Ya meski tidak sedasyat dan semenakutkan sandiwara radionya, akan tetapi filmnya mewakili sedikit gambaran siapa itu mak lampir.

Sinetron
Adalah PT. Gentabuana Pitaloka yang membuat versi sinetron sampai kurang lebih 150 episode yang ditayangkan Indosiar. Meski mak lampir masih mengusung nama yang sama yaitu Farida Pasha, akan tetapi di sinetron tidak akan ditemui harimau siluman. akan tetapi manusia siluman yang tidak semenakutkan di film maupun sandiwaranya.

Kini sandiwara radio ini sudah tinggal kenangan, akan tetapi kita masih bisa melihatnya dari film-film yang masih ada.

Disamping Sandiwara Radio dan Film, ternyata Misteri Gunung Merapi juga dibuat versi buku ceritanya yang di terbitkan oleh Elex Media Computindo.  Terdapat 3 buku yang diterbitkan, karena memang versi sandiwara radionya seru kala itu.

Buku Misteri Gunung Merapi seri 1 (Kiriman dari Bung Wylie Andrian)

Buku Misteri Gunung Merapi seri 1 (Kiriman dari Bung Wylie Andrian)

Buku Misteri Gunung Merapi 3 (Kiriman dari Bung Wylie Andrian)

Buku Misteri Gunung Merapi 3 (Kiriman dari Bung Wylie Andrian)

About these ads

52 Responses to “Misteri Dari Gunung Merapi”

  1. Farid said

    Mas, punya koleksinya gak? terutama yang ada suara lolongan anjing ama cerita negeri awan kalau gak salah. Maksih banyak mas.

  2. Untuk filmnya saya punya, tapi sandiwara radionya saya juga lagi nyari.. segera kalau saya sudah punya saya kirim via emailnya mas Farid….
    heheheheheheheheheheheh(tirukan seperti mak lampir terkekeh… hahaha)

  3. Wylie said

    Mas, saya jg penggemar berat sandiwara radio Misteri dari Gunung Merapi… dulu saya sempat rekam bbrp episode pake kaset, tp rekamannya skrg udh rada jelek kualitas suaranya. Saat itu yg saya rekam ketika Sembara bertemu dgn Rindi Antika, cucu Kakek Jabat di tepi sebuah telaga.

    Sandiwara radio Misteri dari Gunung Merapi sempat mengalami bbrp perubahan pengisi suara utk Mak Lampir dan Farida, dan jg perubahan judul, yaitu : Singgasana Mak Lampir dan yg terakhir Mustika dari Gunung Merapi (stlh sempat menghilang bbrp lama dr jam siar radio).

    Pada Mustika dari Gunung Merapi, Sembara mengembara ke tanah Jawa utk mencari Farida.
    Akhir dari sandiwara radio ini adalah Mak Lampir kalah telak, krn Sembara memperoleh sebuah mustika pemberian Kakek Jabat, yg bernama Buluh Perindu.
    Ketika kalah, Mak Lampir sempat tertawa terkekeh2… sambil mengatakan “Mak Lampir akan kembali, hehehehehehhheeee…”

    Novel Misteri dari Gunung Merapi jg sempat diterbitkan oleh Elex Media Komputindo, namun hanya terbit 3 judul :
    1.Hutan Larangan
    2.Harimau Siluman
    3.Pengantin Lembah Hantu

    Saya sangat mengharapkan sandiwara radio bisa bangkit lagi seperti dulu.

    Jika Mas ada info2 ttg sandiwara radio, tolong kabari saya ya (via email). Terimakasih

    salam,
    Wylie

  4. LUQMAN YUSUF said

    saya ingin sandiwara radio mesteri dari gunung merapi d siarkan lagi

  5. Wylie said

    Sekedar informasi, di episode terakhir sandiwara radio Misteri dari Gunung Merapi, dgn judul Mustika Buluh Perindu, suara tokoh Mak Lampir bukan diisi oleh Asriati (yg ngetop dgn ketawa ngekeknya), tp diganti oleh Ari Bahariani.

    Lalu Sembara punya 2 anak, 1 dari Farida (istrinya) dan 1 lagi dari Rindi Antika (cucu Kakek Jabat).

    Tokoh Farida jg diganti oleh Yanita Margareth (sebelumnya oleh Lia Chaidir).

  6. firman said

    mas ada buku komik ato Cd filmnya????
    kalo ada sy mo beli. saya senengn banget film2 nya. ini no hp saya 08170560xxx.trims

    Jejakandromeda’s said;
    terima kasih sudah mampir ya. Kalau untuk komik memang tidak ada. Tp untuk novel dulu sempat keluar. Soal film saya ada 3 versi layar lebar. Kalau mau sy bisa bantu kopikan atau saya bantu cari originalnya. No telp saya sensor ya maaf, untuk mengindari hal2 yg tidak diinginkan. Tp sudah saya catat kok. Sering2 mampir kesini ya

  7. kakanda said

    Masih ada kisah lanjutannya yaitu “Mustika Gunung Merapi”, yang kisahnya Kakek Jabat ingin mewariskan Pusaka Terhebatnya Ke Sembara. Pusaka ini berbentuk Tombak. Tetapi peta tempat mustika ini dicuri. Di Episode ini lokasi kisahnya tidak hanya di Sumatera tetapi di Jawa juga. Nantinya muncul tokoh-tokoh yang jauh lebih Sakti dari Mak Lampir, antara lain Gurunya Nyi Bidara & Kakak seperguruannya Nyi Bidara

  8. awaluddin said

    SAYA SEKARANG CARI FILE SANDIWARA RADIO MISTERI GUNUNG MERAPI DIMANA YAH BISA DAPAT?

  9. deddy said

    mas kalau udah ada sandiwara radionya kirimi aku juga ya buat di putar di radio saya di bau – bau sulawesi tenggara sekalian aku juga ingin bernostalgia lagi dgn sandiwara radio saursepu dan tutur tinular
    kirimi aku ya mas ya…ini email aku : l_radio_fm@yahoo.co.id

    trim`s

    Deddy `L Radio

    Jejakandromeda’s said :
    Salam L Radio… wah senang sekali kalau bisa di putar ulang tuh radio. Saya juga masih cari-cari dan share sesama penggemar serial sandiwara radio yang masa keemasannya 80-90an awal. Sekedar usul saja nih Mas Deddy, buat saja acara 1 jam bernostalgia dengan sandiwara radio. Whatever lah acaranya, intinya acara khusus yang membahas tentang sandiwara radio yang pernah sukses, sebutlah saur sepuh. Nah disitu cari tuh nara sumber/apa untuk diwawancara. Saya yakin masih bisa menarik pendengar. Soalnya saya dan teman pernah nyoba tuh ngusulin acara serupa, tapi tentang artis (Nike Ardilla). Dan responnya luar biasa lho. Dari yang tadinya direncanakan 1 jam, akibat banyaknya pendengar yang yang nelpon, akhirnya cuma bisa keputar 5 lagu. Dan itu juga molor dari 1 jam yang direncanakan menjadi 1,5 jam dan yang terpenting kan ada yang masang iklan juga hehe. Nanti saya coba kirim email kalau udah dapet copian sandiwaranya. Semoga ‘L’ Radio tetap jaya di udara hehehe

  10. dany daniel said

    Mas sandiwara radio misteri gunung merapi ini dulu hiburan terfavorit bagi keluarga saya, semua keluarga saya mendengarkan sandiwara ini, tapi sayang sekali akibat kecerobohan saya radio satu-satunya yang saya miliki waktu itu rusak karena jatuh dan kami tidak bisa mendengarkan sandiwara radio ini. Saya sampai saat ini sangat menyesali perbuatan saya itu karena sejak saat itu saya tdk bisa mengikuti lagi sandiwara radio ini, mas jika punya ceritanya yang lengkap saya mau beli mas, saya mau tau ceritanya dari awal sampai akhir karena ceritanya bagus banget

    Jejakandromeda’s said :
    Misteri Dari Gunung Merapi memang bagus kok, kita bisa berimajinasi dengan rasa takut didalamnya heheeh… bisa merinding meski hanya denger lolongan serigala dan ilustrasi yang dibawakan oleh pembawa ceritanya menambah suasana mencekam……..

  11. teguh dwijo said

    da yang punya bukunya g

    Jejakandromeda’s said :
    Ada, pak willy adrian tuh mau melepas koleksi novelnya… hub beliau. emailnya ada kok di komentar…

  12. hariman/yoyok said

    mas klo punya versi suara radionya sy juga mau .salam kenal

    Jejakandromeda’s said :
    Salam kenal balik bung yoyok……

  13. septia said

    yah………..krang seru cry yah………

  14. Film ini sama populer’y dengan film kera sakti..

  15. johari said

    salam..saya johari dari malaysia.bolehkah saya mendapatkan semua koleksi filem misteri mak lampir ini?dari mula hingga akhir episod?

    jejakandromeda’s said :
    Wassalam….saudara Johari boleh mendapatkan koleksi film misteri dari gunung merapi. ada 3 film semua…., kalau minat contact me di email ya…..

  16. fadly faisal said

    ssst,ssst….jangan ribut….?..nih,aku mau tanya…. mungkinkah mak lampir itu ada….?.. karena kalau di teliti di kitab kuno…. mak lampir itu mungkin sunan lawu….eh,kamu ada ya….kitab mantra zaman dahulu….?.. kalau ada kirim ke aku….sssst….

  17. sitampan said

    Dulu pas mo tayang nih sinetron, aku antusias skali, sekarang jadi males ah,kecewa berat..
    yang di sinetron udah banyak perubahan dari radio. Ceritanya jadi aneh banget.
    1. tempat kisah : di radio gunung merapinya ada di di Sumatera barat, di sinetron kok tiba-tiba jadi di jawa?
    ( tuntutan pasar?? no komen dah..!)
    2. Bisa-bisanya dicampur ama perang mataram-belanda (malah terasa lebih aneh lagi)
    3. Mana ada orang jawa pake gelar datuk?? sedang di sembara ada ; Datuk panglima kumbang, Tuk campak, dll
    Lebih aneh lagi, kok bisa-bisanya asmadi sjafar setuju perubahan konyol kayak gitu ya?

    Jejakandromeda’s said :
    saya setuju dengan mas tampan.

  18. andika said

    saya mau seh beli film2 ini,,, bagus banget film2 indonesia zaman dulu zaman sekarang mah ,,, ketara banget boongan nya ,, dimana ya saya bisa beli kaset nya

    Jejakandromeda’s said :
    Ok, cek email ya…

  19. andika said

    mas kalau mau cari film ini dimana ya,,,?

  20. gates said

    saya penggemar sembara

  21. ayu lestari said

    misteri gunung merapi film faorit ku waktu SD,,,,,

  22. alfha said

    Halo mas Jejak Andromeda, salam kenal..

    Kita memiliki minat yang sama rupanya, penggemar film2 & sandiwara radio jadul 80an. Memang kalau dirasain, karya2 seni anak negeri ini ditahun itu memang TOP-TOP ya, untuk ukuran zamannya. Baik dari segi kualitas, kreativitas, terutama kuantitas. Sangat menjadi tuan di negeri sendiri. kalau kejayaan itu terjadi sekarang, aku yakin kita sudah jadi, minimal, macan Asia Tenggara di dunia hiburan. Semoga dimasa depan kejayaan ini akan terulang ya mas.
    Btw, aku sedang merintis jalan untuk menjadi salah seorang pelaku bisnis film yang mudah2an bisa mengulang kejayaan itu (he he, bercita-cita boleh kan mas?). Salut buatmu mas Jejak Andromeda, terus berkarya! Salam..

    Jejakandromeda’s said :
    Salam Kenal Balik Alfha…., yup film2 Indonesia jadulmemang oke tuh…….., wah selamat ya semoga sukses dalam membuat film….., gw dukung deh…mau film apa saja asal bermutu…jgn hanya ikut trend hehe…

  23. hmidgondang said

    mas ada CD misteri gunung merapi I, II dan III yang spt ditayangin di indosiar tuh ngga?? kalau ada saya mau beli, makasih infonya….

    Jejakandromeda’s said :
    adanya versi filmnya bukan sinetronnya….

  24. hmidgondang said

    tapi pemerannya sama yang spt di sinetron itu kan mas??, gmn caranya saya mau beli?? makasih mas…

  25. hmidgondang said

    mas beli CD nya misteri gunung merapi dooong….

    Jejakandromeda’s said :
    Versi film? atau sinetron….

  26. nendar said

    salam kenal mas,,aku juga penggemar film misteri gunung merapi,,aku mau beli versi sinetronnya kaya di indosiar,,dari episode awal sampe akhir ada gak mas???? klo ada gimana cara belinya,,tolong mas aku dah cari kemana2 tapi gak ada,,
    trimakasih sebelumnya,,
    WASSALAM

    Jejakandromeda’s said :
    Salam kenal balik pak nendar…untuk sinetron dimaksud kebetulan saya tidak memilikinya….

  27. ainun said

    saya suka banget sandiwara misteri gunung merapi, tapi saya baru tahu ada lanjutannya “mustika dari gunung merapi” pakai ada cerita sembara punya anak dari rindi antika….???apa iya gitu…?,gimana kalau asmadi sjafar tulis cerita penghabisannya saja untuk dibuat novel……jadi ada ujungnya…kasian yang udah ngikutin cape2 kok gak ada endingnya….

  28. suud rizkianto said

    punya mp3 misteri dari gunung merapi versi sandiwara radio mas?bisa share ma q?trim

  29. Sofian Sin said

    ceritanya mak lampir akhirnya dikalahkan oleh ki jabat. cerita habis sampe sana

  30. zulhan said

    punya koleksi videonya nggak?? dari awal? klo ada bagi link nya dong. plisss

  31. syaikhu said

    Episode yang paling saya ingat adalah Dalam Cengkraman Setan dan Wanita Berambut Api.. ceritanya sangat berkesan

  32. syaikhu said

    Mungkin cara untuk menelusuri koleksi sandiwara radio ini adalah ke stasiun radio yang pernah memutar sandiwara radio tsb.

  33. bayu said

    Wah..kangen banget ma sandiwara ini..tolong dong yg punya koleksi sandiwara radio nya,,kami tunggu..

  34. Cho said

    permisi iya…. ada siapa yg tau nggak kalo mau nonton film jadulnya dimana? tolong dong pengin liat sekali ni… apa lagi kalo bisa sekali gus di sedot…bantuin dong sapa yg tau.

  35. haris said

    mas filmnya tu bisa di download gak?

  36. wuihhhhhhhhhhh….ih….ih……ih…….ih………suenengnya kalo bisa dengering sandiwara radio mak lampir ini ……..sayang…….ga bakalan kesampaian……padahal ……..saya paling suka dengering suaranya farida yang begitu trenyuh dan nrima……………………….

  37. Riyan Ridyani said

    Mas, dimana saya bisa mendapatkan copy film Sandiwara Misteri Gunung Merapi, juga novelnya saya ingin sekali membelinya. Kalo ada juga saya ingin sekali punya rekaman sandiwara radionya. Tolong yah, Mas?

  38. Riyan Ridyani said

    Mas, saya baca kalo Sembara punya anak dari Farida dan Rindi Antika. Saya mau tanya itu Sembara poligami atau bagaimana? Bagaimana perasaan Farida kalo Sembara punya anak dari Rindi Antika? Atau apakah Sembara hanya ingin menyenangkan Rindi Antika saja karena Rindi Antika itu naksir dirinya dengan mengangkat anak Rindi Antika jadi anaknya Sembara tapi Sembaranya tidak mau menikahi Rindi Antika, dan anaknya Rindi Antika itu bukan murni anak dari Sembara? Bagaimana sih Mas cerita selengkap2nya dari Sembara berhasil menikahi Farida dan sampai Sembara punya anak dari ke dua wanita itu? Tolong Mas, jelasin saya ingin tau kelanjutan ceritanya, soalnya dulu saya mendengarkan hanya sampai Sembara mencari Farida kembali untuk ke 2 kalinya. Tolong yah Mas. Thnks banget

  39. rico said

    mas aku nyari film misteri gunung merapi..yg film lama tu,, ada ga mas ..kalai ada sms ke nmr aku mas 082170545708…

  40. Hery S said

    hlo…slm knal mas jejak andromeda,wah sy baru bs bergabung dgn komunitas para penggemar sandiwara radio & film th 80an nih …sbab baru sy temukan nih mas situsnya…..bicara tentang misteri dr gunung merapi,saur sepuh,tutur tinular dan yg lainnya sy termasuk yg paling gila nih…khusus cerita misteri dari gunung merapi kalau ada saya mau mendapatkan buku atau apalah yg bisa menghilangkan penasaran sy tentang akhir cerita ini..sbab kalau filmnya sdh pasti tak akan ada kelanjutannya,bagaimana sy bisa dapat mas bukunya? tks

    Jejakandromeda’s said :
    Buku dulu ada yang punya…tar aku tanya lagi….

  41. puri said

    kapan film nya pengen nonton lagi.
    ada yang tau dimana jual kaset nya ??

  42. echa said

    ak mau tuh mas filmnya yang versi layar lebar….ak ga suka yg sinetron cos ga seru krg menakutkan terlalu banyak perbedaan dgn crita aslinya…mulai dari setting, penambahan tokoh character…sampe ktm sultan agung, nyi blorong, waduuuhhhhh…..!!!! trus pgn tau endingnya gmn….

  43. Riyan Ridyani Pelita Arsy said

    Tolong dong teman-teman yang lain yang tau atau pernah mendengar episode terakhir ketika Sembara berhasil menikahi Farida, secara lengkapnya bagaimana sih? Saya kok penasaran dari zaman SD itu, bagaimana endingnya?

  44. waduh…tuh…film serem2 amat sih abis ceritanya tentang kejahatan terus sih…terus rajanya kejahatan lagi yaitu si setan, penggoda manusia.

  45. Dedi Kalibata ex Condet said

    googling tentang sandiwara radio jaman baheula, salah satunya misteri gunung merapi…
    eh..ternyata masuknya kesini hehehe…
    mas…jangan lupa yah..kalau sudah dapat copy-annya..saya berminat juga..
    oh iya..pesanan yang lama masih saya tunggu..

  46. massels said

    setahuku cerita pertamanya itu drama modern…sembara dan farida anak kuliahan..

    Jejakandromeda’s said :
    itu kan setaumu… kuliah dimana? di kebon haha……

  47. vinoy said

    Mas yg ganteng,,boleh gk aq minta full movie mak lampir versi sinetron,
    aq cm bs liat mpe episode 35 aja,,
    penasaran dgn smbungan ma episode ahIrnya-,please mas punya gk?

    Jejakandromeda’s said :
    gak punya versi sinetron….

  48. nur rangga said

    ak punya

  49. Kang bsa bagi file ny gx ?
    copy’an aja

  50. herman said

    Hemz…salam kenl dr pndatng bru nie..sy bca obroln dr td mmbhas tentng film maklampir, sy jg penggemarny lho..tp sy blom prnh liat yg di era thn 80an,.. dulu si yg fersi sinetronny sy sering nonton,bg yg pny tolong minta donk,,”‘email sy hermanmtc93@gmail.com/ 082358020028…matur suwun,,

  51. Norlela said

    Hai..sy Norlela dari malaysia..boleh kah sy dapat cerita mak lampir ni versi sinetron full episod…klu ade tlg hubungi sy dia alamat emal ni.

    elaila0808@gmail.com

    Jejakandromeda’s said :
    saya punya 6 episode lela

  52. Srikandi aseli said

    mas kalo mau cari filenya dmana ya yg original sandiwara radio…masih adakah filenya skrg..terutama yg ada suara lolongan srigala dan tertawanya mak lampir, tolong share ya mas makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,148 other followers

%d bloggers like this: