Movie, Photography and Hobby

Indonesian Old Movie Lovers

TUTUR TINULAR

Posted by jejakandromeda on April 17, 2008


Tutur TInular 1 - Pedang Naga Puspa

Sukses besar yang diraih oleh Saur Sepuh menyebabkan trend tersendiri untuk memproduksi film laga dengan sumber dari sandiwara radio. Tutur Tinular adalah salah satu yang ikut sukses mengikuti jejak pendahulunya, saur sepuh. Tutur Tinular berkisah tentang seorang pemuda Kurawan bernama Arya Kamandanu putra dari mpu Hanggareksa yang mempunyai kisah cinta penuh cerita dan intrik yang beberapa kali mengalami kekecewaan justru karena ulah kakak kandungnya sendiri Arya Dwi Pangga.

Banyak sekali wanita yang tergoda oleh buaian puisi yang dibuat Arya Dwipangga, termasuk orang-orang yang disayangi oleh Kamandanu. Sehingga inilah merupakan awal dari permusuhan kakak beradik ini.

Seperti biasa Serial Tutur Tinular disiarkan tiap hari oleh stasiun radio swasta maupun RRI dengan sponsor utama PT. Dankos Laboratories. Cerita S Tidjab ini sangat asyik untuk di dengarkan. Tutur Tinular bersaing ketat dengan Saur Sepuh sehingga penyiarannya pun mempunyai jeda waktu dari stasiun radio yang lain. Kalau gak salah ingat Saur sepuh rata-rata di putar jam 14.30 ataupun 15.30 sore sedangkan Tutur Tinular sendiri di putar sekitar pukul 18.30.

Dengan durasi 30 menit jalan cerita plus illustrasi dari sang pembawa cerita dan di potong minimal 3x iklan, rasanya waktu tersebut sangat kurang, dan selalu bikin penasaran untuk terus mendengarkan lagi keesokan harinya.

Salah satu iklan PT. Dankos Laboratories yang diselipin dalam sandiwara radio ini adalah iklan obat batuk Mixadin. Bunyinya begini “…ada petruk jadi aladin… sampean batuk minum mixadin …” dengan suara musik yang sangat mendukung sehingga terkesan lucu dan menarik untuk di ikutin pada setiap kali main dengan teman-teman.

Seperti halnya Saur Sepuh, Tutur Tinular juga mampu membuat pendengarnya terkesima. Karena memang inilah sandiwara radio, hiburan rakyat yang murah meriah. Sehingga pada masa kejayaannya para pemain sandiwara radiopun menjadi idola bagi para pendengarnya.

Sebut saja Elli Ermawaty pemeran dari Mei Shin, Arya Kamandanu masih tetap diperankan oleh Ferry Fadli. Bayangan-bayangan siapa Mei Shin atau Siapa Kamandanu tentu masing-masing orang mempunyai bayangan sendiri akan tetapi mempunyai kesamaan. Yaitu Mei Shin wanita tangguh dengan ilmu kanuragan yang mumpuni yang bias mengimbangi Arya Kamandanu, Sementara bayangan Arya Kamandanu sendiri adalah lelaki gagah yang punya ilmu kanuragan tinggi yang baik.

Tutur Tinular 3 - Pendekar Syair Berdarah

Adapun tokoh yang terlibat dalam Tutur Tinular adalah :

  • Arya Kamandanu : Pemuda asal Kurawan, anak kedua dari Mpu Hanggareksa. Dalam kehidupan keseharian terutama dalam memikat wanita, Arya Kamandanu selalu tidak beruntung. Ketidak beruntungan ini justru terjadi karena ulah dari sang kakak sendiri Arya Dwipangga. Murid dari Mpu Ranubhaya yang mewarisi ajian Sati Angin yang bias meringankan tubuh seringan kapas dan secepat angin. Kelak ia menjadi pewaris dari pedang Naga Puspa yang menjadi rebutan.
  • Arya Dwipangga : Ahli membuat syair Putra sulung dari Mpu Hanggareksa di Kurawan, jago dalam memikat wanita terutama dengan menggunakan syair buatannya. Kerjanya sehari-hari hanya membuat syair, namun karena suatu kejadian dimana ia terjatuh kesumur tua akibat dihajar oleh Arya Kamandanu, ia bertemu dengan orang tua misterius yang mengajarinya ilmu kanuragan. Kelak ia akan keluar setelah matanya buta dan dikenal dengan nama pendekar syair berdarah.
  • Mei Shin : Mei Shin adalah istri dari pendekar Lo dari China. Merupakan pasangan pelarian dari Cina yang kemudian terdampar di tanah jawa dwipa. Mei Shin kemudian bertemu dengan Arya Kamandanu yang kelak memadu kasih namun terhalan goleh Arya Dwipangga.

Ketiga tokoh tersebut merupakan tokoh sentral yang menjadi nyawa dalam sandiwara Tutur Tinular. Tutur Tinular masih digawangi oleh Ferry fadli dan Elly Ermawati.

Kelak Tutur Tinular dilanjutkan kisahnya dalam sandiwara Radio Mahkota Mayangkara. Bedanya Tutur Tinular berkisah tentang kerajaan Singasari, tapi mahkota Mayangkara berlatar belakang kerajaan Majapahit.

Sandiwara radio ini tentu akan lebih menarik jika masih bisa kita perdengarkan melalui free download sandiwara radio Tutur Tinular. Segera akan terwujud mudah-mudahan.

Layar Lebar

Sukses yang dibuat oleh Saur Sepuh membuat Tutur Tinular dibawa ke Layar Lebar. Adalah PT. Kanta Indah Film yang memproduksi Film Pertama Tutur Tinular ke Layar Lebar. Buah karya dari S Tidjab ini di produksi sampai 4 Film.

Tutur Tinular 1 Pedang Naga Puspa

Film Produksi tahun 1989 ini menceritakan tentang awal mula masuknya Mei Shin ke Jawa Dwipa. Arya Dwipangga anak dari Mpu Hanggareksa kerjaannya hanya membuat Syair, sedangkan adiknya Arya Kamandanu lebih tertarik ke ilmu kanuragan. Ia mempunyai pacar Nala Ratih yang kemudian direbut oleh Dwipangga untuk diperistri.

Sementara dari daratan Tiongkok sepasang pelarian melarikan diri dan dikejar oleh prajurit Mongol hingga terdampar ke tanah jawa. Adalah Mei Shin dan Pendekar Lou yang membawa Pedang Naga Puspa yang menjadi rebutan di dunia persilatan.

Film Ini dibintangi oleh : Beny G Raharja sebagai Arya Kamandanu, Elly Ermawati sebagai Mei Shin, Baron Hermanto sebagi Arya Dwi Pangga. Pertama kali melihat film ini sungguh jauuuh banget dari khayalan tentang siapa diri Mei Shin. Dalam Khayalan Mei Shin adalah sosok perempuan, dengan pakaian tentunya sudah menyesuaikan dengan pakaian jawa. Akan tetapi di film tetap berpakaian layaknya pendekar China. Huuuuh.. jadi agak diluar dugaan juga sih…. Film ini di produksi oleh PT. Kanta Indah Film.

Tutur Tinular 2 - Naga Puspa Kresna

Tutur Tinular 2 Pedang Naga Kresna

Sukses dengan Tutur Tinular 1 atau agaknya gak terlalu sukses juga sih, PT. Kanta Indah film kembali memproduksi Tutur Tinular 2 dengan Judul Pedang Naga Kresna. Dalam Film Ini agaknya PT Kanta Indah Film tidak mempercayakan pada aktor dari Tutur Tinular 1. jadi memang kalau di tonton secara bersambung, secara tidak langsung kita akan membandingkan dengan pemain terdahulu yang memerankan tokoh yang sama.

Dalam Film keduanya Arya Dwi Pangga diperankan oleh Hans Wanaghi sedangkan Mei Shin diperankan oleh Linda Yanoman.

Film dengan durasi 84 menit ini menceritakan tentang perjuangan Mei Shin. Lanjutan dari Kisah pertamanya . Mei Shin mengubur suaminya, lalu berjalan bersama Kamandanu. Mei shin yang membawa pedang Naga puspa yang menjadi rebutan, bertemu dengan pasukan Kediri dan berperang. Kemudian terjadi bentrok dan berhasil menyelamatkan diri.

Melihat kemolekan tubuh Mei Shin yang bersama Kamandanu, agaknya Dwipangga tidak tahan. Terjadilah pemerkosaan yang membuahkan seorang anak. Akan tetapi meski sakit hati, dengan jiwa ksatrianya Kamandanu mau menikahi Mei Shin yang telah dinodai oleh Dwipangga. Kemudian Mei Shin memberikan Pedang Naga Puspa kepada Kamandanu.

Dasar memang culas, Dwipangga melaporkan ke Kediri bahwa pedang Naga puspa dibawa oleh Kamandanu, sehingga rumah mpu Hanggareksa di obrak abrik prajurit Kediri.

Tutur Tinular 3 Pendekar Syair Berdarah

Tutur Tinular 3 di produksi Elang Perkasa Film. Setelah tutur Tinular 2 memasang actor yang berbeda, di film inipun tokoh Arya Kamandanu masih mencari-cari actor yang tepat. Adalah Sandy Nayoan yang berhasil membintangi Tutur Tinular 3 sebagai Arya Kamandanu. Disandingkan dengan Devi Permatasari dan Baron Hermanto acting Sandy Nayoan di uji. Setelah sukses membintangi Sengsara Membawa Nikmat di TVRI agaknya masuk ke Film Laga bukanlah merupakan hal baru. Di film ini acting Sandy Nayoan lumayan berhasil memikat penonton.

Pendekar Syair berdarah (arya Dwipangga) yang menebar maut dimana-mana. Arya Dwipangga mengacau Majapahit dengan tujuan membalas dendamnya pada Kamandanu, namun pihak kerajaan mengira pengacaunya Mpu Bajil , yang sedang memperdalam ilmu Aji Segara Geni.Untuk menyempurnakan ilmunya Mpu Tong Bajil sudah mandi 7 anak satria. Untuk melengkapi menjadi 8, ia menculik Panji Ketawang yang akan digunakan sebagai korban berikutnya.

Panji ketawang adalah kemenakan dari Arya Kamandanu. Dengan dibantu istrinya Sakawuni, Kamandanu bertarung dengan Tong Bajil yang memang ditugaskan pula oleh Majapahit untuk membawa kepala Tong Bajil.

Sementara Arya Dwipangga dengan tidak mempunyai hati mencari adiknya Kamandanu untuk balas dendam.

Tutur Tinular 4

Tutur Tinular 4 Mendung Menggulung Di Atas Majapahit

Merupakan film terakhir dari Tutur Tinular. Masih di produksi oleh PT. Elang Perkasa Film, kembali menyandingkan Beny G Raharja untuk memerankan Arya Kamandanu. Agaknya Beny G Raharja memang lebih tepat untuk memerankan Arya Kamandanu di bandingkan dengan Hans Wanaghi dan Sandy Nayoan.

Film terakhir ini berhasil membuktikan siapa Ramapati, tokoh culas yang selalu memutarbalikkan Fakta. Remy Silado sebagai Ramapati berhasil membuat penonton geram melihat kelakuannya. Dari segi face memang Remy Silado sangat cocok memerankan Ramapati, karena memang memiliki muka yang culas dan licik.

Arya Kamandanu di tuduh membunuh Mpu tong Bajil oleh Ramapati yang merupakan pembunuh sesungguhnya. Agaknya dendam pribadi antara Ramapati dan Kamandanu yang menyebabkan Ramapati berlaku seenaknya, sampai memfitnah meracuni raja.

Keinginan utama Ramapati adalah agar Jayanegara naik tahta sehingga dengan mudah mengendalikannya. Kemudian pertemuan Kamandanu dengan Nyai Paniscara yang dulunya adalah Mei Shin akan tetapi setelah menjadi tabib, Mei Shin menggunakan nama tersebut. Dan Mei Shin pun sudah tidak mau kembali ke masa lalu, karena memang pahit sekali, sehingga kecewalah Kamandanu karena Nyai Paniscara tidak mau mengakui bahwa sebenarnya ia adalah Mei Shin.

Sukses menjadi sandiwara radio dan di layar lebar, Tutur Tinular kembali diangkat ke Layar Perak. Adalah PT. Gentabuana Pitaloka yang membuat Tutur Tinular versi sinetron laga yang kemudian ditanyangkan oleh ANTV dan Indosiar.

Versi Sinetron laga justru lebih menarik dibandingkan dengan versi film layar lebarnya. Agaknya teknologi sangat mempengaruhi dari trik-trik yang ditimbulkan.

About these ads

121 Responses to “TUTUR TINULAR”

  1. Akinol said

    See Please Here

  2. Zafriyal Afril said

    Halo, ada yang punya penggalan syair syair nya Arya Dwipangga nggak.

  3. jejakandromeda said

    Syair dari Pendekar Syair Berdarah alias Arya Dwipangga sih ada tapi dari versi filmnya. Sebenarnya cara pembacaan yang mengenalah yang lebih menusuk tajam…….

  4. sandhi utama said

    Mas Jejakandromeda film tutur tinular punya komplet gak ????…..Salam Naga Puspa

  5. jejakandromeda said

    Tutur Tinular 1, tutur tinular 3, tutur tinular 4. Tutur Tinular 2 belom punya.
    Salam mixadin hehehe……..
    Inget jingle iklan mixadin……ada petruk jadi aladin…anda batuk minum mixadin… hehehe
    ini bukan promosi lho….

  6. Kapan tutur tinuralnya ditayangkan ?

  7. bian said

    Novelnya Pak Tidjab dah terbit lho….novelnya di ambil dari Serial Sandiwara Radio “Pelangi di atas glagah wangi”…ini tentang runtuhnya Majapahit dan berdirinya Demak Bintoro..

  8. Romi said

    Saya tertarik ingin memiliki kaset ataupun cd sandiwara radio tuturtinular tsb dari awal sampai tamat, karena dulu waktu saya masih kecil, saya juga sering mengikutinya. Bagi yang punya informasi, bisa mengirimkan ke email saya : rahmat_romi@yahoo.com
    (http://label-business.blogspot.com)
    Terima kasih…

  9. usman said

    kawan-kawan siapa yang punya CD tutur Trinular sya ingin memilikinya,

  10. usman said

    tolong kabarkan ke email ini yaaaaaaaaaaaa
    yang lengkap

  11. usman said

    ini email nya usman_aaceh@yahoo.co.id

  12. sandhi utama said

    mas bian ,pelangi di atas glagah wangi bahkan sudah ada sandiwara radionya sampai saat ini lo..
    eh mas jejakandromeda,,, boleh juga dong vcd tutur tinularnya..versi sinetronnya boleh juga..
    salam ajian segoro geni (mpu tong bajil)

  13. abisima said

    sesiapa yang punya tuturtinular mp3 version min awwal ilal akhir ana minta disend dong… trus maharnya berapa? please send me abisima@gmail.com

  14. Tutur tinular ada yg punya Novel/ softcopynya ga coy..klo ada bole dong dikirim…

  15. kunderemp said

    Sepakat, versi sinetronnya jauh lebih bagus daripada versi bioskopnya.

    Aku nonton yang pertama, kedua, dan ketiga, dan aku sangat suka yang ketiga. Tetapi kalah dibanding versi sinetronnya.

    Kurasa bukan karena trik tetapi karena
    1. syuting mereka sampai benar-benar ke Cina (waktu Mpu Ranubhaya diculik oleh anak buah Meng Ki — utusan Kubilai Khan)

    2. Mei Shin diperankan oleh aktris Cina beneran

    3. dan, di versi sinetronnya, intriknya sangat jelas. Ramapati Halayudha sangat memuakkan.

    Trus bagian saat adik perguruannya Kamandanu tewas dengan banyak panah menembus tubuhnya saat membela Patih Nambi sangat menyentuh. Ia sempat bercerita pada Kamandanu, dulu ketika guru mereka, Mpu Ranubhaya bercerita tentang ajal Resi Bhisma, (yang juga tewas dengan banyak panah di tubuhnya) ia selalu menangis dan ia tak menyangka dirinya juga bernasib sama.

    Oh ya,
    versi novelnya, yang terbit baru sampai 4, tetapi Mas Buanergis Muryono dan Pak S. Tijab, sebenarnya sudah bikin sampai 6.

  16. Teten said

    Mas Kunder kt-y
    versi novelnya, yang terbit baru sampai 4, dan sudah bikin sampai 6. klo bole tau di mana dapetin yg versi Novelnya tuh..
    mkasih..

  17. baskoro said

    bukannya Tutur Tinular 2 sub judulnya adalah prahara di gunung arjuna????

  18. madd said

    tutur tinular dkk emang keren abiz, gw pnya nih pilemnnya,ada yang berminat? kunjungi saja ini :

    http://www.kaskus.us/showthread.php?p=70534714#post70534714

  19. Sasongko said

    Kalau memang ada cerita komplit tetang Tutur Tinular, bagi-bagi yach… ke matius_mon@yahoo.co.id Makasih

  20. Surya Winata said

    Mas boleh dunks dikirimin MP3 nya Sandiwara Radio Tutur Tinular n Mahkota Mayangkara …pengen bngeet bernostalgia kembali…cuman mana ada Radio yg muter sandiwara radio lgeee tolong yach…Terima kasih

  21. Wylie said

    Hallo semuanya?

    saya ada kbr baik buat kalian semua, tp saya jg mohon kerjasamanya dr kalian semua.

    begini… kelanjutan TUTUR TINULAR dan MAHKOTA MAYANGKARA udh ada, dan siap diedarakan dlm bentuk sandiwara radio, judulnya SATRIA KEKASIH DEWA (kisah ttg Jambunada, anak dr Arya Kamandanu & Sakawuni). Juga kisah cintanya dgn Latamanjari, dan permusuhannya dgn Layang Samba, yg nantinya keduanya akan mjd pengapit kiri dan kanan dari Gajah Mada.
    kisah SATRIA KEKASIH DEWA, jg menceritakan ttg runtuhnya kekuasaan Jayanegara dan digantikan oleh Hayam Wuruk.

    tp saat ini blom ada sponsor sama sekali, jika mau kita bisa sama2 cari sponsor utk SATRIA KEKASIH DEWA.
    atau ada dr rekan2 semua yg kenal sponsor yg bisa diajak kerjasama? atau bahkan kalian lah yg mau jd sponsornya?

    saat ini, saya udh punya trailer SATRIA KEKASIH DEWA, saya sendiri saat ini sedang berusaha mencari sponsor yg tepat.

    bgmn rekan2? apakah kalian mau SATRIA KEKASIH DEWA disiarkan?
    apa kalian rindu/kangen dgn era 80an? dmn sandiwara radio bisa mjd sarana hiburan yg mendidik, ketimbang sinetron2 TV swasta skrg yg cenderung mengintimidasi pihak2 tertentu.

    semua kembali kpd kita2, bgmn kita bisa menyikapi ini semua.

    salam,
    Wylie

    Jejakandromeda’s said :
    Produksi siapa bung? apa masih menggunakan pengisi suara yang sama atau dengan nama-nama baru? kangen juga sama istilah ‘diudarakan’ heheh. diudarakan jam berapa ? Soal Sponsor, usul aja nih, kenapa gak dicoba lagi dengan PT. Dankos Laboratoriesnya.

  22. Wylie Adrian said

    SATRIA KEKASIH DEWA diproduksi oleh PT. Multi Cinema Production, milik M. Aboed.
    Klo dari trailernya, masih pemain2 lama seperti : M. Aboed, Nenny Haryoko, Tato Sudiarto, Bambang Jegger, Ajeng Atmakusumah, dll…
    PT. Dankos udh coba saya hubungi, tp mereka malah mengusulkan utk menghubungi ke PT. Kalbe Farma.

  23. Harsa Wirottama said

    Mas.. gimana, ada berita lagi dari SATRIA KEKASIH DEWA ?

    Saya yakin sandiwara ini akan laris, karena memiliki pendengar fanatik dari zaman Tutur Tinular dan Mahkota Mayangkara.

    Saran saya ke pihak produsen, iklankan secara frontal, pendengar yang sudah lama rindu akan segera datang kembali.
    Pihak sponsor mestinya tahu itu, apalagi kalau lebih diyakinkan lagi, mereka akan mau mendanai.

    Terima kasih

    Jejakandromeda’s said :
    Yang punya akses langsung itu bung Willy, coba nanti saya tanyakan sudah sampai dimana. Tul sekali sih sudah kangen dengan jaman-jaman sandiwara radio… semoga segera terwujud

  24. Harsa Wirottama said

    Pak Wylie said: “….tp saya jg mohon kerjasamanya dr kalian semua.”

    Kira-kira yang bisa kami bantu seperti apa pak?

  25. sandhi utama said

    salam jumpa lagi buat semua,
    bung …andro and bung wylie;
    seperti kata bung wylie,yang mana beliau disarankan untuk menghubungi pt.kalbe farma menurut hemat saya gak ada salahnya dicoba ,bukankah mereka sekarang lagi produksi saur sepuh the legend,siapa tau tutur tinular juga mau ditayangkan(diudarakan)berbarengan dengan saur sepuh (tentunya dalam waktu yg berbeda)

    asumsi saya :pt.kalbe farma tau saur sepuh punya penggemar fanatik …bukankah tutur tinular juga begitu ???.
    ……tapi sayang seribu sayang sandiwara radio saur sepuh itu tdk disiarkan di daerah saya,jangan jangan
    seandainya tutur tinular jadi mengudara juga tdk sampai ke daerah saya ….

    ah..(sambil menghela nafas dalam dalam)….nasiiiib….

  26. sandhi utama said

    mas andro gimana nih film tutur tinularnya tolong kabari saya SMS atau ke emailku ya Thanks buaaaaaaaanget sebelumnya

    Jejakandromeda’s said :
    Ok mas Sandhi, untuk tutur tinular 2 memang susah sekali mas… saya sendiri belom punya. Kalau tutur tinular 3 kayaknya mas Sandhi belom punya juga kan? itu masih bisa dicari. Nah kalau 1 & 4 udah punya kan kalau gak salah. Nanti saya informasikan via sms

  27. dani said

    mas jauh sebelum tutur tinular mengudara ada sandiwara radio karya bp.s.tijab.saya lupa judulnya sudah lama sih.kalau dak salah sih p.wijaya kusuma dan sanggaji.seandainya itu bisa di putar ulang di radio di kotaku pamekasan madura wah senang sekali.

  28. dwi said

    siapa yang punya ya?
    share dong filmnya….beli juga boleh
    konfirmasi gw y? dwi_sbh@yahoo.co.id

  29. Denny said

    Mas boleh dunks dikirimin MP3 nya Sandiwara Radio Tutur Tinular n Mahkota Mayangkara. ke jemmy_tjahja@yahoo.com
    terima kasih

  30. Ais said

    Saya juga pingin MP3 sandiwara radio, ni email saya ais.share@gmail.com, kirimin dong, terima kasih berfore…..

  31. Ais said

    Saya juga pingin MP3 sandiwara radio tutur tinular, ni email saya ais.share@gmail.com, kirimin dong, terima kasih berfore…..

  32. Rachman said

    mau dong MP3nya sandiwara radio tutur tinular.. ini email saya rachman@gmail.com
    terima kasih banyak bro..

  33. cahyo said

    pengen buangat dapetin kumpulan Syairnya aria dwi pangga. Baaik artikel,buku maupun mp3. Kalo ada yg punya bagi2 donk.. Kabari kita ya..

  34. Yono Kumbara said

    Sampurasuuun…kisanak semuanya yg pnya koleksi Mp3 sndiwara Saur sepuh yg dl merajalela dikuping2 kita tlng hub sy di 085878658880 sy sdng nyari2..beli jg siap..baiklah kisanak semuanya..smpai jmpa,sampurasuun…hup..hyaah..

  35. fyan said

    halo.. salam knal.. boleh dong dikirim mp3 sandiwara radio tutur tinular.. kirim ke emailku fyan.yan@yahoo.co.id makasih yoo…

  36. made said

    Bagaimana kisanak andromeda sudah dapatkah?
    sandiwara tutur tinularnya?mau dong di copy
    atur nuhun

    Jejakandromeda’s said :
    Susah pak ngedapetinnya……..

  37. made said

    kalau film nya banyak kisanak2 smua di youtube tulis keyword nya tutur tinular
    cuma kurang mantep kl di filmkan enakan berimajinasi sendiri, apalagi inget pas rakyan mahapatih lembu sora mau meninggal,sedih bgt….dimana bisa aku dapatin neh ???

  38. nih, yang butuh syair Arya Dwipangga, aku punya :
    “…aku datang dari balik kabut hitam…aku mengarungi samudera darah…akulah pangeran kegelapan…kan ku remas matahari di telapak tanganku.. kan ku pecahkan wajah rembulan, pecah terbelah…dengan KIDUNG PAMUNGKAS …kan ku buat dunia berwarna merah….

    uky9567@yahoo.com

  39. Lephen said

    Ada yang tahu alamat Sanggar Pravivi di Jakarta?
    Tolong dan beri nomor kontak personnya
    Terima kasih.

    Salam

  40. Lephen said

    Selamat

  41. Herman said

    terima kasih atas informasi yang di samapaikan…
    informasi itu mengingatkan aku pada saat saya berumufr 8 tahun dan saat itu saya sering di marahin sama tante dan paman saya, lantarannya saya ikut-ikutan mendengarkan serial sandi wara radio tutur tinilar dan sandi wara radio MANTRA NAGA BUMI. Alasannya mereka marah sama saya karena saya masih kecil dan masih kelas 2 SD mereka menyuruh saya belajar. tapi karena saya sudah terlanjur mengikuti cerita itu sangat pedih hatiku ini ketika tidak bisa mendengarkan cerita itu, kadang saya mencuri-curi kesempatan di tetanga yang ada radionya…!
    saya sangat berterima kasih jika nanti ada yang mengabarkan pada saya serial tutur tinular itu bisa di download dalam bentuk MP3.

  42. Herman said

    kirimkan di alamta email saya yaaa jika ada yang tahu serial sandi wara radio yang bisa di download diantaranya Mantra Naga Bumi dan Tutur Tinular

    sang_penyair_05@yahoo.com

  43. sardju said

    salam kenal kinsanak semua, tolong dong klo berkenan kirim tutur tinular versi filmnya ke emailku, makasih

    davidsardju@gmail.com

  44. Billy said

    tutur tinular sekarang sdh punyak group di facebook………….ayo bergabung

    Jejakandromeda’s said :
    Betul, saya sudah gabung. cuman kok masih sepi ya mas…kurang interaktif.

  45. teguh said

    Q saluT Banget ma arya kamandanu, sosok pendEkar yG BENAR2 BRJIWA pada kebAIKAN SMATA, ANDAI Aja, pndEKAR JAMAN Skarang bs sPrtnya, majulah BANGSA Q INI.

  46. awy doank said

    tutur tinular sdh ada groupnya di facebook dan segala sesuatu yang berhubungan dengan cerita itu sudh lengkap di sana…nama groupnya TUTUR TINULAR-MAHKOTA MAYANGKARA-SATRIA KEKASIH DEWA…

    Jejakandromeda’s said :
    Ayo yang belum pada gabung segera gabung di group tersebut….

  47. indra wijaya said

    kalo udah disiarin satria kekasih dewa or tutur tinularnya, tolong dongzzz beri tau di hp saya 07117734218 or email saya the_maczz@Yahoo.com

  48. Andre said

    Salam kenal semuanya..
    Mohon untuk dishare donk file mp3 sandiwara radionya. Saya demen banget sandiwara radionya. Dimana link downloadnya, biar bisa saling melengkapi.

    BR,
    Andre

  49. kalow bisa di kasih dowload fideonya dong geratis kalow perlu kan bagus vilm nya…

    Jejakandromeda’s said :
    karena keterbatasan fitur yang disediakandi WP , untuk sementara fasilitas download belum bisa di akomodasi. coba cari sumber lain di youtube. terima kasih

  50. awy doank said

    Oh betara…
    Sdh sulit q bedakan hidup dan siksa….
    Setiap nafas dan langkah q raja derita……

    Oh betara….
    Buka matamu dan saksikan derita q….
    Telah kau kalahkan aq dengan tangan perkasamu….
    Oh betara….
    Kini mimpi-mimpikupun hitam gelap………..
    Segelap bola mata q…………

    Letih sudah kaki menyelusuri lembah…….
    Tapi…….
    Perjalanan tidak kunjung usai…….
    Tidak terperih luka…….
    Carut marut oleh onak duri
    Oh……..
    Perih luka ternyata jauh lebih perih jiwa…….

    Gemulung halimun menutup jalan semua jalan……..
    Tapi aku tetap ingin pulang……….
    Dewa…………..
    Kembalikan masa bocahku kedalam jiwa…………
    Jangan peluk akhir perjalananku……..
    Aku masih punyak rindu………..
    Yang belum pupus…………
    Jemariku belum lagi menyentuh bayang-bayang mimpi ku

    Jagat dewa batara………
    Sejuta kutuk pasu ku tadah dengan dada terbuka……..
    Tapi belum juga kau satukan aku dengan anak-anakku……….
    Oh……………
    Hanya rindu yang meratapi dosa-dosa……..
    Busuk………….

    Satu-satu ………..
    Orok dosaku mengering sudah…………
    Satu-satu ………..
    Bayangan masa datang terasa benderang……..

    SYAIR CINTA ARYA DWIPANGGA

    Pelangi muncul diatas kurawan
    Warnanya indah bukan buatan
    Seorang gadis ternganga keheranan
    Rambutnya tergerai jatuh ke pangkuan

    Sekumtum cempaka sedang mekar ditaman sari desa Manguntur
    Kelopaknya indah tersenyum segar
    Kan kupetik cempaka itu untuk kubawa tidur malam nanti

    Ku buka daun jendela dan terbayang malam yang indah di hiasi chandra kartika
    Di bulan Waisya ini
    Sepuluh kali aku melewati pintu rumahmu yang masih rapat terkancing dari dalam
    Kapn kubuka
    Wahai sang dewi puspa

    Pelangi itu muncul lagi
    Membuat garis melengkung ke langit tinggi
    Daun ilalang diterpa angin gemerisik membangunkan tidurku dari dari mimpi buruk
    Di batas tugu yang indah ini ku pahat dengan bermandikan keringat kasih
    Kalau kau tatap mega yang berbunga-bunga
    Disanalah aku duduk menunggu pintu maafmu terbuka

    Pelangi senja mengantarkan burung-burung pulang ke sarangnya
    Domba-domba pulang ke kandangnya
    Tapi aku hendak kemana
    Apa yang kulakukan menjadi tak berharga selama senyummu masih kau sembunyikan di balik keangkuhan hatimu

    Nari Ratih…………………..!
    Kau adalah sebongkah batu karang
    Tapi aku adalah angin yang sabar setia
    Sampai langit di atas terbelah dua
    Aku akan membelai namamu bagaikan bunga

    Jika hari telah tidur dipangkuan malam
    Kukirim bisikan hatiku ini bersama angin
    Biarpun malam pucat kedinginan
    Biarpun bintang merintih di langit yang jauh
    Aku akan tidur dengan tenang
    Sambil memluk senyummu dalam kehangatan mimpiku

    Aku berkelana mencari cinta ke desa-desa yang jauh
    Akhirnya di candi walandit kupuaskan dahagaku

  51. awy doank said

    aku seorng pengembara yg bergandengan tangan dengan matahari
    tapi yg datang dari kegelapan dan turun bersama tetesan darah manusia
    jangan bangunkan aq
    biarkan aq tidur pulas diatas pangkuan rembulan
    biarkan aq terbang bagai kelelawar malam …
    biarkan q lintasi samudera luas yg penuh darah
    biarkan q buat dunia berwarna merah

    kata membuat mantra
    mantra menyusun daya
    q hiasi seisi bumi dengan mantra q

    SYAIR PENGIRING KETIKA ARYA DWI PANGGA BELAJAR AJIAN KIDUNG PAMUNGKAS

    Ketika kata-kata……………
    Sudah tidak bisa menjawab tanya……………
    Maka bahasa pedanglah yang bicara………………
    Bahasa para ksatria……………
    Bahwa bumi mununtut sesaji darah manusia……………
    Pedang……………
    Taring betarakala sedang di amuk murka……………
    Amarahnya menelan rembulan jadi gerhana……………
    Bumi……………
    Gelap pekat menangis air mata merah……………
    Gemerlap kilat pedang menusuk dunia……………
    Darah mengalir dari ujung pedang kekuasaan……………
    Tergelar dari ujung pedang……………
    Sebagaimana derita juga tergelar dari ujung yang sama……………

    SYAIR PAMUNGKAS ARYA DWIPANGGA UNTUK MENAKLUKKAN HATI MEI SHIN YANG SEDANG BIMBANG

    Burung merak melayang menyelinap ke istana awan……………
    Ditahtanya di rentangkan sayap……………
    Dari dadanya semburat sinar rembulan……………
    kidung pamumkas

  52. Kayaknya banyak yang menginginkan cd maupun mp3 komplit series tutur tinular. Gimana neh? ada yang bisa kasih info downloadnya atau menjualnya

  53. anton said

    ada nggk tutur tinular V..mau dong ikut syutingnya…

  54. anton said

    aku seorang karateka…jika ada film tutur tinular V,pls confirm me..aku bisa berakting..Thanks atas prhatiannya ya.

  55. anton said

    aku anton.aku seorang karateka kyokushinkai-kan.kalo ada pmbuatan film atau sinetron tutur tinular V, aku melamar jd pmainnya ya..peran pmbantu jadilah…hub aku di 081263013494…Thanx..

  56. joker said

    puisi aria dwipangga paling mengerikan :

    Aku datang dari balik kegelapan,
    Aku terbang bagaikan elang,
    Kan kuseberangi samudra darah,
    kan kubuat dunia menjadi merah………

  57. Edo said

    Apakah kisah tutur tinular sudah ada diterbitkan ke dlm bentuk novel??

    Jejakandromeda’s said :
    Setau saya sih belum….

  58. Hadi said

    ada yang bisa bantu ga ya, aku pengen punya vcd or dvd nya versi film layar lebar “LENGKAP” dari : Saur Sepuh, Tutur Tinular dan Babad Tanah Leluhur, dikotaku (cirebon) susah sekali carinya. informasikan ya ke emailku wadizi_82@yahoo.co.id

  59. emje said

    Aq hapalnya cuman:
    Langkahmu terseok….

  60. Khaizan said

    Kl ada yg px mp3 tutur tinular..pls hub. Saya yah..via email: maezhatry@yahoo.co.id.
    Trims yak.

  61. Sudawirat said

    DENDAM ABADI

    jangan ada suara kalau syairku sedang bicara
    karena suaraku ingin memutar balik cakra dunia
    kenapa orang bicak bicara dengan jumawa

    tidak ada yang abadi di dunia ini
    kecuali ketidak abadian itu sendiri
    padahal duka hidupku abadi
    luka hatiku abadi

    pagi mengusir malam
    siang menghardik embun
    dan malam menelan matahari juga abadi
    dari waktu ke waktu
    sampai ratusan abad sejak alam mayapada
    digelar para dewa

    dendamku pada kamandanu juga abadi
    begitu juga dendamku pada nasib juga abadi

    oooh…
    akan kutebar gelembung dendam rahmawana
    menyebar keseluruh mayapada
    menutup kayangan di puncak mahameru

  62. yudi said

    kl ada yg dapet Mp3 tutur tinular, mahkota mayangkara dll. email ke: yudibj@yahoo.co.id.
    makasih ya..

  63. ngaswin said

    seep, tapi agak males buat ikutin lagi… yg kekasih dewa,
    bukan gimana2… tapi dari tutur tinular sptnya kamandanu selalu mnderita ga pernah happy ending,
    setelah penderitaan beruntun malah ahirnya kehilangan istri pertamanya mei shin , istri ke 2 ranggawuni juga ahirnya meninggal,smpat diracun ponakan sndiri pula, ckckckck…

    klo anaknya, si jambunada juga mnderita, males rasanya

  64. saya pingin sekali punya kumpulan mp3 syair, yang di ucapkan pendekar syair berdarah (arya dwi pangga)please? adakah yang bisa bantu saya? sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terimakasih…

  65. rizki said

    aq pgen lyat lagi nich…. sbnrnya indonesia punya film sejarah yang bagus… n mungkin kalau difilmkan gk kalah dengan film kolosal lainnya termasuk dari luar negeri… kalau mau beli kastenya kira-kira dimana ? terima kasih

  66. meike said

    ane sukaaaaaaaaaaa bangeeeeeeeet ama tutur tinular,

    inget zaman sd doeloe,,

    tp ane bingung, dimana bs dapetin itu vcdnya yah?
    nonton di youtube sepotong2 ga komplit bin lemot :P, jadinya bingung sendiri gimana alur ceritane,,(hemm,,, :)

    ditunggu kelanjutannya yah yang ” mahkota kekasih dewa”…. semoga bnyk yng mau jd sponsor,,and bisa nonton lagi filmnya,,,amien, semogaaaa??? ^_____^

  67. fyan said

    Bagi teman2 yg punya atau tau file/link/mp3 sandiwara radio tutur tinular , mohon bisa dikirimkan ke emailku fyan.yan@yahoo.co.id , Trimksh banyak atas kerja samanya, smoga amal baik teman2 sampai ke syurga….

  68. dhanox said

    beuh.. lenkap bnr syairnya…jd ke inget jaman gue nembak bini gue pake surat isinys syair ciptaan arya dwipangga….kl ada link donlod versi radionya tapi yg mp3 boleh donk di bagi…makasih kisanak ku tunggu di tapal batas kurawan………

  69. asep said

    aku sudah lama nyari2 Tutur Tinular 2, se glodok sudah diubek2 tapi tetap ndak nemu…..stresssssssss jadinya…

    Jejakandromeda’s said :
    hehe stress

  70. gede said

    sampurasun………….bilakah ada yg memeiliki dan / atau masih menyimpan vcd dari sandiwara radio tutur tinular atau kumpulan syair berdarah dari aryadwipangga sudi apalah kiranya berbagi dengan saya via email jero tamblang@yahoo.com. matur suksma

  71. [...] Teratas GALERY FILM JADULBARRY PRIMA & DEBBY CAROL DALAM FILM " MEMBAKAR GAIRAH"TUTUR TINULAREVA ARNAZ & ENNY BEATRICE DALAM FILM "KUPU-KUPU BERACUN"Dibalik Kematian Nike ArdillaMembakar [...]

  72. lafendi said

    menambah dftar penunggu mp3 sandiwara radio kesayangan…asyik skalee jk punya kumpulan sandiwara radio kesayangan…dibagi-bagi donk dg saya …i_lafendi@yahoo.com

  73. Mas Awy dah upload Tutur tinular versi Sandiwara Radio di FBnya…..
    Salut dehhhh..

  74. arya said

    klao versi ebooknya ada yang punya ga mas tolong bagi klo ada
    msidul@yahoo.co.id

  75. Teknokers said

    hmm, mantab. Aku juga suka nonton tutur tinular dulu waktu masih kecil. Ceritanya bagus banget

  76. KYAaaaaaa…..
    nostalgia….. boleh doooong… ada yg punya mp3 gk???

  77. Fandy Yan said

    saya punya vcd tutur tinular movie.. tp yg k 2 gk ada…

  78. himawan said

    jejakan aku minta sandiwara radio tutur tinular , mohon bisa dikirimkan ke emailku

    pangeranmasjid@ymail.com

    Trimksh banyak atas kerja samanya, smoga amal baik teman2 sampai ke syurga….

  79. samiaji said

    sya jga minta donk klo ada yg punya mp3 tutur tinular
    email ku raden_samiaji@yahoo.com

  80. mac said

    setiap hari pukul 21.30 wib di http://www.karimatafm.com (radio madura) masih diputer. Kalian bisa ikut ndengerin lewat streaming internet. Kalau mau tahu informasi terbaru kabarnya sedang digarap sinetron terbarunya tutur tinular, ayo gabung facebuknya

    http://www.facebook.com/groups/173902197941/
    [TUTUR TINULAR - MAHKOTA MAYANGKARA - SATRIA KEKASIH DEWA]

  81. iyan said

    mas ane lagi nyari ni film, cara ngedapetinnya gmna?

  82. sisca said

    gimana ya cara download film Tutur Tinularnya,,,,,,,,,soalnya Q hobby banget nonton filmnya……!!!!!!!!!!!!!

  83. uray-uray@yahoo.co.id said

    WADUH GUE SENENG BAGAT PFLEM TUTUR TINULAR TAPI YANG SEKARANG CERITAYA NGAK SAMA SI SAMA YANG DULU BEDA BAGET KENAPASI COBA YANG DULU DIPUTER LAGI

  84. Rima ayu said

    Di indosiar Smoga certanya bS selesai yach tapi q lebih suka peran Rico/arya kamandanu dengan Putri laksmi soalnya menurutku lebih cocok tapi sayang kostumnya jelek

  85. tuagila dari andalas said

    betul ki sanak saya sendiri sulit mencerna ceritanya, karena dlm ingatan saya tidak seperti itu. apakah saya yg sdh lupa ingatan…..? he he he…..
    mohon kiranya kisanak semua membantu saya memulihkan ingatan tentang tutur tinular ini,…… makasiiiiiih.

  86. Sang penakluk said

    Bgs

  87. sella said

    Wah wah padA lombah syair ni

  88. Ayang said

    Sandiwara radio waktu aku kelas 6 SD

  89. ada yang minat kasset tutur tinular

  90. budi said

    Wah, banyak yang cari serial lengkap sandiwara radioan termasuk saya,sudah googling tp tidak dpt2, yg paling menegangkan buat sya adlah cerita ketika kamandanu digigit ular naga untuk menyempurnakan ilmunya, semua film dan sinetron tidak “kena” dengan imajinasi ketika mendengarkan versi radio. Maka jika sudah ada yang punya file untuk mp3 seri radio mohon segera di share.. Atau minta pemilik hak cipta untuk menyiarkan ulang lagi di radio… Thx

  91. seru..menengangkan
    sedih..pk0nya
    seru sangat

  92. seru menengangkan
    sedih pk0nya seru dch

  93. Tutur tinular versi 2011 tdak sma dengan ceritanya tutur yang lalu,jadi tidak asik ceritanya,
    kapan ya di siarkan ceritanya sama persis dengan sandiwara radio.

  94. ahmad husen n said

    Banyak kali tutur tinular yang asli dari radio jaman dulu kala dalam bentuk mp3 dari seri pertama malah,,
    silahkan aja nih linknya…
    http://www.facebook.com/pages/Sandiwara-Radio-TUTUR-TINULAR-Karya-S-TIDJAB/288324207856504?sk=wall

  95. ahmad husen n said

    oh iya aku udah download dari seri 1 sd 334 loh,,,
    serruuuuuuu beda sama tutur tinular versi 2011 ala indosiar,,

  96. dicky mardianto said

    KU BAKAR CINTAKU

    kubakar cintaku…..!
    dalam hening nafasmu….
    perlahan lagu menyayat….
    nasib ku yg penat….

    kubakar cintaku…..!
    dalam sampai sunyimu…..!
    agar lendap,agar tatap dari hujang
    rinduku terbang….

    menembus penuh bayang-bayang….
    rinduku akan….
    bayang-bayang malam
    yang merangkul cahaya….!

    bintang gemintang….!
    mencabik mega….
    mencabik suara-suara….!
    betapa berat dibukukan
    sampai jagat digetar.

    ………..wassalam………

    (the end)

  97. rachmad pahargyan said

    sayng ni crita d rusak ma tutur tinular indosiar 2011. ,jaaauh banget. ,cerita sampah..komersialisasi bgt. .pembodohan. .saya rindu tutur tinular yg dulu

  98. Melindra4ever said

    Mga2x tt2011 ni jd lbh baik n lbh bgs actingnxa

  99. Farah Putri Arafat said

    KerenzZzZzZzZz
    Ceritanya Asyek BangedZzZzZzZ

  100. Farah Putri Arafat said

    KerenzZzZzZzZzZ
    BangedZzZzZzZz
    ceritanyaaaaaa
    like like like Tutur Tinular
    walaopun ku masi kecil

  101. starone said

    Gan…, bisa disedot versi mp3 nya, update trs di http://www.sandiwara-radio.com

  102. Moh. Mahsun said

    alhamdulillah…………….! terxata film Tutur Tinular mampu menginspirasiku untuk menjadi orang yang bertanggung jawb, bukan pengecut dan tentunya tak knal putus asa dalam menggapai sesuatu.
    terimakasih untu msemuanya.

  103. Moh. Mahsun said

    o ya, kalo ada yang mempunyai syair-syair Arya Swipangga, tolong saya kirimin lewat email yah!!!!!!!!!!!!!!!!!
    alamatnya: mahcun@gmail.com

  104. maryam said

    kayaknya tutur tinular versi mp3 lebih asli,lbh imajinatif,lbh lengkap

  105. maryam said

    i love tutur tinular mp3

  106. Maya said

    Wah jadi ingat masa lalu nich..ada petruk makan aladdin….

  107. AKHMAD TAUFIK said

    Saya tertarik ingin memiliki kaset ataupun cd MP3 sandiwara radio tuturtinular dan mahkota mayangkara tsb dari awal sampai tamat, karena dulu waktu saya masih kecil, saya penggemar fanatik kedua sandiwara radio tsb. Bagi yang punya , bisa mengirimkan ke email saya : opik_valentino_25091979@yahoo.com@yahoo.com
    Terima kasih…

  108. ergha said

    tolong di putar ulang donk tutur tinular yang dulu,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, yang skrg thu crita_a g’ asik,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, membosankan……………………………………………..

  109. ovhy said

    tolong putarin tutur tinular yg lama versi 1997 donk…………………………………………..

  110. ANASRULLAH said

    Saya tertarik ingin memiliki film mahkota mayangkara yang pernah tanyang di tpi dulu, rus singgasana brama kumbara anto wijaya ANTV, rus barama kumbara versi geore rudy Di TPI loa da saya minat banget ni bisa di hubungi di hp 085269565984,

  111. jurnal said

    mas katanya kalo memerlulan film kolosal di sini suruh kirim email….? aku udah kirim email kok gak di balas ? nie email ku opoae01@yahoo.com

    Jejakanndromeda’s said :
    kayaknya gak ada email deh mas…kirim kemana? tp kita tidak melayani email mengemail file film yah…terima kasih

  112. putrasari said

    saya ingin memiliki mahkota mayangkara yang pernah tanyang di tpi dulu..klo ad hub. 085255509188. mksu sblumnya

  113. hadi suyoto said

    mas tutur tinular yang ada di TV itu ceritanya tidak runtut, coba bayangkan perempuan yang bernama armbi ,sebenarnya tokoh wayang, sukses kawin dengan tumenggung manguntur,kemudian kawin lagi dng anggareksa dimana angga reksa ini adalah adiknya tumenggung manguntur,ada lagi,mandragini,menjalani hidup bersama dengan 3 laki-laki.

  114. Kalau yg di tivi itu ngawur, merusak cerita.

  115. DIAH said

    TUTUR TINULAR VERSI 2011 ITU JALAN CERITANYA KAYA SINETRON MURAHAN….. BENAR2 GAK MENGHARGAI SEJARAH MAJAPAHIT TUH PEMBUAT SKENARIONYA

  116. Punya sandiwara radio tutur tinular
    Contak aku dong di : budi_dewangga@yahoo.com
    Ditunggu ya….

  117. Masih ingat nggak rapalan aji segoro geni ,dalam cerita sbb : ” pertarungan semakin sengit, puluhan jurus telah dikeluarkan….Rakuti mundur tiga langkah kebelakang..kemudian dia menggosok kedua telapak tanganya dan merapal mantra aji segoro geni ….
    Siro ratuning nggeni
    Siro lan nguasaning lakuning nggeni
    Jagad ngiro jagad geni
    Segoro ngiro segoro geni
    Ciaaaat….duaaaaarrrrr….

  118. Masih ingat nggak rapalan aji segoro geni ,dalam cerita sbb : ” pertarungan semakin sengit, puluhan jurus telah dikeluarkan….Rakuti mundur tiga langkah kebelakang..kemudian dia menggosok kedua telapak tanganya dan merapal mantra aji segoro geni ….
    Siro ratuning nggeni
    Siro lan nguasaning lakuning nggeni
    Jagad ngiro jagad geni
    Langit ngiro langit geni
    Segoro ngiro segoro geni
    Ciaaaat….duaaaaarrrrr….

  119. sayang ndak liat film nya

  120. jet said

    kunderemp : kamu punya TT 97. lengkap ya, boleh uplod dong?!

  121. Aiman Fikri said

    saya udah punya full seri film titur tinular 1997 (anto wijaya) dari awal sampai tamat..
    saya sekarang mau nyari Mahkota Mayangkara & Satria Kekasih Dewa..
    yg mw beli dvd tutur tinular 1997 (Anto Wijaya & Li Yun Juan) kontak 08990055475

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,083 other followers

%d bloggers like this: