Movie, Photography and Hobby

Indonesian Old Movie Lovers

SAUR SEPUH; SANDIWARA RADIO YANG MELEGENDA

Posted by jejakandromeda on April 16, 2008


SERIAL SANDIWARA RADIO SAUR SEPUH

Saur Sepuh 4 - Titisan Darah Biru

Saur sepuh sebuah sandiwara radio dengan latar belakang Majapahit dan Kerajaan Madangkara dengan Rajanya Brama Kumbara. Serial ini mampu menghipnotis jutaan pendengarnya di seluruh pelosok nusantara. Hampir di tiap-tiap jam tertentu masyarakat dengan seksama mendengarkan serial ini. Maklum waktu itu radio adalah satu-satunya media hiburan rakyat yang masih langka. Sehingga untuk mendengarkannyapun bisa secara beramai-ramai kerumah tetangga yang memiliki radio.

Serial sandiwara Saur Sepuh di gawangi oleh Niki Kosasih sebagi pencetus ide dan cerita. PT. Kalbe Farma sebagai produsen obat-obatan ternama menjadi mitra utama dari serial ini. Dengan durasi 30 menit dipotong iklan obat-obatan serial ini mampu menghipnotis para pendengarnya untuk sekedar berhenti beraktivitas. sekedar pengingat tokoh sentral Saur sepuh antara lain :

Fery Fadli & Elly Ermawati. Foto Kiriman Wylie Andrian

Fery Fadli & Elly Ermawati. Foto Kiriman Wylie Andrian

  • Brama Kumbara (Raja Madangkara) : Pewaris kerajaan Madangkara, seorang kesatria dalam arti sebenarnya Satria Madangkara. Jujur, welas Asih, tampan, Karismatik, gagah dan berani dengan tunggangannya seekor burung Rajawali. Brahma juga memiliki kesaktian yang luar biasa di antara ke sekian ilmunya yang paling terkenal adalah Ilmu Ajian Serat Jiwa dengan sub bagian jurus ampuh  lainnya yaitu ajian Tapak sakti, Ajian Gelang-gelang dan Ajian Bayu Bajra.
  • Dewi Harnum: Adalah seorang yang telah memikat hati Brama Kumbara tipekal wanita lincah, centil dan supel tetapi ia mencintai suaminya. Dia juga selalu menjadi pendamping dalam setiap perjalanan Brahma. Dia pulalah yanag menjadi saksi pertarungan maha dasyat antara Brahma dan musuh bebuyutannya Gandika dengan Ajian Serat Jiwa Tingkat 10.
  • Pramihta : Seorang janda beranak dua yaitu Raden Bentar dan Garnis. Sosok Wanita yang ke Ibuan ia menaruh hati kepada Brama Kumbara. Paramita juga berteman baik denga Harnum, yang atas kondisi Pramita yang Janda maka ia meminta Pramita juga di jadikan istri Brama ketika Brahma meminang dirinya sebagai syarat.
  • Raden Bentar : Putra Bungsu dari Pramita, pewaris semua sifat luhur ayah tirinya Brahma kumbara. Seorang pembasmi kejahatan dengan menegakkan keadilan dan seorang yang berjiwa petualangan. Bahkan ia telah mengembara ke Tibet untuk mencari Bikshu Kempala.
  • Garnis : Putri Sulung Pramita seorang gadis cantik serta jujur adanya persis separti ibunya.
  • Mantili : Adik Brama Kumbara, Satu Ibu lain ayah. Bersifat agak urakan dan sangat keras kepala, namun ia wanita yang periang, welas asih, suka petualangan juga memiliki ilmu kanuragan yang cukup tinggi dengan senjata ampuhnya pedang perak dan pedang setan. Karena sifatnya yang keras ia berpisah karena sering bertengkar dengan cinta sejatinya Raden Samba, akhirnya Mantili menikah dengan Patih Gotawa. Pernah Nyaris tewas di Tangan Lasmini, maka untuk membalasnya Brahma mengajarkan Ajian Srigunting
  • Kakek Agastina : Kakek sekaligus Maha Guru dari Brama Kumbara, pemilik kitab asli ajian Serat Jiwa
  • Bikhsu Kampala : Seorang Bikshu yang berasal dari Tibet merupakan Guru dari Bentar. Ia pernah bertarung melawan Brama. Pernah ia mengarungi lautan hanya untuk dapat menjajal ke saktian Brama, namun pertarungan akhir mereka menjadi sebuah awal persahabatan.
  • Lasmini :  Sosok Antagonis sahabat baik dari kemurkaan. Ia berasal dari Padepokan Gunung Lawu. Berambisi untuk meluluh-lantakkan Madangkara termasuk Brama Kumbara  walaupun diam-diam ia mencintai Brama namun bertepuk sebelah tangan. Lasmini sering di kalahkan oleh Mantili, akan tetapi pada Mantili pernah nyaris tewas di tangan Lasmini dengan bantuan dari CiptaDewa sebagai tandingannya maka Brama mengajarkan Mantili Ajian Srigunting kepada Mantili.
  • Aki Kolot : Mengangkat Lasmini sebagai muridnya setelah Lasmini kalah bertarung melawan Mantili.
  • Samba : Mantan Tunangan dari Mantili, hubungan cinta antara mereka tidak berhasil karena sifat keras dari keduanya. Samba menikah dengan wanita lain namun tidak harmonis yang di kemudian hari putranya mencari Mantili ke Madangkara untuk menuntut balas, karena Mantili di anggap sebagai penyebab ketidak harmonisan itu.
  • Patih Gotawa : Patih Gotawa sekaligus Wakil Brama Kumbara dalam pemerintahan Madangkara sekaligus suami dari Mantili, seorang kesartia Madangkara.
  • Bongkeng : Abdi dari Mantili yang selalu membantunya saat kesulitan, sebelumnya Bongkeng adalah seorang perampok yang di kalahkan oleh Mantili, atas belas kasihan Mantili akhirnya ia menjadi Abdi yang baik bagi Mantili.
  • Paksi Jaladara : Putra “semata wayang” dari pasangan Gotawa-Mantili. Mewarisi sifat jagoan Ibunya.
  • Kijara : Pendekar yang gigih memerangi Madangkara, tapi seteleh di kalahkan oleh Brama mereka bersahabat. Merupakan murid Panembahan Pasopati.
  • Lugina : Adik seperguruan dari Kijara, ke-duanya bahu-membahu melawan Brama. Ke-duanya pula tewas di tangan Bikshu Kampala yang pada waktu itu menyebrangi lautan untuk menjajal kesaktian dari Brama..
  • Panembahan Pasopati : Seorang pertapa Guru dari Kijara dan Lugina yang mengajarkan ilmu ajian Waingin Sungsang. Ilmu ini pernah mengalahkan Brama sebelum ia membalasnya dengan ajian Serat Jiwa.
  • Anjani : Putri tunggal dari Lasmini, tokoh ini sendiri sebenarnya tidak begitu jahat namun sifat kebencian dan angkara murka dari ibunya selalu di tanamkan di gadis ini. Keadanan yang membingungkan sebenarnya dalam diri Anjani di satu sisi ia menaruh simpati kepada Bentar tapi di sisi yang lain pengaruh ibunya amat besar kepada Anjani.
  • Wanapati : merupakan Putra Mahkota Madangkara yang kelak akan mewarisi tahta.

Brama Kumbara - Foto Kiriman Mas Wylie Andrian

Brama Kumbara - Foto Kiriman Mas Wylie Andrian

Pada jamannya serial sandiwara radio ini sangat dikenal. Siapa sih yang tidak kenal Brama Kumbara, Mantili ato juga lasmini. Kehadiran sandiwara radio yang hanya bisa didengarkan tanpa dilihat menyebabkan daya khayal yang luar biasa bagi para pendengarnya. Brama kumbara menurut penilaian penulis sendiri terbayang sebagai sosok yang arif bijaksana, tinggi besar dengan kumis yang tipis namun berotot, mempunyai jiwa penolong. Kemudian Mantili, wanita tangguh yang tegas dan membela kebenaran. Sementara Lasmini sosok perempuan perayu yang mempunyai bibir seksi, tubuh montok dan berisi dengan dada yang menonjol.

Daya khayal yang tinggi dengan meniru suara-suara atau gerakan yang mungkin dianggap pas pada masa itu adalah hal yang biasa.

Suara “ciaaaaaaaaaaat,….atau juga suara “hya……hya….. hya” (sambil lari memperagakan naik kuda…. Atau juga dengan pedang-pedangan memperagakan mantili berperang dengan lasmini…. Ada juga “terimalah….. ajian serat jiwa” ……

Peragaan kata-kata seperti ini sudah biasa dilakukan oleh anak-anak seusia SD….ya memang ini hiburan yang sangat murah bagi masyarakat.

Saur sepuh bisa dibilang sebagai serial sandiwara tersukses setelah munculnya serial-serial lain seperti Tutur Tinular, Misteri Gunung Merapi, Api Dibukit Menoreh, Badai Laut Selatan, Putri Cadar Biru.. dan masih banyak lagi.

Era kejayaan Sandiwara radio mampu melambungkan para bintang-bintang dari Sanggar Prativi seperti Ferry Fadli pemeran Brama Kumbara, yang setelah liat aslinya sangat jauh dari bayangan kalau itu adalah Brama kumbara yang kekar. Sempet kecewa sih karena tokoh yang dikhayalkan tidak sesuai dengan apa yang ada.

Mantili - Foto Kiriman Mas Wylie Andrian

Mantili - Foto Kiriman Mas Wylie Andrian

Ferry Fadly sebagai Brama Kumbara, Elly Ermawati pemeran Mantili, kemudian juga ada Ivonne Rose, Petrus Urspon, Iwan Dahlan, Maria Oentoe, Anna Sambayon, dan masih banyak lagi. Sampai saat ini serial sandiwara radio saur sepuh masih banyak dicari oleh penggemarnya. Sehingga sangat beruntung sekali apabila kita mendapatkan free dowload sandiwara radio Saur Sepuh yang sangat dicari ini.

Saur Sepuh ke Layar Lebar

Sukses di radio, Saur Sepuh merambah ke Layar Lebar. Bekerjasama dengan PT. Kanta Indah Film dengan bangga PT. Kalbe Farma mempersembahkan Film Saur Sepuh. Film Saur Sepuh dibuat dalam 5 Film.

Saur Sepuh 1 : Satria Madangkara

SAUR SEPUH 1 SATRIA MADANGKARA

Saur sepuh satu Satria Madangkara melatarbelakangi oleh kerajaan Majapahit. Satria Madangkara (Brama Kumbara) yang menjadi buah bibir di masyarakat. Film ini dibintangi oleh Fendi Pradana sebagai Brama Kumbara, Elli Ermawati sebagai Mantili dan Murtisari Dewi sebagai Lasmini.

Tunangan Lasmini dibunuh oleh Brama Kumbara karena telah mengadu domba utusan dari Madangkara. Hutang nyawa harus dibalas nyawa. Akan tetapi lasmini tidak terima sehingga lasmini menuntut balas pada Brama Kumbara. Akan tetapi ketika menghadapi Brama Kumbara….auw……lasmini langsung terpikat dan jatuh hati pada Brama yang menyebabkan muak pada Mantili. Ini awal cerita dimana Lasmini jatuh cinta yang tidak terbalas pada Brama dan menjadi musuh bebuyutan Mantili.

Menilai Burung Garudanya Brama, wah lucu juga ya teknologinya masih sangat sederhana.

Saur Sepuh 2 - Pesanggrahan Keramat

SAUR SEPUH 2 PESANGGRAHAN KERAMAT.

Sukses di Saur sepuh satu, PT. Kanta Indah Film Kembali memproduksi sekuel dari Film Pertamanya. Pesanggrahan Keramat, makam dari guru Brama Kumbara yang dibakar oleh komplotan yang didalangi Ki Jara dan Lugina yang di dukung oleh Bu Karti seorang saudagar dari Kuntala. Brama Marah Besar dan berubah menjadi Buto Agni, dan menuntut balas pada orang-orang yang telah membakarnya.

Adegan dimana Brama dilempar pisau dan berubah menghilang dan dibelakang dari orang yang telah menusuknya adalah adegan yang bikin kagum kala itu. Karena dianggap sesuai dengan apa yang ada di radio.

Secara keseluruhan film ini tidak memunculkan sesuatu yang baru, karena buto agni yang penulis pikir sangat seram ternyata difilm biasa-biasa aja tuh….

Film ini masih menggunakan bintang yang sama dari Saur Sepuh 1

Saur Sepuh 3 : Kembang Gunung Lawu

SAUR SEPUH 3 KEMBANG GUNUNG LAWU

Lasmini Istri dari seorang juragan di Kawali, diperkosa oleh anak buahnya kemudian dibuang ke jurang. Lasmini mendapat pertolongan yang kelak menjadi gurunya.

Setelah cukup ilmunya, lasmini kembali ke kawali dan menuntut balas ke orang-orang yang telah memperkosanya.

Tindakan lasmini yang sewenang-wenang mengundang Mantili untuk ikut duel, walopun pada akhirnya kalah… akan tetapi dengan bantuan dari Brama Kumbara dengan ilmunya ajian srigunting.. pada akhir cerita Mantili dan Lasmini Kembali berduel. Ilustrasinya sangat bagus karena duelnya di pinggir pantai dengan terbang pakai pelepah daun kelapa. Ini masih sesuatu yang luar biasa kala itu dan dianggap sangat menarik untuk di tonton.

Film Saur Sepuh 3 dengan tokoh sentral Lasmini. Kembang Gunung Lawu dengan perguruan anggrek jingganya.

Saur Sepuh 4 : Titisan Darah Biru

SAUR SEPUH 4 TITISAN DARAH BIRU

Memasuki Film ke 4, Titisan darah Biru. Titisan Darah Biru menceritakan tentang generasi kedua dari Saur Sepuh yang digawangi oleh Raden wanapati, Raden Bentar dan Garnis Nawingyun.

Secara keseluruhan Film ini bagus karena ilustrasi musiknya juga mengalami kemajuan disbanding-film-film terdahulunya. Akan tetapi Film ini tidak nyambung sama sekali dengan 3 film sebelumnya. Seolah disengaja Produser film ini untuk memotong mata rantai dari film terdahulunya. Atau bisa dibilang ini film lepas yang tidak ada kelanjutanya. Film ini menceritakan tentang kepemimpinan Wanapati yang emosional sehingga banyak tentangan dari kaum tua. Sementara Sang Brama Kumbara sedang bertapa.

Saur Sepuh 4 dibintangi oleh Adi Kuncoro sebagai Wanapati, Candi Satrio sebagai Bentar dan Devi permatasari sebagai Garnis.

Saur Sepuh 5 : Istana Atap Langit

SAUR SEPUH 5 ISTANA ATAP LANGIT

Dari kelima film saur sepuh, Istana atap langit merupakan film yang terbagus dari segi kualitas, tehnik dan suara serata ilustrasi musik. Kalo boleh dibilang film ini lebih tepat dimasukkan sebagai film Saur Sepuh 4, karena masih ada sambungan dari film saur sepuh 3.

Film ini kembali dibintangi oleh Fendi pradana sebagai Brama Kumbara dan Murtisari Dewi Sebagai Lasmini.

Kehadiran biksu kampala yang dianggap musuh malah justru sebaliknya, ia hanya datang untuk bersahabat. Lasmini penyebar isu kalo Kampala datang untuk membunuh Brama kumbara sehingga lasmini membuat kekacauan dimana-mana.

Mantili yang menyadari kehadiran lasmini yang mengail diair keruh, marah karena utusannya Kijara dan Lugina dibunuh oleh Mantili.

Akan tetapi inilah jawabannya, Mantili menyadari kekeliruannya dan kemudian meminta Brama Kumbara turun tangan untuk menyelesaikan semuanya. Di akhir cerita, Bentar dititipkan ke Biksu Kampala untuk belajar ke negeri Tibet. Ilustrasi musiknya yang demikian apik, mengena banget untuk menyelami masa-masa kejayaan Saur Sepuh.

Film ini bagus untuk ditonton dan gak ngebosenin, serasa masih jaman baheula hehehe.

Dari fenomena Saur Sepuh yang awalnya hanya diradio kemudian merambah ke Layar lebar, kemudian juga mengekor Tutur Tinular dan Misteri Gunung merapi yang dibuat versi layer lebarnya.

Trus kemana sandiwara-sandiwara radio itu sekarang, akibat TV swasta yang muncul. Dan Kemana pula sanggar Prativi yang dulu menelurkan artis-artis sandiwara radio terkenal..

Ada dan gak adanya,,, yang jelas kalo ingat masa-masa lalu jadi kangen untuk ngedengerin sandiwara radio yang penuh dengan kedamaian..

About these ads

411 Responses to “SAUR SEPUH; SANDIWARA RADIO YANG MELEGENDA”

  1. Fenrisar said

    Attention! See Please Here

  2. Agus Muhtar Efendi said

    Saya penggemar setia Saur Sepuh, saya ingin mengkoleksi audio sandiwara radio saur sepuh dari awal samapi akhir, bagaimana caranya saya bisa dapat kaset atau cdnya, apabila sanggar prativi berkenan mohon kiranya saya bisa mendapatkan apa yang saya maksud di atas.

  3. jejakandromeda said

    Buat Mas agus Muchtar saya punya beberapa file Saur Sepuh dalam bentuk Mp3, meski tidak lengkap akan tetapi setidaknya bisa mengobati rasa kangen pada jaman-jaman keemasan sandiwara ini. Untuk ke Sanggar Prativi saya sendiri masih kesulitan untuk mendapatkan lebih banyak lagi. akan ku usahakan kirim via email.
    Salam

  4. sandhi utama said

    Saya penggemar super berat saur sepuh(sandiwara radionya),saya juga sangat ingin mengkoleksi rekaman sandiwara radionya,tolong dong mas bisa bantu gak.Saya lagi ingin bernostalgia nih..thanks super……berat.Salam SAUR SEPUH

  5. jejakandromeda said

    Saur sepuh adalah sebuah sandiwara radio yang pertama dan paling melekat di hati ku khususnya. Saya ada file sandiwara radio, tapi tidak banyak sih. akan usahakan kirim via email ke Sandi. Salam Burung Rajawali… hehe

  6. sandhi utama said

    Sampurasun…….Mas gimana ya kabarnya ,mas Ferry Fadly,Elly Ermawati dan dubber lainnya ?, kalau ibu maria oentoe dan dubber tumenggung gardika sih pernah muncul di tv.Apa mereka punya ya serial sandiwara lengkapnya ya ? salam

  7. jejakandromeda said

    Rampes……….sebenarnya suara dari dubber masih bisa di nikmati dari sinetron-sinetron keluaran Gentabuana Pitaloka yang di siarkan Indosiar. Kalau untuk Radio sih kurang tahu, kebanyakan radio jaman sekarang kan musik dan musik.. Elly Ermawati dulu sih lumayan ya di TV setidaknya pernah ikutan kuis Famili 100 bareng Ivonne rose….

  8. Agus Muhtar Efendi said

    Terima kasih Mas Jejakandromeda, cuma saya belum dapet tuh file MP3 serial sair sepuhnya. Mhn dikirim ya mas!…. saya kangen berat nih…dengerin suara Brama Kumbara. Kalo boleh cerita waktu masih rame2nya saur sepuh (Red-saya SMP kelas 3) saya dijuluki Raden Bentar sama temen2 disekolah.

    Salam,

  9. Raden bentar saya sudah kirim File Saur sepuh via Email. Sudah terima belum. memang bukan file mp3 tapi winrar. coba nanti aku usahakan tak convert ke MP3 kalau bisa aku kirim balik.

    walah pastinya Raden Bentar yang lagi kasmaran sama lasmini ya… hehehe

  10. Agus Muhtar Efendi said

    Raden Bentar belum terima filenya tuh, tolong kirimi lagi ya. He…he..eee memang betul juga sih tapi bukan sama lasmini, melainkan sama Dewi Anjani. Terus terang Dewi Anjani ku dulu sudah punya anak kali sekarang.

  11. jejakandromeda said

    Dewi Anjani dilihat dari puncak monas ya… hehehe. Bentar aku dah kirim filenya minggu lalu. Yo wes nanti tak kirim ulang.. ya lumayan buat ngobatin kangen sama burung rajawali hehe

  12. Agus Muhtar Efendi said

    Hee…..gitu deeeh.oke terima kasih mas.

  13. sandhi utama said

    SAMPURASUN…….mas jejekandromeda,…makasih banyak saya udah trima filenya dlm bentuk winrar…pertama saya sempat gak bisa maiinnin tuh file2,lalu saya download winrar player di salah satu situs,akhirnya bisa deh..!!!!!!thx ..jadi terobati sedikit deh kangennya…o..ya kalau saya gak salah nyimak sepertinya itu bukan suaranya ferry fadly(brama)&petrus ursfon(gotawa) ya mas,kalau mantilinya sih sepertinya iya..??(kalau gak salah ni mas).Udah punya episode yang lain mas??? .oya… ada gak teman2 yang kenal ama salah satu dubber saur sepuh ,atau yg.punya akses ke sanggar prativi atau pt.kalbe farma atau pihak2 yg ada kaitannya dg.saur sepuh siapa tau bisa dapetin file/copian kasetnya…..OYA KABARNYA Bp.NIKKI KOSASIH(pembuat CERITA SAUR SEPUH )sudah ALMARHUM….mudah2an cerita ini bisa direcycle /diabadikan lagi (zona 80an di metro tv aja bisa!!) SALAM SAUR SEPUH……heee..yaaaaa!!!!!

  14. Agus Muhtar Efendi said

    Eeenakkk dong yang sudah bermostalgia dengan saur sepuh nih, bagi-bagi dong filenya. Aku dari kemarin belum dapet nih. Mas Sandhi Utama boleh dong file Saur sepuhnya, aku juga kangen nih.

  15. jejakandromeda said

    sampurasun…….. Kisanak Agus aku dah kirim 2 kali semoga sampe yah Saur sepuhnya.
    Inget Anjani gak? putri Lasmini. Nah anjani itu anak siapa coba. ada yagn bilang anak dari orang yang menolong lasmini, tapi pas wkt dulu kalo gak salah Lasmini tuh lagi ML sama Prabu Siliwangi. kata-katanya yang diucapkan Prabu siliwangi begini ” betulkan kancing bajumu dinda…..” dengan suara yang khas ivone rose lasmini pun menjawab sambil tersenyum…….

  16. Agus Muhtar Efendi said

    Rampes…..terima kasih atas kiriman filenya, sekarang baru masuk & sedang didownload nih. soal ucapan prabu siliwangi yang lagi ML sama Lasmini dah lupa tuh…..tapi kalau gak salah Anjani anaknya Lasmini hasil hubungan sama Prabu Siliwangi, tapi kalau Anjaniku yang dulu adalah putri seorang TNI Angkatan Laut tuh heeee….eeee….salam saur sepuh

  17. sandhi utama said

    Sampurasun….mas agus,,to udah dapetkan filenya…?? kita mesti matur tengkyu sama mas jejakandromeda nih!!!!TENGKYU YA MAS!!!!!!!!eeeh ada file yang ada lasmini ML sama prabu siliwangi ya mas ??

  18. Agus Muhtar Efendi said

    Rampes…..mas Sandhi, betul tengkyu Mas Jejak Andromeda, saya sudah bernostalgia nih sama saur sepuhnya Satria Madangkara. Kalo yang ada file yang episode sebelum satria madangkara ada nggak ya mas jejakandromeda???? kalo ada boleh juga tuh…..sekali lagi tengkyu yaaaaa……heeeeeee.eeee.e.e.e.

  19. jejakandromeda said

    dari beberapa teman sesama pecinta Saur Sepuh (cie pencinta) sih ada yang punya kasetnya yang udah bulukan, sedang dicoba di convert ke mp3 meski suaranya kresek-kresek. Buat mas sandhi filmnya saya sudah cek di toko kaset masih ada yang originalnya kecuali yang gak ya nanti saya kopikan.
    Salam

  20. Agus Muhtar Efendi said

    Nggak apa2 yang penting masih bisa didengrin gitu loh…., end jangan lupa mas Jejakandromeda, ntar kalo udah selesai di convert ke MP3 kirimi aku juga ya……kita ini khan pecinta saur sepuh, mosok nggak punya filenya…apa kata duniiiiiaaaa…..heeeeeee

  21. sandhi utama said

    sampurasun……..buat kedua “teman senasibku”(sesama orang orang yg.kena virus saur sepuh,,padahal virusnya udah lama banget lo…sampe sekarang belum sembuh2 juga..)…….buat mas jejakandromeda….sekali lagi dengan segala ketulusan hati saya matur tengkyu(..cie dalem banget ya mas..tapi bener lo!!!)..saya tunggu lo mp3 sandiwara radionya,, bener kata mas muhtar effendi yg.penting bisa didenger,,maklum virusnya lagi kumat!!……untuk filmnya boleh dong tolong dibantu ,ntar kontek ke email saya kita tukar data2 yg.dibthkan..ok.???…….buat mas muhtar effendi……dunia ngomong apa ya????? he..he..he..he..he..SALAM

  22. gandhunk said

    Mas jejakandromeda, saya mau juga dong rekaman saur sepuhnya.. kirim via email yah.. please…
    Terima kasih sebelumnya yak..

  23. jejakandromeda said

    Buat Mas Sandi, ok sip lah tar kabar2i via email saja. mungkin minggu depan baru bisa saya kasih kabarnya mengenai yang originalnya. kalo copian kan gak seru heheh.
    Buat Gandhunk amoksa eh salah gandunk.. yang dimaksud rekaman sandiwara radio? ok nanti saya kirim via email..

    salam ajian serat jiwa………

  24. sandhi utama said

    Buat mas Jejakandromeda…….siiip dah mas,saya tunggu email ‘n kabarnya…….Salam Ajian Serat Jiwa (tingkat 10)eh……kalau gak salah nama lainnya “TITKIHIBENG” ya????

  25. jejakandromeda said

    oh iya tambahan nih, Brama kumbara saya juga punya satu seri versi sinetron judulnya Balada putra mahkota. nanti saya kopikan. Anto wijaya pemeran Brama kumbara masih kelihatan kurus dibandingkan kalo ngeliat Anto di Tutur Tinular versi sinetron…

  26. iwan said

    mas andromeda, aku juga pingin file saur sepuhnya, tolong di kirim ya? rampeeessss

  27. Mas, aq minta dikirimin file mp3 nya serial saur sepuh ya?tlg krm ke emailq. Aq pengin bernostalgia ma suar aferry fadli, elly ermawati, ivone rose and soonThank be 4

    ke: mat97_Saldi@yahoo.co.id

  28. Heru said

    Salam kenal Mas, aku juga gandrung banget ma serial sandiwara radio Saur Sepuh. Waktu itu aku msh klas 1 SMP…sekolahku kan msk siang, siaran radionya jam 4 sore, aku sering bawa radio kecil sama temen2, sampek2 pas pelajaran aku & temen2 (gantian)cari alasan ijin ke guru untuk ke ‘belakang/kamar kecil’, tp sebenarnya ya tuk ndengerin saur sepuh bareng2……lucu jg inget masa itu. Mas tolong aku dikirimi file rekaman saur sepuhnya ya buat nostalgia dan obat kangen …. thanks banget ……

  29. sandhi utama said

    mas jejakandromeda ini kayaknya betul2 penggemar potensial ya….(penggemar & juga punya file + filmnya)…..kalau saya penggemar berat…suka ngeberatin temen .anyway..by the way..busway….boleh juga dong bagi versi sinetronnya mas..(kayaknya anto wijaya waktu masih kurus lebih pas dari pada fendy pradana sbg tokoh brama…?)..oya vcd film saur sepuhnya gimana mas ??…salam

  30. pokoknya Saur sepuh itu sandiwara radio yang paling melekat diantara sandiwara-sandiwara yang lain….. heheh. Salam ajian Cipta dewa…………..

  31. Ohya buat yang ingin mendengar sekilas sandiwara tersebut, nanti saya kirim ke email. tunggu saja.. Salam dari Raden Bentar hehehe

  32. Agus Muhtar Efendi said

    Wah…wah..makin rame aja nih…saur sepuh. Ilmu Brama Kumbara banyak banget ya, tapi ada juga yang lupa ama ilmu Brama kumbara yang terakhir & sangat dahsyat, apaan tuh….? kalo gak salah rampah lumpuh, ilmu yang membuat seluruh tubuh musuhnya lumpuh total. Buat mas Jejakandromeda jangan lupa ya kalo ada episode yang lain aku juga dikirimi, salam ciaaat…..ciaaat….edaaaaannnnnnnn…

  33. Kalo Srigunting bukannya punya Brama juga yang diturunin ke Mantili ketika mau menghadapi Lasmini… terus kalo gak salah dulu ada ajian capit yuyu deh… tapi lupa2 ingat sih…

    Buat Mas Sandi & mas Madi cek emailnya…

    Ciaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat………

  34. Agus Muhtar Efendi said

    Sri Gunting Ilmu yg didpt Brama ketika dlm pengembaraan melihat Ular & Burung Sri Gunting bertarung. Brama melihat & meniru burung Sri Gunting mengalahkan Ular, kemudian Ilmunya diturunkan ke Mantili. begitu kira-kira sejarahnya Ilmu Sri Gunting. Oh iya, saya baru ingat, kalo Lampah Lumpuh (bkn Rampah Lumpuh) itu Ilmu Brama Yang paling Dahsyat & masih Manusiawi karena membuat lawannya jadi lumpuh aja, kalo Ajian Serat Jiwa ke 10 khan menghancurkan sampe menjadi debu, waduhhhhh kasian tuh lawannya….ciaaaattttttttt…..

  35. Heru said

    File saur sepuhnya sdh aku terima, trima kasih bny Mas bisa jadi pengobat kangen …. oh ya kalo ada file yang lain boleh dikirimi juga. Mas punya saur sepuh yang episode Darah Biru ? kalo ada tolong dikirimi ya, thanks bny.

  36. Untuk Film Saur Sepuh saya punya lengkap. Saur Sepuh IV Titisan Darah biru memang susah dicari. itupun saya dapat udah lama banget… Versi VCD cuma 60 menit padahal versi layar lebarnya sekitar 82 menitan. jadi kepotong hampir 20 menitan gitu lah. Tapi teteplah bisa ngeliat Garnis Nawingyun yang diperankan Devy Permatasari dengan Suara asli versi sandiwara radio (Ana Sambayon)..

  37. japspress said

    Huah, senang sekali melihat ada Saur Sepuh disini, karena saya termaksud penikmatnya, hanya saja cuma sempat menikmati saat zamannya sudah saur sepuh versi layar lebar, waktu versi radio kayanya belum ngerti saur sepuh.

    jadi inget brama dan rajawalinya, persaingan mantili dan lasmini, atau si cantik oriental mei shin (betul gak ya tulisannya, kecil2 kok udah tau cantik? ;p) hehe…

    Mas Andromeda, kalo mau mp3 sandiwara radionya masih bolehkah? terima kasih sebelumnya untuk review menariknya :)

    salam kenal

    -japs-

  38. Wah kalau Mei Shin itu di Sandiwara Radio Tutur Tinular. (Cek di tutur tinular)…

  39. japspress said

    oh iya ya… sering tercampur memori antara kedua film tersebut. Arya Kamandanu dengan pedang yang mengeluarkan cahaya hijau, satu potongan memori lain tentang film ini, ternyata namanya Pedang Naga Puspa, jadi tahu karena baca reviewnya. thanks. heu

  40. Heru said

    Mas, kalo punya tolong ya Mas dikirimi juga file .mp3 nya Darah Biru, Episode Saur Sepuh yang awal-awal itu dan Perjalanan Berdarah kalo ada, kalo nggak punya ya episode lain juga boleh tuk nambahin nostalgia nih …. trims banget

  41. Farid said

    Mas, minta juga dong file mp3-nya saur sepuh. Lagi kagen berat ama saur sepuh, yang mana aja deh.. yang penting ada. Makasih banyak Mas. Saya tunggu filenya mas. Tengkyu berat sebelumnya. Salam kenal Farid.

  42. Salam kenal balik mas farid. boleh nanti saya kirim via email file saur sepuhnya. ciaaaaaaaaat……..!!!

  43. japspress said

    mas bolehkah minta dikirim file mp3 saur sepuhnya juga? hya…hya…hya… salam -japs-

  44. sandhi utama said

    SAMPURASUN semuanya…..wah tambah seru nih ….semakin banyak orang-orang gila nih (PENGGILA SAUR SEPUH) seperti saya….buat mas jejakandromeda e-mailnya sudah saya balas tolong dicek….makasih lagi mas.. lagu mantilinya udah saya terima….HIDUP MAS JEJAKANDROMEDA……..oya Brama kan puasa ajian lampah lumpuh di padepokan ajian serat jiwa milik sahabatnya dan diurus /dijaga ama sahabatnya itu selama Brama puasa..ada yang inget gak siapa nama sahabatnya itu saya betul2 gak inget??????? SALAM LAMPAH LUMPUH…KEEP CRAZY ABOUT SAUR SEPUH……

  45. Agus Muhtar Efendi said

    Rampesssss….Oh iya….aku juga makasih nih buat mas jejakandromeda atas kiriman lagu mantili, aku baru baca & download lagunya. Buat mas Sandhi Utama, soal Ajian Lampah Lumpuh aku inget tapi siapa sahabat Brama itu aku juga lupaaaa tuh, siapa ya yang inget ayoooo…???????

  46. Sahabat Brama kan banyak… tapi yang tetap melekat ya Bongkeng dari Kuntala.. hehehe. Oh iya aku inget banget waktu biksu Kampala mau perang tanding dengan Brama, waktu ngedengerin mencekaaaaaaaam bener, padahal dalam cerita masih di perbatasan ibukota…. ehm.. kalo versi filmnya juga paling gw suka tuh disamping Kembang gunung Lawu.

    Oh iya buat informasi aja, beredar pula film judulnya sesepuh majapahit.. pas gw tonton.. isinya nyebelin banget, ternyata film Saur Sepuh 1 – 5 minus saur sepuh 4 yang di potong-potong menjadi satu cerita. Tapi kalau belum nonton versi Saur sepuhnya dijamin gak akan nyambung deh…

  47. sandhi utama said

    SAMPURASUN……..Sahabat Brama yang saya maksud adalah guru padepokan ajian serat jiwa tsb.dia yang selalu nungguin Brama waktu puasa 40 hari 40 malam…saat saat terakhir puasanya Brama hanya dikasih menghirup melalui hidung uap nasi yang baru matang…saya masih inget kisahnya…tapi sama sekali blank nama sahabatnya itu….Oya kalau gak salah saya masih agak2 ingat urutan serial saur sepuh.Pertama Darah Biru :kisah waktu Brama masih kecil tinggal di kampung jamparing..ternyata belakangan diketahui ia punya saudara lain ayah ya???? yaitu Mantili ..kalau gak salah Ayah Mantili adalah pejabat Kuntala (negara penjajah Madangkara …kalau gak salah mereka sewaktu remaja dan belum saling kenal..pernah bertarung..Brama pakai pedang Biru yg.mengeluarkan aura dan hawa sangat dingin…sdgkan Mantili pakai pedang merah yang sangat panas..kedua pedangnya patah dan ternyata di dlam badan pedang itu ada seguung lontar ttg silsilah keluarga kerajaan Madangkara yg disusun oleh kakek Astagina guru Brama yg.ternyata juga keluarga bangsawan Madangkara..dimana Brama termasuk didalam keluarga bangsawan(DARAH BIRU)….serial kedua Perjalanan Berdarah :kisah perjalanan Brama dkk.dalam usaha membebaskan kerajaannya dari kekuasaan Kuntala kalau gak salah dlm kisah ini Brama pernah dikalahkan Tumenggung Gardika shgga ia hampir tewas lalu diselamatkan rajawali raksasa dibawa ke goa pantai selatan(pesanggrahan keramat)dan digodok dalam kolam lumpur bergolak..setelah beberapa lama bersemedi di atas batu hitam..batunyan pecah dan didalam batu itu ada kitab ajian serat jiwa…ketiga Singgasana Berdarah:tentang keberhasilan Brama menaklukkan kerajaan Kuntala..dan ia berhasil menjadi raja Madangkara…keempat:kalau gak keliru Banjir Darah di Bubat yaa????tentang Prabu Siliwangi dg. kujang sinarnya yg.berhasil menghalau ekpansi majapahit pada jaman gajah mada & hayam wuruk….?????agak lupa hayoo tolong diterusin BRO!!!!!!!salam SERAT JIWA

  48. bembeng said

    mas saya ini penggemar film diera 80an kalau bisa saya minta ling filmnya saur sepuh mas

    terima kasih

  49. malikussaleh said

    mas, aku mau juga dunk dikirimin file mp3 Saur Sepuh. thx banget ya… dikirim ke sini mas: haminte@gmail.com

  50. Agus Muhtar Efendi said

    Mas Malikussaleh, coba dicek emailnya. Aku berpartisipasi mengirim saur sepuhnya. Salam satria madangkara

  51. bond said

    sampurasun, mas
    bisakah saya dapat transfer ilmu kedigjayaan juga, dikit aja ko cuma ajian tapak sakti, tatar bayu, gelang2, bayu bajra, serat jiwa, lampah lumpuh, srigunting, dikit khan hehe… mas saya pengen juga dunk filenya.. udah 10 thn lo hunting satria madangkara.. seadanya aja ko mas.. makasih sebelumnya.

  52. wah banyak banget ajiannya.. ini aku tahan pake salju menyiram bumi-nya biksu kampala.. hehe biar pada adem semua… kan udah mulai kemarau nih…
    file sedikitnya nanti saya kirim via email, maksudnya film satria madangkara atau versi radionya… wah boljug deh nanti dua2nya ku kirim..

    Pa kabar semua…

  53. Agus Muhtar Efendi said

    Wah mas Jejakandromeda baek banget deh, boljug tuh versi filmnya saur sepuh aku dikirimi juga ya. salam Lampah Lumpuh untuk semuanya…ciaat…….eddaaaannnnnnnnnnnnnnn………….

  54. Ciaaaaaaaaat….. ok nanti ku kirim via email, tp tidak semua sih hanya thrillernya aja beberapa menit.. filenya gede banget jadi rada berat. Mudah2an bisa di lampirkan. Aku udah convert yang saur sepuh 4 dalam beberapa track.. moga bisa di nikmati..

  55. Agus Muhtar Efendi said

    Ciaaattttt…ok mas Jejakandromeda, aku tunggu kirimannya & trim’s sebelumnya……

  56. Mas Jejakaandromeda, saya salut untuk kreatifitas anda, menurut saya luarbiasa sekali mas masih dapat menyimpan informasi terkait dengan sandiwara radio Saur Sepuh “Brama Kumbara” yang pada jaman 80-an digandrungi juta-an pemirsa radio. Dulu saya tidak mau ketinggalan satu episode pun. Latar Belakang sejarah yang menjadi salah satu bagian utama cerita itu juga memberikan banyak tambahan ilmu pengetahuan pada para pemirsa waktu itu. Kalau boleh nih, saya sangat berharap bila mas Jejaka mau mengirimkan file MP3-nya ke alamat email saya. Saya rindu sekali mendengarkan sandiwara itu. Terimakasih sebelumnya.

  57. rudy said

    kalo ada mp3 nya … saya juga minta dikirimin donk …. thanx be4

  58. bembeng said

    mas-mas semuanya kalau ada yang punya film saur sepuh saya minta dong penggemar berat nih

    kirim kesini ya lampung_indonesia@yahoo.com

    atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih

  59. Rinaldi said

    Mas Jejaka…

    wow…banyak penggemarnya…
    saya juga mau donk dikrimin…
    makasih ya…

  60. sandhi utama said

    SAMPURASUN……wah makin rame aja nih ……salut buat mas jejakandromeda ..EH MAS.. aku belum sempat download filenya ..itu sama ya ama film VCDnya..??????………..buat semuanya salam kenal…..salam lampah lumpuh

  61. RAMPES…..Yup, sama dengan film versi VCDnya cuma aku ambil sepotong-sepotong saja buat yang belum punya mas Sandhi. Untuk yang kesulitan bisa download di http://www.arjuna210605.multiply.com disitu agak mendingan sih 2 menitan, file MP4, jadi agak lamaan dikit.

  62. ikebana said

    tolong mas saya juga dong file audionya, pleaseeeeeeeeee………!!!
    cingkeng@gmail.com

  63. ikebana said

    maksudnya saursepuh audionya (sandiwara radionya)!!!

  64. bembeng said

    mas file filmnya ga ada yang ful ya ??

  65. Kalau full ada tuh dirumah… heheh. gak sih kalau full di upload aku belum berani.

  66. bembeng said

    mas saya bener-bener pengen banget nonton ni kalau ga keberatan tolong di upload dong mas ??

    atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih

  67. sapto nugroho said

    wah seneng banget nemu blog ini mas,teringat masa lalu masa kecil,hehehehe…
    boleh dong mas file ” SAUR SEPUH ” nya, bisa untuk mengenang masa masa ceria yang terlupa….:)

  68. bembeng said

    mas upload dong filmnya ???

    tak tunggu lho ?????

    terima kasih

  69. SAMPURASUN……..
    Buat penggemar film saur sepuh,saya paling bisa usahakan untuk mendapatkan film originalnya kalau berminat bisa saya carikan. Kalau upload full filmnya terus terang tidak berani, takut melanggar hak cipta hehehe. Kan lagi menggalakan Stop piracy! kecuali memang kepepet banget……
    Mungkin nanti ada yang upload, tapi pastinya bukan aku…

    Ciaaaaaaaaaaaaaaat……..

  70. Resi Seta said

    Sampurasuun, mas Jaka!
    Wah, Nggak sangka dan saya betul2 terkejut sekaligus senang masih ada yang mbahas Saur Sepuh! Kebetulan ini saya lagi muter2 cari mp3-nya Saur Sepuh. Yaah… sekedar nostalgila kenangan masa kecil. Pulang sekolah, nyolong jambu sama teman2, lalu sampe di rumah menikmati jambu colongan tadi sambil ndengerin Saur Sepuh rame-rame. Sungguh suatu kenangan yang indah sekaligus memprihatinkan, namun tidak akan pernah terlupakan!Kalo mas Jaka punya mp3 nya dan tidak keberatan mengirim file tersebut pada saya, saya sangat berterimakasih sekali.

    Terima kasih sebelumnya

    Salam dari Jogja

  71. Rampes…….Resi Seta apa Resi Wanayasa(Babad Tanah Leluhur) heheheh,… Wah……. jambunya cemolong ya hehehe… jadi pengin nyolong ….yup bernostalgia saja sih.. lumayan lah mengingatkan jaman dulu waktu saur sepuh masih eksis……

  72. Resi Seta said

    Nyuwun Ngapunten, mohon maap, Mas Jaka, baru bisa bales sekarang. Lha saya baru sibuk jadi panitia 17 je…
    Yaah, org tua saya kasih nama ada embel2nya “Resi” tapi ya anehnya saya kok tidak bisa mencontoh para Resi terdahulu ya? (Eyang Wanayasa, Buyut Astagina, atau Resi Seta Original yg jadi senapatinya Pandawa di Bharatayuda, dll.) terus terang kelakuan saya jauh dari Beliau2, dan malah cenderung…ya itu tadi…BEJAT…he, he, he…(Weleh kok malah ndlewer gak karuan…)

    Anu, saya mau minta pertimbangan baik dari Mas Jaka ataupun dari teman-teman lain pembaca blog ini. Saya punya 2 film Saur Sepuh yaitu KEMBANG GUNUNG LAWU dan ISTANA ATAP LANGIT (yg menurut saya paling sip, hampir kaya pilem2 chinanya Tsui Hark…), dan 1 film Tutur Tinular. Kedua film Saur Sepuh berupa VHS (Kaset Pideo) dan keduanya sudah saya convert ke dalam bentuk MPEG video dan saya simpan ke satu DVD untuk koleksi pribadi.

    Yang saya mau lakukan, berhubung di Blog ini banyak kawan2 yang (tampaknya) masih ingin memiliki film Saur Sepuh, adalah membaginya dengan rekan-rekan sekalian. Saya tidak akan memungut biaya apapun! Semuanya saya lakukan bukan utk cari untung atau uang! Semata-mata untuk yang namanya “Just for Fun for All”.
    Hanya saja saya minta satu hal saja:
    REKAN-REKAN JANGAN MENGGANDAKAN FILM2 TSB UNTUK TUJUAN KOMERSIL (DIJUAL, DIUPLOAD DI SITUS2 KOMERSIL, DLL)!!

    Dilema yang saya hadapi:
    Saya tahu ini akan disebut sebagai pelanggaran hak cipta. Tapi bukankah negara kita memang telah “terbiasa” dengan hal itu? Dan lagi sekarang cukup sulit utk mencari film-film semacam itu (terus terang saya beru cari film2 silat klasik Indonesia yang diangkat dari sandiwara radio semacam Tutur Tinular (Seri yang lain), Misteri Gunung Merapi, dll. dan sangat sulit menemukannya baik di rental maupun di retailer VCD). Bukannya saya melegalkan pembajakan, tapi dengan (tanpa, sekali lagi TANPA meremehkan masyarakat Indonesia) keadaan daya beli masyarakat kita yang seperti ini, mendapatkan suatu hiburan dengan murah/gratis dan dengan kualitas yang tidak berbeda jauh bukankah suatu hal yang sangat menolong sekali di tengah2 situasi Indonesia yang penuh dengan “Komedi-komedi tingkat atas yang ‘ra mutu dan kadang mangkelake? Maka dari itu saya mohon tanggapan dari Mas Jaka dan juga rekan-rekan pembaca blog ini tentang bagaimana langkah yang sebaiknya saya ambil.

    Maaf jika tulisan saya ini sangat panjang dan bertele tele. Saya hanya bermaksud berbagi saja, tidak ada tujuan lain…OK…Jujur… ada tujuan lain ding, yaitu menebus dosa saya pada waktu nyolong jambu dulu.
    Oh, Iya… sebelum saya tutup, apakah mas Jaka atau rekan2 ada yang punya MP3 sandiwaranya saur sepuh? MP3 Sandiwara lho, bukan lagu-lagu Saur Sepuh. Kalo ada saya mau dong dibagi…

    Ini E-Mail saya: arival_666@yahoo.com

    Sekian dari saya, sekali lagi maaf kalo kepanjangan

    terima kasih

  73. Bagus niat dan usul Resi, Kalau saya sih punya lengkap versi filmnya dari saur sepuh 1-5. Hanya saja Saur Sepuh 4 Titisan Darah biru, meskipun Original, tapi banyak yang dipotong hanya berkisar 60an menit, padahal versi asli di bioskop 81 menit. Kalau punya Saur Sepuh 4, saya mau juga ngopinya. Sebelunya Terima kasih.

  74. Resi Seta said

    Matur nuwun, Mas jaka atas dukungannya. Soal saur sepuh 4 versi bioskop yang full saya sudah berusaha cari, tapi di Jogja sulit mendapatkannya. Ada juga teman saya yang punya tapi sudah di ‘cut’ seperti milik Mas Jaka. Tapi saya baru nunggu balasan dari temen saya yang dulu ayahnya punya bioskop di daerah Gunungkidul dan kebetulan katanya pernah memutar film itu. Mudah-mudahan masih punya “master roll”nya.

  75. Wah good idea tuh Mas Resi…. aku tunggu kabare ya.. kadang sekali waktu aku cari juga sih film-film lama. ya buat seru-seruan saja film-film jadul…..

  76. bembeng said

    mas bisa gak cariin cd originalnya saur sepuh ??

  77. Kalau CD Original versi film saya bisa usahakan, tapi kalau versi sandiwara radio masih kesulitan. Salam

  78. tasaro said

    ikutan dooooooooong. He…he… saya juga penggila Saur Sepuh cs. Ceritanya emang tidak tergantikan. Bolehkah saya juga minta copy wnammpnya mas….
    Tasaro_80@yahoo.com

  79. Monggo mas mampir….. nanti saya usahakan kirim via email.

  80. sandhi utama said

    Wah..wah..wah..tambah rame aja nih……salam buat semuanya..Mas Jejakandromeda….saya sempat contact dengan salah seorang pelakon sandiwara radio ( pemeran mpu ranubaya di sandiwara radio tutur tinular sekaligus naratornya )namanya bapak asdi suhastra (e-mail :asdisuara@yahoo.com)..,kabarnya beliau dekat dengan ferry fadly dkk.Berhubung mungkin mas jejakandromeda berdomisili sedaerah dg.beliau …mungkin mas jejakandromeda bisa contact beliau ,,,siapa tau beliau bisa bantu mengenai file sandiwara saur sepuh…bukan apa2 sih ..kan demi kita semua “para penggila saur sepuh”tul gak ????…..

  81. Makasih banget informasinya mas Sandhi, Sangat berarti sekali informasinya. nanti saya coba hubungi via email mudah-mudahan ada hasilnya. Iya nih aku juga kangen berat sama Sandiwara ini terutama episode yang ada peperangan antara lasmini dengan mantili…..

  82. sandhi utama said

    Saya sempat dapat info dari beliau bahwa dalam waktu dekat sandiwara radio saur sepuh bakal ditayangkan lagi di radio dgn pemain yang sama seperti dulu ,…mudah-mudahan ya…???.

  83. Agus Muhtar Efendi said

    Wah info mas Sandhi ini oke juga nih, mudah-mudahan bener ditayangin lagi. Apalagi kalo dari episode pertama pasti seru tuh. Ditayangin di radio apa ya kira-kira?

  84. sonny said

    masss Jaka…..ikutan dong….aku juga salah satu penggemar berat sandiwara radio saur sepuh, kirimin juga dong file Mp3-nya ke emailku..thanks before. Mudah-mudahan blognya tambah maju dan bisa banyak memberi manfaat.

  85. sandhi utama said

    Ya ini masalahnya….ditayangin di radio mana..?,kapan..?saya juga kurang tau.Soalnya e-mail saya belum juga dibalas sama pak Asdi

  86. malx said

    ikutan mas… kirim via email yah… thnx banget loh !!!

  87. Sudani said

    mas Jejaka…..sebagai salah satu penggemar berat sandiwara radio saur sepuh, kirimin juga dong file Mp3-nya ke emailku. Wah, kalo koleksinya di upload di blognya, pasti tambah maju tuh. plus bisa pasang iklan…tul?? Penggemarnya buanyyyaakkk..

  88. Terima kasih sarannya saya pertimbangkan. Untuk filenya tunggu saja nanti saya kirim.

    ciaaaaaaaaat………..

  89. Tri said

    Mas Jejaka yang baik nan tampan, sudikah andika mengirimkan file-file sandiwara Saur Sepuh kepada Hamba? Karena rumah saya sehari perjalanan kuda.

  90. malx said

    mas makasih kirimannya ya.. tapi belum bisa saya buka, bisa minta dikirim ulang gak mas. mohon maaf ngerepotin.

  91. Medi Wibawa said

    masss Jaka…..ikutan dong….aku juga salah satu penggemar berat sandiwara radio saur sepuh, kirimin juga dong file Mp3-nya ke emailku..trims sebelumnya.

  92. Joko said

    mas jaka aku juga minta di kirimin dong audio rekaman saur sepuh nya..pliiisssssss bgt.

  93. ROBERT said

    Sampurasun mas Jejak,…
    Saya sangat surprise karena baru hari ini menemukan web ini.
    Btw saya tinggal di batam sudah 8 tahun tapi lahir besar di Jogja.
    Kalau tidak keberatan boleh kirim ya Saur Sepuhnya, atau kasih tahu link untuk download.
    Saya betul2 rindu dengan suasana kampung yang sederhana, hiruk pikuk bunyi kereta, kuda dlll.

    Trims dan salam nostalgia.

  94. Verry said

    ternyata ada juga ya..
    lagi nyari pesenan bapak nih, bisa minta file rekamannya juga mas…?

  95. Rampes……… ciaaaaaaaaatt… ditunggu saja…

  96. Senopati Indra Kumala said

    Kang Mas Jejaka,
    aku juga mau dong dikirimin MP3 nya.
    please forward ke uf_hakim@yahoo.co.id

  97. koben said

    aq mau tanya kalou film babad tanah leluhur ada gk??
    truz gmana ngedapetin filmnya??

  98. Babad Tanah leluhur ada, lihat di Babad Tanah Leluhur kategori Film.

  99. medibalman said

    Mas Jejakandromeda saya mohon tolong dong dikirm file mp3 saur sepuhnya ke alamat email saya ini medibalman@yahoo.com, saya penggemar saur sepuh sejak saya masih SD sekarang sy di jepang, kangen banget sandiwara tersebut. Please mas… Terima Kasih

  100. medibalman said

    Teman2 yg punya file mp3 atau mp4 sandiwara saur sepuh tolong share ke email saya ini, saya adalh penggemar sandiwara ini sejak masih SD. Termika kasih atas bnatuananya medibalman@yahoo.com

  101. Agus said

    Mas .. salam kenal sebelumnya ….

    Saya juga penggemar berat Saur Sepuh … berkenan mengirimkan ke email saya Mas (zhibond_01@yahoo.com) dalam bentuk MP-3 sekalian bernostalgia dengan Saur Sepuh …

    Trims Mas sebelumnya …

  102. kijara said

    mas andromeda, boleh dong minta dikirimi mp3-nya. sangat berharap… , ato diupload saja ke indowebster ato veeon.com. matur suksma

  103. Wylie said

    Mas Jejakandromeda, apa film SAUR SEPUH 4 : Titisan Darah Biru ada yg jual? dmn saya bisa peroleh? krn saya udh cari kmn2 tp tdk ktmu jg…

  104. Maulana said

    Mas jejaka saya juga tolong dikirim file saur sepuhnya dong, bagus juga ide dari Kang kijara untuk mengupload di indowebster, trims banget

  105. Film Saur Sepuh IV Titisan Darah Biru memang susah sekali untuk didapatkan. Saya dulu dapatnya juga secara tidak sengaja dan hanya tinggal 1 film. Kalau berminat nanti saya bisa copikan.

  106. ernest said

    sampurasun,

    kisanak…salam saur sepuh…saya termasuk penggila saur sepuh dulu waktu masih SD dan tinggal di bandung…saya juga minta tolong di kirimi file nya donk…untuk mengobati rasa kangen dan nostalgia deh.

    thx masih ada orang yang mau nginget dan menyimpan kenangan masa kecil….

    salam

  107. sandhi utama said

    wah..wah..wah……………………
    mas jejak-anrdomeda…tambah rame aja blognya …salut.?????
    gimana sudah ada kabar mas..? kapan saur sepuh disiarkan ulang..???

    SALAM AJIAN SERAT JIWA BUAT SEMUANYA..???

  108. Ini mumpung lagi kepanasan kupersembahkan Salju Menyiram Bumi…. ciaaaaaaaaaaat… heheh Mas Sandhi cuma kasih kabar saja, beberapa saat yang lalu ada seorang teman, di toko kaset bekas daerah tanah abang ada yang jual satu set Saur Sepuh isi 20 kaset, hanya saja pas aku belum sempat, ya semoga saja pasa kesana belum kejual. Sekedar info kalau yang mau kesana cari namanya Pak Rizal, dulu dia yang jual kasetnya masih dalam dus sponsor (kata temenku sih) sayang sekali no hp yang dikasih temanku sudah tidak aktif.. maklum aku lagi very very bisi nih belom sempet kelayapan lagi…

  109. Raden Bentar said

    Waduhhhhhh…nggak sangka sangka blognya makin rame aja, apa kabar mas jejakandromeda. Sudah lama juga aku nggak nimrung nih! ada kabar baru nggak ya soal kapan saur sepuh mau di putar lagi di radio?

  110. Teguh Supriyanto said

    Salam buat semua penggila Saur Sepuh di blognya Mas Andromeda. Saya sudah jadi penggemar berat Saur Sepuh sejak kls 3 SD sekitar th 1988an (jadi pengen kembali ke 20 thn yg lalu hehe..). Trima kasih banyak buat Mas Andromeda yg dah ngirim file Satria Madangkaranya ke email saya, trus tolong juga kirimin yg lagu Mantili-nya ke email : teguhsupriyanto79@yahoo.com

    Saya juga dah kontak Pak Asdi Suhastra ke email beliau (sekitar tgl 22 Sep 2008) nanyain soal produksi ulang Saur Sepuh yg akan diputar dlm waktu dekat di sejumlah stasiun radio berikut jadwal mengudaranya, terutama radio di Bandung krn saya tinggal di kota ini, namun sampai sekarang belum dibalas oleh beliau.

    Sekalian mau kasih komentar/ulasan soal Satria Madangkara versi Mp3/winrar kiriman Mas Andromeda, silahkan disimak, kalo ada kesalahan mohon maaf dan dikoreksi :
    1. Pengantar cerita/naratornya : Ibu Maria Oentoe
    2. Pengisi suara/dubber utk Brama Kumbara : Kris Urspon (biasanya Ferry Fadli, atau mungkin khusus yg episode ini dipakai Kris Urspon), utk selanjutnya Kris Urspon biasa mengisi suara Raden Bentar…seperti yg sering sy dengar di radio.
    3. Dugaan saya, episode ini adl versi sandiwara radio yg diadaptasi dari Film Layar Lebarnya yg diputar th 1988. Saya beranggapan demikian krn belum pernah mendengar episode ini diputar di radio pada tahun 1988 atau sekitarnya. Saya hanya menonton versi film layar lebarnya pd th 1988 dan ada kesesuaian dialog alias hampir sama dialognya cuma bedanya ada panduan dari sang narator. Ditambah lagi tidak disebutkan para pengisi suaranya meskipun ada jingle iklan, sehingga saya berkesimpulan bhw versi yg ini tidak diudarakan di radio.
    4. Musik yg menjadi backsound sangat bagus dan heroik, terutama saat narator mengatakan kalimat..”sementara itu di kerajaan Majapahit, Sang Prabu Wikramawardana dan beberapa bawahannya….” diisi oleh backsound…kemudian Narapati Raden Gajah mengatakan “mata-mata yg hamba kirim….cap perak berlapis emas…banyak Tentara Yunglo/Yuan Lo yg ikut dlm latihan perang itu” selesai berkata2 lalu ada suara pertempuran kemudian masuk backsound. Ditambah backsound musik saat pertempuran pasukan Majapahit dan Pamotan di padang rumput.
    5. Tokoh yg dimainkan : Brama Kumbara, Mantili, Harnum, Patih Gotawa, Lasmini, Senopati Ringkin (masih jd Senopati belum menjadi Panglima), Hulubalang Ludaka (kalo ga salah tokoh ini adalah adik seperguruan Gajah Mada, berdasarkan info dari salah satu web, yg nulis pakar sejarah, kalo ga salah…sy lupa webnya ntar klo ingat dikirim), Raja Wikramawardana, Patih Gajah Lembana, Narapati Raden Gajah, Bhre Wirabumi, Rajasa Duhi Tunggadewi (Ibu angkat Bhre Wirabumi), Panglima Lodaya, Tumenggung Bayan, Tumenggung Adiguna, Si Mata Setan, Jagadnata (guru Tumenggung Bayan), ditambah figuran lainnya.
    6. Ajian yg dipakai : Ajian Serat Jiwa, Ajian Cadas Ngampar, Ajian Cakar Geni, Ajian Sirep Megananda.

    Segitu dulu bahasannya.

  111. Teguh Supriyanto said

    Berikut petikan balasan email dari Pak Asdi Suhastra soal produksi Saur Sepuh baru yg akan diputar di sejumlah stasiun radio.

    Re: Saur Sepuh produksi ulang di radioThursday, September 25, 2008 9:58 AM
    From: This sender is DomainKeys verified “suhastra supardi” Add sender to Contacts To: teguhsupriyanto79@yahoo.com

    Yth mas Teguh,

    Saya mohon maaf mas,sampai saat ini saya belum tahu persis soal stasion radio dan jadwal penyiaran sandiwara radio SAUR SEPUH (new). Yang saya dengar sih,baru akan disiarkan awal tahun depan diwilayah sumatra. Kalau anda mau,coba deh cari info dari PT Kalbe farma,karena perusahaan tsb yang menentukan.

    Sekali lagi mohon maaf,dan terimakasih atas perhatiaannya.

  112. Rudy said

    Salam dari Texas. Barusan saya nonton Serial Saur Sepuh lewat YouTube. Mulai dari Episode 1 s/d 5 kecuali episode 4 titisan darah biru. Tapi cukup untuk ber-nostalgia untuk mengobati rasa rindu.
    Sepanjang film kok sama sekali nggak ada yang bilang “sampurasun – rampes”. Ada yang tahu kenapa ?
    Aku juga mau kok Mp3 dari sandiwara radio yang lama. Nggak lengkap juga nggak papa. Thanks

  113. medibalman said

    Mas Andromeda bisa ga film Saur Sepuh IV di posting di Youtube sehingga kami semua bisa menonton serial saur sepuh keempat tersebut, soalnya dari membaca semua mailing list ini kayaknya pengen lihat film saur sepuh keempat tersebut walaupun belum lengkap. Terima kasih.

  114. Ok nanti saya coba posting ke You Tube Saur Sepuh IV Titisan darah Biru. Ditunggu saja.

  115. zaldy said

    salam kenal ,
    mas andromeda mau juga donk mp3nya saur sepuh
    jadi inget masa cilik dulu ,
    thanks a lot banget

  116. Sekedar Informasi, Saur Sepuh IV Titisan Darah Biru sudah saya upload di Youtube, meski aku potong menjadi beberapa bagian karena lambatnya waktu upload. Semoga dapat mengobati kerinduan akan film saur sepuh. Segera saya upload sampai part 6.

  117. sandhi utama said

    SAMPURASUN semuanya..buat mas jejakandromeda, saya baru sempat nimbrung nih..bagus tuh kabar ttg.kaset saur sepuhnya “SEMOGA TUHAN MEMBUKAKAN JALAN”supaya serial kasetnya bisa didapetin ya mas…???ntar kita share sama sama di sini…………tul gak EVERYBODY…??? masalahnya saya ada di daerah ,kalo gak pasti saya satroni tuh toko kaset……….tapi thanks anyway & salut buat mas JejakAndromeda

  118. EdyS said

    Mas Andromeda, saya mohon dikirim jg dong file mp3 sandiwara radio saur sepuh.. Ke email saya: edys@xl.co.id. Makasih sbelumnya ya mas..

  119. ok, nanti saya kirim via email. Buat informasi saja, saya sudah upload Saur Sepuh IV Titisan Darah Biru sampai part 6. Meskipun di part 5 setelah aku cek pertemuan Garnis dengan Bentar belum terupload. Justru disini poin yang menurutku bagus. Karena pertemuan Garnis dan Bentar setelah sekian lama tidak bertemu. Ehm….. kayaknya suasananya kena banget dibagian ini…… ketika bentar menanyakan kebenaran jatidiri Garnis… suasananya Gimanaaaaaaa gitu. Insya allah nanti saya coba upload lagi.

  120. hepi andi said

    Mas Andromeda, saya mohon dikirim jg dong file mp3 sandiwara radio saur sepuh.. Ke email saya: andi_bastoni@yahoo.com

  121. hepi andi said

    Mas jejakandromeda, saya butuh sekali MP3 Saur Sepuh. Bisa email ke saya: andi_bastoni@yahoo.com. Saya juga bisa dihubungi di 0817194560. Makasih.

  122. Maruli Siallagan said

    Sampurasun Mas Jejaka Andromeda,saya juga penggemar berat Sandiwara Radio Saur Sepuh..Dulu dengerinnya waktu masih SD..Duh jadi kangen nich..Kira2 nyari dimana ya kaset/ cd audio/ mp3 nya..Copy nya juga nda apa2..Oh ya saya dulu nda ikutin ceritanya sampai tamat..endingnya gmana sich..Trakhir yang sy dengar..Brama & Mantili dah nda ada..Trus kerajaan Kuntala mau memberontak dari Madangkara..Mas Jejaka Andromeda..Mohon file mp3nya dong..Btw ada yang tahu musik soundtrak nya ngambil dari lagu siapa..Kitaro bukan ya..Mirip euy..Tp nda tahu judulnya.Thanks utk Mas Andromeda..

    Jejakandromeda said :
    Rampes…..Terima kasih sudah mampir ya… Kalau informasi mendapatkan Kaset/CD audionya memang kesulitan, karena di toko kaset bekaspun aku cari gak ada. Mengenai akhir Saur Sepuh, Munculnya Pangeran Kuntala yang nyamar jadi Permadi, kemudian memikat hati Garnis untuk menjadi pacarnya, ini adalah salah satu taktik Pangeran Kuntala untuk memberontak. Ilustrasi musik memang ada yang sebagian diambil dari kitaro, saya punya koleksi Kitaro, memang ada tuh yang ngambil dari situ adegan dimana Anjani dan Gandari dalam perjalanan di padepokan anggrek hitam (setelah jingganya lasmini)..
    Sering-sering mampir yah……

  123. khendy said

    halo teman2!!!

    rame juga yah yg ngebahas saur sepuh …:D lagi iseng2 googling nama nyokap keluar blog ini nih hehehe ……btw saya anak pertamanya anna sambayon yg ngisi suara garnis ..bener ngga ? :P ( jarang dengerin sandiwaranya hehehe )nyokap saya udah pensiun jadi dubber tapi masih sering kontak2 sama temen2nya (yg saya tau kaya ferry fadli masih sering kontak, trus maria oentoe juga) dan yg saya tau juga om ferry sama tante maria udah punya production house sendiri, nanti saya coba tanya nyokap deh ada email atau apa yg bisa dihubungi jadi temen2 disini bisa langsung kontak2 dengan mereka ok …. salam

    Jejakandromeda said :
    Terima kasih sudah mampir di blog saya, Salam buat Bu Anna Sambayon yah, sekalian ditunggu informasinya mengenai para dubber,khususnya pengisi suara Saur sepuh.
    Sering-sering mampir ya…..

  124. jon goodson said

    sampurasun, kisanak…
    maaf ki jejakaandromeda, sudilah kisanak mengirim saur sepuh episode awal sampai akhir..
    saya hanya ingin nostalgia denagn sandiwara radio ini..
    sy masih ingat waktu itu sy masih kelas 2 SD.
    tolong kirim ke email:
    jon.goodson@yahoo.co.id

    terimakasih atas kesediaannya.

    regards.

    Jejakandromeda :
    Rampes……. wah kalau episode awal sampai akhir sih saya juga masih nyari….tp…sekedar bernostalgia kalau saya sih lebih ke filmnya saja…. walau memang berbeda tapi lumayanlah….. film jadul dengan teknologi seadanya, tapi dulu fenomenal.. ditayang pas lebaran hehehe. Sering-sering mampir yah….

  125. sandhi utama said

    SAMPURASUN ………..MAS JEJAKANDROMEDA,dan SEMUANYA
    wah..wah..wah…lama gak ikutan ternyata blognya mas jejakandromeda ,naga-naganya bakalan tambah seru aja nih,sepertinya sudah ada titik terang,ttg saur sepuh dg “penampakan” mas khendy disini,,moga moga mas khendy mau ngajak bang ferry fadly dkk ikut nimbrung di blognya mas jejakandromeda nih…tul gak semuanya…???? JADI KITA YANG GILA GILA INI BISA KETEMU ORANG YANG BIKIN KITA GILA.
    …….MARI KITA MENGADU JIWA …………HEE YAAAAA……AJIAN SERAT JIWAAAAAA……

    jejakandromeda’s said :
    Betul Sekali tuh mas Sandhi, mudah-mudahan kita bisa setidaknya bersua dalam dunia maya dengan Brama Kumbara dan kawan-kawan. Dan yang lebih penting lagi nih, semoga ada yang mau menjembatani untuk bisa mendapatkan copian/rekaman sandiwara radio dari Kalbe Farma atau Sanggar Pratiwi meski hanya beberapa episode. Amien

  126. Raden Bentar said

    Waaahhhhh, seru juga tuh kalo Mas Ferry Fadly bisa ikutan nimbrung di blog ini.

    jejakandromeda’s said :
    Meski Ferry Fadly sudah punya Production house sendiri, semoga saja Beliau tidak lupa darimana berasal dan mau berbagi untuk mendapatkan Sandiwara Radio Saur sepuh.

  127. khendy said

    wah terima kasih nih di reply :D

    btw nyokap ku sekarang udah jadi nenek2 hehehe umur ya udah 50 an… nanti saya kirim fotonya deh yg terbaru ..dan maaf blom sempet nanya kelupaan terus nanya kontak2 om ferry … kalau ngga salah nyokap ngumpulin foto2 nanti saya cari deh dan di scan ..mudah2an bisa terrealisasi kan di putar lagi sandiwara radio..kalo soal nyokap saya ingetnya pas sandiwara radio “ibuku malang ibuku tersayang” nyokap ngisi suara mbak ety hehehe

    jejakandromeda’s said :
    Terima kasih balik sudah mengunjungi kembali. Wah ditunggu banget tuh foto-fotonya. Buruan dikirim yah… Ditunggu lho. Biar para penggemar Saur Sepuh juga tau. Thanks b4

  128. Maruli Siallagan said

    Hallo Mas Andromeda, saya dapat kabar bahwa sandiwara radio saur sepuh diproduksi ulang (pengisi suaranya masih sama dengan yang dulu spt Oom Ferry Fadly dll).Apa Mas Andromeda tahu apakah Saur Sepuh (Baru) sudah diputar di Radio ? Kalau sudah, diputar di Radio mana saja ya ? Oh iya Mas, mohon copy mp3 nya saur sepuh dong..Ini alamat e-mail nya : marulisiallagan@yahoo.com..Thanks ya..

    Jejakandromeda’s Said :
    Menurut informasi yang saya dapatkan, Serial Sandiwara Radio Saur Sepuh versi terbaru sudah di tayangkan di radio-radio di pulau Sumatera sejak Oktober lalu. menurut informasi, dari segi illustrasi musik juga berbeda dengan yang dulu. Saya sendiri belum pernah mendengarkan versi terbarunya. Kalau gak salah judulnya menjadi”………..’ Mas Wylie ayo lengkapi saya lupa judulnya.. hehehe . Walaupun masih ada saur sepuhnya.

  129. sandhi utama said

    sampurasun……semuanya
    ternyata masih ada juga ya foto bang ferry fadly& elly ermawatie nya.saya jadi inget dulu waktu masih kecil(kira2dari sd ke smp)juga sering koleksi foto2 bang ferry fadly di dagang stiker di emper emper toko,sampai sampai “tega-teganya” ikut ngirim bungkus procol & entrostop ke radio yg menyiarkan saur sepuh buat ditukar foto brama & mantili….sayang karena kurang telaten foto(stiker stiker) tsb entah kemana…
    so..bung willy kayaknya cocok jadi contributornya mas jejakandromeda …..tul gak mas andromeda….?????
    demi kita semua………………….car nge-gede-in fotonya gimana ya…?

    Jejakandromeda’s Said :

    Rampes Ki……. wah benar sekali tuh kalau inget masa-masa SD dulu, walau jadul tapi terasa keren aja hehe… minum prokol saja serasa keren. Bener lho ini pernah aku alamin, wah obatnya ganti prokol, keren bener rasanya… Kalau Dulu saya sempet punya foto Brama Kumbara & Mantili (Ferry Fadli & Elly Ermawati) dengan baju merah, keren banget. Tapi ya itu.. sekarang udah gak tau kemana….

    Kalau Soal Bung Willy, bener tuh, beliau juga banyak poster2 sandiwaranya….
    Kalau saya pribadi sih gak muluk-muluk, pengin punya kaset sandiwara radio saja yang banyak…. heheh buat di denger ulang., kalau ngedengerin Sandiwara radio di radionya ngeri gak sempet sih, soalnya sandiwara kan rata2 jam 3an atau paling enggak siang. Prime time ganti sinetron hehe

  130. sandhi utama said

    mas jejakandromeda………..
    saya sempat dengar sepotong seri pertamanya kalau gak salah diambil setting pada waktu rencana pembuatan pesanggrahan keramat (kalau gak salah judulnya saur sepuh “the legend”)
    ………….tapi rasa rasanya koq gak sama ya …sama saur sepuh kita yang dulu ..giman mas andromeda…?

    Jejakandromeda’s Said :

    Wah.. benar sekali judulnya jadi Saur Sepuh The Legend. Thanks udah mengingatkan. Yup memang menurut informasi yang saya dapatkan dari segi ilustrasi musik dan sebagainya itu berbeda dengan Saur Sepuh Versi dulu. Sehingga terasa gimanaaaa gitu. gak nge-gigit heheh

  131. tedi said

    mas jejakandromeda tolong kirimkan mp3 saur sepuhnya!! aku kangeeen skali dengan sandiwara radio ini hiks hiks hiks sekarang aku sedang bekerja di negeri barrack obama, dengan adanya sandiwara radio ini mungkin bisa menghilangkan rasa kangenku di Indonesia tolong beribu tolong harap kirim ke tediummi@yahoo.com terima kasih

    Jejakandromeda’s said :
    Wah salam yah buat Kang Barrack Obama, kali aja butuh staff ahli asal Indonesia (heheh) . Ok deh ditunggu saja yah emailnya, sering-sering mampir kesini…

  132. zainalilmi said

    Wah, mas saya kepingin juga dong rekaman sandiwara radio saur sepuhnya. Kirimin juga dong ke email ku. Atas kebaikan hatinya aku ucapkan terima kasih banget dan tak terhingga lho. Moga website mas tambah maju dan mendapat keberuntungan.

    Jejakandromeda’s Said :
    Amien…. semoga memang beruntung.. hehehe. Ditunggu mas emailnya.

  133. sandhi utama said

    sampurasun mas …andro….
    punya gak file saur sepuh the legend nya…???
    saya sih sempat denger seri pertamanya tapi gak bisa donlod.kalau ada tolong dong kirimin ke email ku..

  134. sandhi utama said

    saya berkata ,
    “sandiwara radio saur sepuh versi asli,tidak ada bandingannya baik oleh versi film maupun saur sepuh yg.baru itu…..imajinasi kita bebas tak terbatas ,menurut otak saya …saur sepuh ya….yang itu………dimana sebagian kenangan hidup masa kecil saya terpatri pada jamannya saur sepuh ini….pokoknya tak tergantikan lah…dong…sih…deh….
    tapi seperti kata pepatah orang sakit perut,..”tidak ada entrostop jambu batu pun jadi”…artinya gak dapet kaset sandiwara saur sepuh asli … versi apa pun yuuk marii”……………………..yang penting saur sepuh “merdeka”………ada yang setuju…????saya bertanya.

    Jejakandromeda’s Said :

    Kalau saya sih orang pertama yang paling setuju,karena suasana seperti dulu tidak akan pernah kembali lagi, Dan kita hanya bisa mengingatnya. Suasana dimana jaman dulu radio itu sangat sangat berharga. Gak semua orang lho punya radio. Bisa dibayangkan kan dengerin sandiwara radio kayak nonton bioskop saja ramai-ramai…. Taipi itu seru lho….
    Merdeka….

  135. yogisn said

    Dear mas,
    Boleh juga dong dikasih file nya saur sepuh nya. Ada berapa seri ya total nya, lupa.Dulu zaman SD jadi penggemar berat. Dan sekarang lagi kangen berat. Boleh dikirim ke yogisn@hotmail.com
    Ditunggu ya file audio nya, Thanks ya, beruntung sekali ni kalau dapat dengerin lagi

    Jejakandromeda’s Said :
    Ditunggu yah, meski filennya sedikit tapi lumayanlah buat ngobatin kangennya… sering-sering mampir yah..

  136. Wylie said

    Hallo semua penggemar SAUR SEPUH… Sampurasun

    Mas Jejakaandromeda,

    aku punya mp3 SAUR SEPUH The Legend seri 1 dan seri 2, tp kedua seri tsb blom menampilkan Brama, Mantili dan Lasmini.

    Inti ceritanya baru seputar niat Brama utk mendirikan sebuah pesanggrahan utk mengenang almarhum gurunya Kakek Astagina di Lembah Rayungan. Dibantu oleh Senopati Ringkin, tangan kanan kepercayaan Brama. Tapi msh ada pihak Kuntala yg berusaha menghalangi, spt : Gardika, Kandala dan Nyai Karti.

    tp SAUR SEPUH The Legend ini bener2 format baru… beda dgn SAUR SEPUH yg pernah ngetop thn 80-an dulu… tp asyik jg dengerinnya walau baru 2 seri, jd makin penasaran dgn seri2 selanjutnya.

    salam,
    Wylie

    Jejakandromeda’s Said

    Bung Willy, di email ke gw yah Saur Sepuh The Legendnya. Aku tunggu lho….. Thanks sebelumnya

  137. jazhiro said

    Salam,
    Pak Jejaka, Mp3 saur sepuh yang apa ya ? kalo satria madangkara saya sudah ada. Klo punya yang lain mohon saya dikirimi.. thanks.

  138. Wylie said

    Mas Jejakandromeda, file mp3 SAUR SEPUH The Legend seri 1 sizenya 34MB, sedangkan seri 2 sizenya 14MB, klo dikirim via email yahoo tdk bisa… dulu aku udh pernah coba, krn kapasitas utk email yahoo sekali kirim max hanya 10MB. Jd bgmn nih?

    Jejakandromeda’s said :
    Wah gede banget ya… ehm… gmn caranya ya…. Btw novel Misteri Gunung Merapi masih ada gak? aku minta di fotoin saja boleh gak rusak gpp bukunya hehe yang penting ada gambarnya… kalau novelnya kan emang udah gak ada..

  139. kumbara said

    sampurasun….

    Mas jejaka…
    Punya versi VCD atau DVD nya ngga dari 1 sampai 5…
    saya ingin banget nih nontonnya lagi…karena inget jaman dulu waktu nonton film ini di bioskop ama ortu sampai antri berjam jam….ckckckc….hebat betul tuh film,ampe ngalahian semuanya deh…kalo ada tolong ya mas …mau kangen kangenan nih ama brama…Ciaatttttttt

    terima kasih

    Jejakandromeda’s Said:
    Rampes……..Salam Kenal broo.. untuk filmnya dari saur Sepuh I s/d Saur Sepuh V saya punya. Ya terus terang saja memang film ini mungkin film yang paling banyak saya tonton dibanding-film-film lainnya. Emang seru dan serasa masih bisa mengenang jaman-jaman kecil dulu ………Sering mampir yah…….

  140. sandhi utama said

    SAMPURASUN semuanya…………
    Mas Wylie..gimana kalau file saur sepuh nya dikumpulin dulu ntar kalau sudah mencukupi
    ,dicopy dalam satu cd..trus kita kita disini (termasuk saya tentunya) ,bakalan mohon mas wylie buat kirim cdnya ke teman2 yg berminat …tentunya dengan ganti ongkos cd+copynya + ongkos kirim ……gimana…mas ??????? SAYA RASA INI GAK ILEGAL KAN.???…..kan untuk kepentingan intern di forum ini aja …ya gak….mas ANDROMEDA..???

  141. puspo satrio said

    salam kenal mas jejakandromeda…
    saya juga penggemar saur sepuh..dulu waktu jaman sd.jd inget masa- masa itu.apalagi kalo hari minggu.kita udah siap menanti di depan radio untuk mendengarkan pemutaran 7 seri berturut-turut.hehe…
    minta tolong dikirim ya mas.thx before

    Jejakandromeda’s said :
    Salam kenal balik mas puspo. Yup memang benar sekali Saur Sepuh serasa sudah melekat didalam ingatan.. jadi masa-masa dulu dimana radio masih jadi barang mewah merupakan hiburan rakyat yang murah. Saur Sepuh adalah sebuah fenomena, jadi rugi banget bagi yang gak tau saur sepuh.. hehehe. Kalau anak sekarang taunya sinetron barangkali yah….

  142. ARIF RUSDIANA said

    MAS…..SALAM SEJAHTERA SEMUANYA, KAMI SALAH SATU PENGGEMAR FILM SAUR SEPUH….SUDAH KEMANA-MAMA KAMI NYARI CD NYA TAPI SELALU GAK NEMU, KAMI MOHON DISEDIAIN, ATAU DI COPY, TAR KAMI SEDIAIN BERAPA ONGKOSNYA…….

    ARIF RUSDIANA, KP. SUKASENANG NO. 153 RT. 04/09 KEL. CIGUGUR TENGAH KEC. CIMAHI TENGAH KOTA CIMAHI – JABAR
    TLP : 081322900xxx

    Jejakandromeda’s said :
    Salam Kenal pak Rusdi. Film Saur Sepuh memang sudah sulit untuk didapatkan. Tapi nanti saya usahakan untuk cari yang VCD Originalnya. Seandainya gak dapet nanti saya bantu untuk dicopy.
    Ditunggu yah..

    Sering-sering mampir kesini.
    Mohon maaf no. Hpnya saya sensor untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan…nanti kalau sudah dapat saya kabarin Bp via hp.

  143. ARIF RUSDIANA said

    Mas Jejakaandromeda, sekali lagi kami mohon……gimana caranya kami dapat CD nya dari Saur Sepuh 1 s/d 5…..atau paling tidak, tolong putarin lagi serial tersebut di salah satu saluran TV. Mas….CD tersebut berapapun akan kami beli…. teri masih

    Jejakandromeda’s said :
    Ditunggu kabarnya Kang… mudah-mudahan abi dapet filmnya. Kalau enggak abi copiin filmna.. nuhun….

  144. jojo said

    q jg sk bget tu ma crita ini……………..
    tolong dunk…ceritanya d pnjagin lg………………………………okeeeeeeeeeeeee

  145. ARIF RUSDIANA said

    Mas….salam sejahtera to semuanya….
    Gimana untk CD saur sepuhnya dah dapat lum? saya sangat menunggu sekali. oya saya minta nomor HP biar bisa langsung……thank. nomor saya masih ada kan?

    Jejakandromeda’s said : Saya sudah coba cari di glodok hari Minggu kemarin tapi gak ada satupun yang jual. Ya seperti janji saya, nanti saya coba copikan. Hpmu masih ada disaya. wkt itu kan pernah aku kirim message. Cek lagi yah.

  146. nicky said

    saya dah lama nyari file mp 3 saur sepuh namun tak ketemu ketemu sampai sekarang. tolong dong saya rindu berat ingin denger lagi.saya penggemar berat.saya hanya punya vcd nya 1 sd 5. kalau mas bisa bantu saya aduh terima kasih banget…….saya tunggu ya….

  147. farrel said

    tolong dong aku penggemar berat saur sepuh….sampai sekarang belum dapat file mp 3 nya. aku rindu berat ingin bernostalgia dengerin lagi…….

  148. erik said

    boleh request saur sepuhnya
    ke
    erikgarink@yahoo.com
    susah banget carinya di google ga ketemu ketemu
    makasih

  149. sandhi utama said

    ada yang rekam saur sepuh di zona 80 metro tv gak..??

    jejakandromeda’s Said :
    Ayo …… ada yang bisa membantu gak?

  150. heru jogja said

    Waah, mas saya kepingin juga dong rekaman mp3 sandiwara radio saur sepuhnya. Kirimin juga dong ke email ku..fedayeen_1980@yahoo.com, Atas kebaikan hatinya aku ucapkan terima kasih banget

    Jejakandromeda’s Said :
    Terima kasih sudah ikut meramaikan blog ini. Semoga bermanfaat. Sering-sering mampir yah…

  151. heru jogja said

    email fedayeen_1980@yahoo.com

  152. Abdul Azis said

    Buat mas jejakandromeda, boleh ikutan kan mas, kirimin gue juga file saur sepuhnya…
    matur nembah nuwun sederengipun…
    surat77@gmail.com

  153. sandhi utama said

    WAHAI RAKYATKU…MADANGKARA..YANG ADA DI METRO TV..AKU BRAMA KUMBARA MENGUCAPKAN…SAMPURASUN
    ….penonton menjawab: ….RAMPES……….
    begitu kurang lebih ferry fadli menyapa penonton zona 80

    katanya saur sepuh the legend (yang baru) dengan pemain yang sama seperti dulu juga sutradaranya tetap indra mahendra ….sudah diproduksi 180 seri ,baru tayang di padang dan di jogja…
    buat rekan rekan yang kebetulan berdomisili di daerah itu,yang kebetulan ada di sini ,ayo..share sama kita kita dong !!!
    NB : naratornya asdi suastra (narator tutur tinular), bukan lagi maria oentoe…….

  154. sandhi utama said

    saya sempat rekam zonz 80″saur sepuh” cuma antena tv (pakai tuner komputer) lagi jelek jadi kualitas rekamannya jelek banget

  155. Eko.Y said

    Sampurasun….

    Mas Andromeda, seneng nih ada blog ini….cuma saya coba search untuk file cerita saur sepuh ini..ngak ada ya…bgm ya supaya saya bisa dapat file/cerita ini dalam bentuk MP3, seneng juga biar bisa bagi cerita sama anak2…saya denger cerita ini saat SMA, wah kalau sdh waktunya, saya dan teman2 pasti nongkrong di depan radio. kalau boleh bagi2 file nya mas…. trims ya

    Jejakandromeda’s said :
    Rampes.. pak eko. sering-sering mampir ke sini yah…

  156. Eko.Y said

    email : eko_7ul@yahoo.co.id

  157. Eko.Y said

    Mas Toto,

    Trims ya atas file nya….baru coba sedikit sih episode 1,….kalau masih punya lagi..kirim2 lagi…trims berat…

  158. Imam said

    film saur sepuhnya dah nyampe mas. matur tengkyu..
    salam dari NTT.

    Jejakandromeda’s said : Sama-sama mas Imam. Tp pstinya belom sempet liat ya soalnya dikirim via karanganyar.. atau memang tiap minggu pulang ke Karanganyar?

  159. abisima said

    kepada sesiapa saja yang punya mp3 saur sepuh seri 3 ila akhirihi tolong saya dikasih dong…. terus maharnya berapa? oh iya untuk seri 1 & 2 kebetulan saya dah punya bagi yang mau silahkan email ke abisima@gmail.com insya Allah Tak kirim….

    Jejakandromeda’s said : Pastinya banyak yang berminat. Ayo silakan yang berminat langsung hubungi saja ke mas abi di email tersebut.

  160. Mulyono said

    mas jejakandromeda tolong kirimkan mp3 saur sepuhnya yang lengkap mulai dari episode (darah biru) sampai (banjir darah di bubat)!! aku kangen dengan sandiwara radio tsb, saya pengin mencoba mengingat masa lalu yg indah. Tolong ya mas kirim ke emailku anekategal@yahoo.com. Trims sebelumnya, mas cakep dech.

    Jejakandromeda’s said : Matur nuwun sanjungannya. wah kalau ada pastinya dikirim kok mas Mul. Sering-sering mampir saja kesini yah.

  161. Katon said

    Sampuraaasun..Mas Jejakandromeda aku seneng banget ada forum yang ngupas saur sepuh. Karena ini adalah masa-masa indah tahun 80-an dulu. kalo gak keberatan saya ikutan minta dikirimi file sandiwara radionya dong. tolong ya mas.
    tolong kirim aja ke tahananapineraka@yahoo.com

    terima kasih ya mas

  162. kunderemp said

    Waaah… ada versi sandiwara radionya yah?
    Mau dongg….

    e-mailku kunderemp [at] gmail titik com.

    Aku dulu cuma nonton Saur Sepuh 1, 3, 5
    trus pernah dengar kasetnya, tapi aku gak tahu apakah itu dari sandiwara radio atau dari bioskop, tetapi ada iklan Kalbe di sela-selanya.

    Trus paling nonton versi George Rudy (yang berantemnya terlalu lambat.. hiks hiks).. Abis itu nonton versi Genta Buana Pitaloka yang lebih bagus dari versi George Rudy tetapi ceritanya menyimpang habis..

  163. Raden Bentar said

    Wah boleh juga tuch mas abi, aku mau donk MP3 saur sepuh 2nya. kirim ke a_muhtarefendi@yahoo.com atau ppjkt@indosat.net.id thank sebelumnya.

  164. Agung said

    Mass – Mass Yang Bisa menolong….saya bisa minta Tolong…
    saya… lagi mencari Sandiwara Radio… Saur Sepuh…Part 1 s/d part terakhir .Jika Ada yang punya…. Atau tempat Menjualnya…Baik Versi Radio Ataupun Versi Film nya…. Atau Diantara Mas2 ini Ada yang mau ngirimi ke Email ku Terimakasih….

  165. Agung said

    Sekali lagi terima kasih… ini emailku… sw4nts@gmail.com

  166. Taofik said

    Weh ternyata ada yg kolek si ini sandiwara jam aku SD, boleh dong minta yg versi radionya dari awal samape akhir kalo ada, saya kangen sama musik instrumen nya udah nyari dimana2 nga nemu nih :D
    kalo ada yg berkenan memberi email ke kenarok_2001[at]yahoo.com

  167. jay said

    bang, minta tlong :
    – klo ada film nya tlong kirim ke email aq
    – klo gak ada kasih tau download dimana..?
    thanx……..

    Jejakandromeda’s said :
    Film saur sepuh saya sih punya semua. Tapi untuk film saur sepuh coba download di Youtube, setau saya banyak yang upload kok disana. Saur sepuh IV saya belum sempet upload semua. tp cari saja di Youtube barangkali sudah ada. Nanti yang mau saya kirim via email saur sepuh 4, adegan ‘garnis bertemu dengan Bentar’ untuk pertama kalinya setelah terpisah, disitu bagus banget. Untuk yang lainnya silahkan download di Youtube saja.

  168. edytom said

    Mas… aku dibagi mp3nya ya.. dah kangen banget nih ma saur sepuh… cari2 ga dapet…thanxsssss banget..

  169. ismail said

    Mas aku juga pengen dibagi dong mp3-nya….thanks berat

  170. Abdul Syukur said

    Mas aku penggemar setia sandiwara saur sepuh, aku pengen banget koleksi audionya (CD atau Kasetnya), gimana caranya aku dapat, dan persyaratan apa yang aku harus penuhisehingga aku mendapatkannya?

    thanks
    salam

    Jejakandromeda’s said :
    Disini kita saling berbagi, saling share sesama penggemar saur sepuh, jadi sebenarnya tidak ada persyaratan apapun. Siapa yang punya koleksi ya kita bagi bersama. Audionya memang susah didapatkan, karena itu diputar sudah lama sekali.

  171. dedy said

    mas tolong kirimin file mp3 saur sepuh versi radio kalau ada dari awal seri sampai akhir serial.terima kasih.please aku tunggu ya.

  172. leonard said

    wah2 akhirnya dapat juga tempat buat nyari file saur sepuh…
    siapa saja, yang sudah dapat ataupun moderator, tolong, please, help me..
    sirnakanlah rasa rindu yang sudah mendalam di hati ini..

    caranya gampang :)), kirim aja file saur sepuh yang anda miliki ke email saya leo_nih@yahoo.com
    siapa saja.. tolong ya..
    saya ucapkan banyak2 terima kasih kepada anda sekalian
    (saya sudah mencari tentang ini selama 2 minggu di internet, maklum mas, agak2 gaptek, hehe)
    saya tunggu ya.. pleaseeeeeee.

    Jejakandromeda’s said :
    Ayo siapa yang mau berpartisipasi dengan mas/mbak leo…..kirim langsung ke email tersebut.

  173. leonard said

    hiks…
    kok ga ada yang ngirim ya???
    apa saya harus cari di tempat lain lagi??
    yang ini aja dapatnya udah susah payah :(
    bang andromeda… ayo bagi donk..
    sekedar buat pelipur rindu aja juga nggak apa2 kok..
    seadanya aja..
    maksudnya semuanya ada gitu :)
    Thx

  174. dedy said

    mas andromeda katanya mau kasih file mp3 saur sepuh kok tak tunggu gak ada juga.sekedar mengingatkan emailku denur21@yahoo.co.id. tak tunggu yo mas matur suwun.

  175. leonard said

    makasih ya mas arjuna atas mp3 nya..
    sekarang tinggal cari file videonya :)
    Thx

  176. herlindo said

    halo mas, salam kenal…
    aku minta filenya sandiwara radio Saur Sepuh dlm format mp3. aku kangen berat nih sm ajian serat jiwa…klo bisa kirim ke adnanherni@gmail.com
    Thx bgt nih mau bernostalgia mas…sukses sll

    Jejakandromeda’s said :
    Salam kenal balik mas….nih ku kirim saja ajian serat jiwanya ciaaaaaaaaaaaaaaaat heheh…..
    ditunggu saja..

  177. Herlindo said

    hehehe…aku tunggu mas ya…ciiaaaaatttt, kangen sama ajian tatar bayuuuuu

  178. yusufmuhammad said

    Ada yang ingat HANNA PERTIWI? kemana ya.. dah lama tidak ada kabar. Kalau ga salah dia jadi bintangnya Drama Radio selain Elly posisi Elly yang biasa dipasangkan dengan Ferry fadli.

  179. dani said

    tolong kirimkan saur sepuh versi radionya dong!format mp3 yang gampang dibuka n ukuran besar

  180. jogz said

    Mas……
    minta juga dunk file mp3 nya…
    andaikan blog ini ketemu kemaren2…

    mengenang masa maseh SD neh..
    tiap page dengerin radio bareng nenek dan kakek di dapur..
    nostalgia banget neh.

    minta dikirim ya bos : bo_jogz@yahoo.com
    tararengkyu..

    Jejakandromeda’s said :
    Sandiwaranya dulu pagi ya… tiap radio beda sih… kalo aku biasanya dengerin sore jam setengah 4an

  181. Erwin said

    Mas saya mau dong di kirimin file MP3 Sandiwara radio Saur Sepuhnya.
    Thx ya

  182. dombrenk said

    Ayo mas bikin group di FB soal Saur Sepuh

  183. Helena said

    Mas jejakakandromeda salam kenal…
    saya mau juga dikirim mp3nya saursepuh
    maturnuwun

    Jejakandromeda’s said :
    Maturnuwun balik mbak helen..

  184. karni said

    Mas jejakakandromeda, saya baru menemukan blognya mas…saya dan keluarga ngefans banget ama serial saur sepuh mohon dikirim ya mas, please….maturnuwun

    Jejakandromeda’s said :
    Iya mbak, tunggu yah….

  185. david said

    mau dong bos dibagi file’nya jg, sandiwara apa aja deh, dengan senang hati saya akan menerima… saya penggemar berat drama radio era 80-an nih.
    tenan yo mas ojo lali tolong kirim saya file’nya ke cendata_comp@yahoo.co.id

  186. A Muhtar E said

    Waduuuh, lam juga aku tak komentar di blog’s mas Jejek Andromeda. Apa kabar mas? Terus soal sandiwara tercinta saur sepuh ini diproduksi ulang, apa bisa kita usulkan untuk diputar di Jakarta ya????

    Jejakandromeda’s said :
    Kabare apik mas Agus, Tentant Saur Sepuh The Legend, kalau saya dengerin sih sebenarnya tidak bisa menggantikan Saur Sepuh jaman dulu, selain eranya sudah beda, jalan ceritanya kan emang beda juga. Ini sih sesuatu yang baru, bukan hanya sekedar bernostalgia. Tapi tetaplah bisa dipertimbangkan untuk diputar di daerah jakarta. Hanya saja di radio mana yang mau ya hehehe……

  187. A Muhtar E said

    Oh iya tuh ada yang usul bagaimana kalau penggila SAUR SEPUH ini kita bikin group di FACEBOOK, makin seru kali…..

  188. wayon said

    Mas sy mau file saur sepuh nya donk thank`s dan salam perkenalan dari saya

    jejakandormeda’s said :
    Salam kenal balik mas wayon. File saur sepuhnya ada sih dikit tp gede banget filenya, belom sempet di potong2 jdi kalau ke email gak bisa masuk mas….

  189. wayon said

    Mas tolong kirim mp3 saur sepuh thank`s

  190. A Muhtar E said

    Wah, kalo gitu mas Arjuna sudah punya dong bentuk MP3 Saur Sepuh the legend? boleh dong kirim ke aku ya!!!….

  191. adi said

    kalo ada gimana si sejarah kerajaan Madangkara benar2 ada atau gak?

    jangan lupa kerajaan mawapati…
    karena saya meras kerajaan tersebut benar2 ada jadi tolong kasih infonya….

    Hampir setiap saya menonton film kolosal saya seperti ingat satu tempat dan kejadian yang pernah saya alami…

    Jejakandromeda’s said :
    Setau saya sih Kerajaan Madangkara, Kuntala yang ada di saur sepuh hanya sekedar fiksi saja. Karena sejauh ini dari beberapa yagn pernah saya baca, palingan bercerita tentang Majapahit, Sriwijaya, Sunda Galuh, tp untuk madangkara sendiri belum..

    Wah kalau saudara Adi sering bermimpi tentang kejadian yang pernah dialami, mengingatkan saya akan Novel Candi Murca-nya Langit Kresna Hariadi yang menceritakan Parahiswara yang hidup dijaman sekarang sebagai jelmaan dengan Parameswara tokoh yang hidup di jaman Ken Arok..

    Atau jangan-jangan saudara titisan dari tokoh di kerajaan tersebut?

  192. A Muhtar E said

    Waduh….tebak-tebakan titisan ya…??? mendingan simak nih aku punya informasi penting buat teman-teman, adik-adik, dan saudara-saudara sekalian kalo ada yang mau kuliah ada sebuah universitas yang biayanya murah meriah tapi tidak murahan, fasilitas laboratorium lengkap, gedung kampus milik sendiri. Siapa yang berminat bisa lewat saya. Informasi lebih lengkap ada di http://www.unundra.ac.id

    Sori kalau sedikit berpromosi….

  193. A Muhtar E said

    sori ralat http://www.unindra.ac.id

  194. nazar said

    salam kenal buat mas,jejakandromeda’s, aku baru menemukan alamat mas yang penuh dengan pilm kulosal ok banget mas tapi,kok aku penasaran sama “titisan darah biru” kok ga’ ada lanjutannya,makasih…

    Jejakandromeda’s said :
    Salam Kenal balik Nazar, Titisan Darah Biru yang mana yang gak ada lanjutannya? yang id youtube ya? hehe iya belom sempet nge-cut lagi nih. Nanti deh aku ulang dari awal hingga akhir sehingga menjadi kesatuan film yang utuh.

  195. dui said

    Aduh hebat, bisa ber Brama Kumbara nih. Jejakandromeda hebat hebat, makasih sebelumnya. Bang Jaka ada file apa aja soal SAUR SEPUH. Kalo minta biar semuanya bisa sampe ke aku gimana caranya. Terus Dimana bisa menikmati saur sepuh (versi apa aja). FANs berat Ni mas. Makasih Maju terus SAUR SEPUH nya

    Jejakandromeda’s said :
    Salam kenal Penyair Kamar. Kalau untuk file sandiwara radio, biar dikit bisa dikirim via email. Untuk film, di youtube juga banyak yang upload meski dengan kualitas seadanya. Kalau aku sendiri sih film punya lengkap.

  196. adeck said

    hiaaaaat……
    set…set…
    Sampurasun…….numpang tanya kisanak,apa masih ada tuh file sandiwara radio Saur Sepuhnya…??
    Kalo masih ada tolong dong dirim ke email saya…
    Terimakasih.

    Jejakandromeda’s said :
    Ciaaaaaaaaaaaaaaaaat…… bedebah…!!! heheh salam saur sepuh

  197. dui said

    Ok. aku dah liat yang di youtube. file radionya kirim donk!! Terus kalo ke sanggar prativi atau ke perusahaan rekaman mungkin ke radio yg dulu nyiar SAUR SEPUH, ada kali ye..

  198. sampurasun..
    halo kisanak..
    dulu saya sempet punya kaset sandiwara saursepuh komplit..tapi hilang waktu pindahan rumah…jadi suedih bgt !
    untunglah saya menemukan situs inii…lega bercampur deg2an..

    buat om jejakandormeda dan yang punya file drama radio saur sepuh, boleh dung saya minta kiriman filenya. Plsss….saya tunggu yak…

    salam sandiwara radio.

    *kangen mantili dan lasmini*

  199. Abdul Syukur said

    Saya juga penggemarnya, senang rasanya jika ada yang berkenan mengirimkan kesaya serial sandiwara saur sepuh tersebut yang berbentuk MP-3 ke email saya,

  200. Priez said

    Saya juda penggemar Saur Sepuh… dari dulu q berusaha cari audio e sandiwara tersebut.. tolong saya untuk mendapatkannya… bagiamana caranya?

  201. Abi Zahra said

    Sampurasun….
    Apa kabarnya nih mas Andromeda, hampir saja saya kelupaan salah satu karya anak bangsa yang sangat terkenal itu, ceritanya waktu cuti pulang ke Jawa setelah sekian lama di rantau ketemulah dengan teman maen waktu masih kecil dulu, eh sampai juga ngobrolin tentang sandiwara radio yang sangat popoler “SAUR SEPUH”, “TUTUR TINULAR”, “MISTERI GUNUNG MERAPI”‘ “BABAD TANAH LELUHUR” wes… Pokoke kuangen tuh ama cerita-cerita itu… langsung cari di internet dapet juga Blognya bang Andromeda… malu juga ternyata udah banyak fans yang ngumpul nih… he,he,he
    biar pulang kampungku lengkap boleh donk bang, minta tolong saya juga dikirimi file-file MP3 sandiwara radio dimaksud, terima kasih saya haturkan sebelumnya.

    Kami tunggu ya bang. salam Rajawali….

    Jejakandromeda’s said :
    Rampes Bung Abi. Memang untuk ngomongin saur sepuh tidak ada habisnya. dimasa kejayaannya sandiwara radio yang merajai adalah Saur Sepuh dengan Procold dan Entrostopnya disusul kemudian Tutur Tinular dengan Mixadinnya, Misteri dari Gunung Merapi dengan Mixagrip, dan Babad Tanah Leluhur masih dengan PT. Kalbe Farmanya.

  202. azhar said

    saur sepuh memang ampuh, bisa menghipnotis semua orang, jika bisa mendapatkan kasetnya seperti ikut mesin waktu lagi..mas tolong file winrarnya donk. aku juga pengen nostalgia ke masa lalu..

  203. ikhsan said

    Mas, aku juga dulu pecinta sandiwara radio : Saur sepuh, Tutur Tinular, Misteri gunung Merapi, juga cerita drama Ibuku Sayang Ibuku Malang (IMIT), sampai cerita di RRI, Butir-butir pasir Dilaut. Begitu juga cerita anak : Mario Heli, Pinokio, Patung Tunggara, dan sebagainya.

    Rasanya pingin dengar sandiwara radio lagi seperti dulu.

    Kalau gitu tolong kirim mp3 nya kemail aku ya “Saur Sepuh” , pingin sekedar nostalgia.

  204. Surya Winata said

    Wow…bernostalgia ma sandiwara radio 80’an boleh neh…Jdee ingat waktu SD mau berangkat sekolah pagi2 bapak’q n ibu’q selalu dengerin sandiwara radio …begitu pulang sekolah nenek dirumah juga selalu dengerin sandiwara radio…Bahkan bapak’q waktu jemput kesekolah juga ampe bawa radio kecil supaya ndak ampe ketinggalan cerita hua..ha..ha..Mas boleh dunk aq dikirimin juga MP3 nya sandiwara radio Saur Sepuh , Tutur Tinular n Ibuku Malang Ibuku Sayang pengen bangeeeet bernostalgia lageee…Tolong yach…terima kasih sebelumnya
    Btw …Aq juga penasaran siapa yach nama pacar’na Baskoro tokoh di Sandiwara Radio Ibuku Malang Ibuku Sayang ) Kalo ndak salah dicerita itu dikisahkan dia mengidap leukimia dan akhir’na meninggal )…Sekali lgeee terima kasih

  205. Yudi said

    Mas, kalau boleh tahu, yang dipakai sebagai sountrack sandiwara radio Saur sepuh itu, lagunya siapa ya ??? Terima Kasih

    Jejakandromeda’s said :
    Saur Sepuh yang mana? Saur Sepuh The Legend ya.. yang baru itu…. Kalau Saur Sepuh lama, ada sih albumnya Elly Ermawati judulnya mantili bernyanyi.

  206. enjang kusnaedi said

    mas jejak saya juga mau dong mp3 nay saur sepuh, makasih yah sebelumnya

  207. nairav said

    mas boleh minta file mp3 saur sepuh, dah lengkapkan mas. Thank’s… Ditunggu ya, tapi gak pakai lama

  208. doni sandjoyo said

    hi mas andro….aku jg penggemar berat sandiwara radio….mau dong dibagi-bagi mp3nya saur sepuh n tutur tinular kl ada…..tq bgt sblnya

  209. Pundirama said

    Sampurasun para Mania Saur Sepuh.
    Mohon di share dong yg punya file mp3 sandiwara ini. Jadi kita bisa saling bernostalgia.
    Masih ingat rasanya waktu SD jam 1 siang pasti langsung didepan Radio utk menunggu Brama hehehe.

    Tolong di email ya ke :
    pundirama@gmail.com

    Nanti coba saya upload and saya share di website biar semua dapat.

    Thanks

    Jejakandromeda’s said :
    Salam buat pundirama, mudah2an bisa saling share sandiwara radio saur sepuh yang jaya di udara di era 80an

  210. Giriandala said

    Dulu waktu saya nonton filmnya saya masih kecil,dan saya sangat menikmati film tersebut.rasanya pengen sekali menonton dan mengoleksi filmnya kembali,mudah2an saya bisa dibantu dimana saya bisa mendapatkan film tersebut???mksh…

    Jejakandromeda’s said :
    Terima kasih sudah berkunjung disini. untuk filmnya mungkin masih bisa di cari yang originalnya, bahkan saya pernah liat bajakannya hehe. tp jangan pernah beli yang bajakan deh…. karena originalnya juga murah kok.

  211. kardika said

    sampurasun……….
    salam kenal mas. saya penggemar berat serial saur sepuh.
    kalau boleh, saya juga dikirimi mp3 nya dong.
    tolong dikirim ke dhiexid@yahoo.com

    thanks

    Jejakandromeda’s said :
    Rampes………..terima kasih sudah berkunjung…

  212. sandhi utama said

    wah wah wah…
    sampurasun kisanak semuaanya…
    mas jejakandromeda…apa kabar
    kalau kisanak punya akses ke pt.kalbe farma atau ke salah satu pemain sandiwara saur sepuh misal mas ferry atau
    mbak elly siapa tau mereka masih nyimpen kasetnya ,kan lumayan jadi obat rindu kita kita di sini.
    oh..ya mas punya gak file saur sepuh the legend ?

    Jejakandromeda’s said :
    Rampes mas Sandhi…….. Kabar disini baik? gmn kawasan Kuta dan sekitarnya? mudah-mudahan tetap aman terkendali heheh.

  213. Bunga raya said

    dmn ya bos download flmnya?

    Jejakandromeda’s said :
    Di youtube ada tuh yang upload. coba aja di download, tp pastinya hasilnya gak memuaskan..

  214. cheung2000 said

    jejaka ini dapat satria madangkara darimana ya ? apa dari kotarominami.multiply.com ?
    heheheeh

    bagi yang belum punya bisa diambil disini

    http://kotarominami.multiply.com/music/item/23/Saur_Sepuh_Episode_Satria_Madangkara_bagian_1

    http://kotarominami.multiply.com/music/item/25/Saur_Sepuh_Episode_Satria_Madangkara_bagian_2

    http://kotarominami.multiply.com/music/item/29/Saur_Sepuh_Episode_Satria_Madangkara_bagian_3

    http://kotarominami.multiply.com/music/item/31/Saur_Sepuh_Episode_Satria_Madangkara_bagian_4_Final

    btw baru dapat lagi nih 50-an Kaset
    Saur Sepuh Pesanggarahan Keramat
    Saur Sepuh Darah Putera Sanggam

    hehe Produksi Haravana Recording
    intact sama iklannya segala :)

    Jejakandromeda’s said :
    Wah boleh juga tuh bung kasetnya… Sekalian nih buat penggemar yang lain informasinya. silahkan di unduh

  215. rosanita said

    mas…bisa gak tlh kirim flm saur sepuhnya ke email sy rosa_elka@yahoo.com???ato ada teman2 yang mau bantu ???kakak ipar di kampung saya nge fans baget dengan saur sepuh.trim …

    Jejakandromeda’s said :
    Silahkan download dari Youtube mbak nita…

  216. dani said

    saya dah punya mp3 satria madangkara.mas jejakandromeda sudilah kirimkan saur sepuh mp3 judul yang lain,saya pengen saur sepuh yg spt d radio dulu krn yg satria madangkara critanya sama persis dgn filmnya plus pembawa acara ibu Maria oentu.trima kasih skali atas bantuan mas jejakandromeda.perlu diketaui saya kurang begitu padai komputer/iternet saya minta bantuanya.

    Jejakandromeda’s said :
    nanti kalau dapet lagi pak…ditunggu saja.

  217. sandhi utama said

    AMIN.. mas Andro
    wow ada kasetnya …..???ini yang paling saya tunggu2
    bung cheung 2000 boleh dong diconvert ke mp3 trus bisa dibagi bagi ama kita2 di sini… “dibisniskan” juga boleh..

  218. candra said

    sampurasun,saya juga penggemar sandiwara radio saur sepuh,dan saya berniat mengkoleksi semua kasetnya,saya kangen dengan suara brama,mantili dan lain lain,terutama pada saat episode satria madangkara versi asli ( bukan film layar lebar ),juga suara burung rajawali,kakek astagina.saya jg kangen dengan pertarungan mantili memperebutkan pedang perak saat itu saya masih berumur sekitar 10 tahunan,kalau ada yang punya share ya,saya bener-bener kangen.terima kasih

    Jejakandromeda’s said :
    Rampess Ki Sanak…..silahkan mengoleksi Saur Sepuh dan berbagi dengan kami……..

  219. rizky said

    Mas saya pingin sekali mempunyai rekaman sandiwara radio yang lama bisa gak aku dapat kopiannya secara gratis sebab aku ngefan dan suka banget sama sandiwara saur sepuh.terima kasih

  220. dani said

    mas saya dah dengar saur sepuh satria madangkara.ceritanya tidak sperti di radio dulu,kayak sinopsisnya kan?Ada judul lainnya mas?saya pengen dengerin?di radio dulu kok bisa sedemikian bagusnya ya?saya pingin dengar lagi,bantu saya mas kirim ke e-mail.trimakasih atas bantuannya.

  221. adi said

    salam sejahtera untuk semua.
    Maaf untuk semua yang punya mp3 sandiwara saur sepuh, saya mohon tolong saya juga dibagi ya. saya juga kangen mau dengar kembali sandiwara itu.

  222. Fauzie said

    Mas minta file mp3 saur sepuhnya dong, kangen nih ngedenger suara kakang brama dan mantili… makasih ya..
    salam kenal..

    Fauzie

    Jejakandromeda’s said ;
    ciaaaaaaaaaaaaa.tttt hehehe……..

  223. amin said

    Saya juga penggemar berat nih… tolong kirim file sandiwara saur sepuhnya ya.. makasih

  224. Tan said

    Duahsyaaaaaaatttttttttt! Keren…. Ternyata penggemar Saur Sepuh masih begini banyaknya… Kenangan masa kecil, sayang pada episode-episode awal saya belum ikut mendengarkan.

    Boleh donk minta sharingnya mp3, pokoke ‘asal masih bisa didengar’ tidak apa-apalah. Syukur-syukur kalau ada yang episode-episode awal.

    pa2tan@yahoo.co.id

    Terimakasih untuk bantuannya!

  225. feri setiawan said

    sampurasuuuunnn…
    ciaaatttt…hiya hiya….
    mas minta file mp3-nya saur sepuh dong..yg asli sandiwara radionya kan ?..bukan versi film-nya yg di siarkan radio..
    cciiaaattt….

  226. Rachmat said

    mas, saya juga pesen file sandiwara radionya, klo ada sekalian Misteri gunung Merapi

  227. babehica said

    Bagi yang hidup di masa jaya Saur Sepuh, tentu pasti mengenang asyiknya menikmati sandiwara di radio itu, seolah-olah beneran.
    Mas, tolong kirim file mp3 saur sepuh ke email saya ya, buat pengobat rindu masa lalu.
    trims

    Jejakandromeda’s said :
    Terima kasih Pak sudah berkunjung kesini…..kita saling share file kok sesama penggemar saur sepuh…….

  228. MAS WIDI said

    Mas, boleh dong Mp3 saur sepuh dikirim ke saya.
    btw saya terus terang terlambat buka blog nya. jadi baru tahu, tapi memang masa dulu itu indah untuk dikenang…
    sebelumnya makasih yo mas…
    ditunggu…salam kenal

    Jejakandromeda’s said :
    Salam kenal balik mas Widi, Saur Sepuh itu identik dengan PT Kalbe Farma, Identik pula dengan Brama Kumbara……salam kenal balik.

  229. imam_doni said

    Sampurasun semua…Mas Jejakaandromeda..saya penggemar berat sandiwara radio saur sepuh..tolong donk dikirim ke email saya…kangen berat neh pengen denger lagi …

  230. Kijara said

    Sampurasun ..KangMas Jejakaandromeda..
    Saya kijara ahli aji waringin sungsang level 9, pengeeeeeen banget dikirimin file nya ke emailku ya
    pleaseee…penggemar berat nih

    indra_permana_76@yahoo.co.id

    Makasih Mas..
    Ciaaattt….

    Jejakandromeda’s said ;
    Ciaaaaaaaaaat…….waringin sungsang… terimalah ajian cipta dewa………zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

  231. zam-zam said

    sampurasuun…..mas jejaka,perkenalkan,saya Abie.saya adalah salah satu penggemar berat serial sandiwara radio saur sepuh.sdh sejak lama saya pengen sekali mendapat file versi radio tsb.kalau bisa dari awal sampai akhir,gimana dan di mana ya mas saya bisa mendapatkan nya?mohon info nya.trims..

    Jejakandromeda’s said :
    salam kenal balik pak Abie…. ok nanti saya email dimana bp bisa dapetin. Di surabaya ada yang jualan, nanti alamat saya kirim via email. terima kasih..

  232. shofa said

    Sampurasun….salam kenal. saya Shofa, saya sudh lama sekali mengangankan dapat mendengar kembali sandiwara radio saur sepuh. saya masih duduk di bangku sekolah dasar saat nama-nama seperti Brama Kumbara, mantili, Patih Gautawa, Raden Samba, dewi Harnum, Pramhita, Bentar sampai Lasmini menjadi bagian kisah tersendiri dalam kenangan masa kecil saya. Sayangnya, saya selalu lupa setiap kali buka internet untuk mencari informasi tentang ini. Syukur, hari ini saya dapat webpage yang menurut saya bisa membantu mengobati kerinduan masa kecil. So, bisakah melalui halaman page ini sya bisa mewujudkannya?
    Terimakasih.

    Jejakandromeda’s said :
    Barangkali dengan tukar informasi Saudara Shofa bisa menemukan apa yang dicari. kalau untuk informasi pemilik beberapa seri Saur Sepuh, ada yang memiliki tapi kalau gak salah harganya Rp. 25rb untuk dua episode. Nanti hubungi langsung ke yang bersangkutan karena saya memang tidak menyediakan. terima kasih.

  233. bagus said

    sampurasun. mas kapan sahur sepuh mengudara di jawa? boleh dong kirimin mp3 sahur sepuh buat obat malarindu

  234. mbelgedeshu said

    sampurasun… wah, saya juga mau dong dikirimin file2nya tentang saur sepuh… gimana yah kalo cerita saur sepuh itu di terusin lagi? menarik banget kan…. heheheheh

    mbelgedeshu@yahoo.com

  235. tohirin said

    Mas “Jejakaandromeda”,, bolehkah saya minta berbagi film2 saur sepuh (1-5)? kalo boleh,, bisakah dikirim via email.

    thx.

    tohirin

    Jejakandromeda’s said :
    Terima kasih sudah berkunjung disini. Kalau untuk berbagi dalam bentuk email, wah filenya gede banget mas… gak bisa dikirim via email. kalau mau beli aja originalnya masih ada kok. kecuali saur sepuh IV gak ada. Atau kalau mau download aja di youtube. terima kasih.

  236. irfan said

    salam kenal mas,sy irfan.sy punya kenangan dengan lagu2 saur sepuh,karena kbetulan kakak saya penggemar berat saur sepuh pada saat itu sehingga mau tidak mau sy harus suka lagu itu (saat itu sy berusia SD kelas 1-an),lama kelamaan jd suka dech sama lagunya. Oleh karena kaset itu sudah lama hilang, jd sy pengen dengerin lagi lagu tersebut, kalo boleh sy minta album lagu2 saur sepuh yang dalam bentuk mp3 ada ga ya?makasih sebelumnya….

    Jejakandromeda’s said :
    Saya punya judulnya Mantili bernyanyi….nanti saya email kalau sempet. terima kasih.

  237. nasirihsan said

    apa boleh diuploadkan atau send ke e-mail saya? maksud saya movie Saur Sepuh 1 dan 2. kalau bisa alhamdulillah, terima kasih anyway.

  238. abu rafie said

    Sampurasun…..

    Mas jejak andromeda..
    Ada ga ya simpan selain Satria madangkara filenya?
    Kalau ada minta kirimkan ke mail ku donk…

    Jadi ingat masa kecil…

    Chiatttttttt…..

  239. Sampurasun…

    Mas jejak Andromeda, Saya salah seorang penggemar berat Saur sepuh, walaupun saat itu masih usia SD. Tapi saya sudah kecanduan Saur sepuh. Beberapa tahun yang lalu Saya sudah seringkali search di Google untuk mendapatkan file MP3 atau data kaset Saur sepuh, berkali-kali saya coba selalu saja tidak ada yang mengupload file itu. Saya kecewa tapi tidak kefikiran lagi untuk mendapatkannya.

    Baru beberapa saat lalu saya iseng search Saur sepuh, TERNYATA sudah ada yang mempunyai file mp3 nya, Yaitu Mas Jajak andromeda.

    Mohon berkenan mengirimkan file saur sepuh tersebut ke email saya mas, di “mobbrig@yahoo.com”

    Saya sangat kangen dan rindu untuk mendengarkan kembali sandiwara radio yang dulu itu…

    Jejakandromeda’s said :
    Rampes………….file-file sandiwara radionya lumayan gede pak kalau di kirim via email……….

  240. Steph said

    Dear mas-mas semua,

    Saya penggemar berat serial 2x di radio spt saur sepuh, paling suka putri cadar biru. Ada yang bisa bantu saya untuk dapetin serial 2x tersebut..kangen bangetttt. Kalau ada yang punya filenya bisa burn ke CD, ganti ongkos cetak & kirim

    Jejakandromeda’s :
    Barangkali ada pengunjung lain yang mempunyai? kalau kesulitan menghubungi saudara steph, dapat menghubunga saya di email. terima kasih

  241. jazhiro said

    Sepertinya banyak sekali penggemar saur sepuh disini, dan banyak sekali yang menginginkan rekaman kaset dari berbagai judul saur sepuh dalam format keping cd mp3/wav. Mungkin ada rekan atau pak andromeda yang mempunyai koleksi dan bersedia untuk mendistribusikan. sekalian di sharing saja harga perjudul (kalo di radio dulu sih 2 bulan 60 seri ya??) plus ongkos kirim begitu.

  242. Wahyu said

    mas jejakandromeda………..
    Mas jejak Andromeda, Saya salah seorang penggemar berat Saur sepuh, meskipun saat saya di usia SD saya sudah kecanduan Saur sepuh. saya sering search di google tapi, hanya seri satria madangkara aja yang ada.

    Mohon kiranya berkenan mengirimkan file saur sepuh seri yang lain tersebut ke email saya mas, di “Wahyu_ayub@yahoo.com”

  243. amin said

    mas agus, tolong sandiwara saup sepuh mp3 di kirim aku ya… makasih berat.

    Jejakandromeda’s said :
    Mas agus yang mana nih bos………

  244. Uziek said

    Wah…wah…

    Baru ketemu blog ini.. jadi ingat masa-masa 80an. Aku jg penggemar berat Saur Sepuh dan beberapa sandiwara yang diperankan Feri Fadly. Membayangkan sosok jagoan Brama Kumbara dari suara Fery Fadly seperti seorang yang bertubuh kekar.. tampan, dan sakti. Mungkin kalo boleh berandai-andai, sosok Brama Kumbara itu seperti Barry Prima dalam Film Mandala dari Sungai Ular.. atau seperti aktor Donnie Yen dalam film Yip Man… hehehee.. gak nyambung yah?

    Tapi, terus terang, aku agak kecewa ketika ngeliat filmnya.. ternyata Brama Kumbaranya pake kumis.. rambutnya digelung.. padahal sebelumnya, aku pernah ingat dulu ada mini komik dalam bentuk gambar kecil-kecil sebesar kartu nama sebanyak 36 gambar yang disusun menjadi satu sebesar ukuran poster (Orang Malang menyebutnya “umbol”) yang menggambarkan sosok Brama Kumbara dengan rambut panjang (hanya kadang-kadang saja di kuncir/digelung) dan tidak pake kumis dan kostum mirip Wiro Sableng di Film/sinetron Wiro Sableng sekarang.

    Aku ingat waktu itu.. sandiwara radionya di putar sekitar Jam 15.00 di salah satu Radio setiap hari, dan pada hari minggu diputar 7 seri berturut-turut mulai jam 10.00 WIB. Aku ingat, ke Kamar Mandi, atau sumur untuk nyuci baju… selalu menenteng Radio National 2 Baterei kebanggaanku hanya untuk merasakan sensasi, kejutan, dan lanjutan cerita Saur Sepuh… hihihi.. lucu.

    Ada yang ingat Bongkeng dan Merit? Sosok Gemuk dan Kurus yang selalu setia mendampingi Brama dalam setiap pengembaraannya. Dua tokoh ini sebagai penyegar dalam setiap kehadirannya.

    Oh ya.. selain saur sepuh.. aku jg suka “Galang Gemilang” yang disuarakan oleh Fery Fadly jg.

    Btw, aku juga pesan koleksi filmnya.. yang lengkap.. yah! Thanks !

    Jejakandromeda’s said :
    Betul banget aku juga dulu punya tuh seri rampog alias umbul alias wayang…..kalau lasmini juga pakai baju merah, ciri khas dia, tapi gak seperti di film dandanannya lebih sederhana… Bongkeng yang di film tidak sesuai dengan yang di bayangkan waktu di radio. tentu saja visualisasi kita dengan sutradari pasti beda mas…,
    Kalau minat koleksi film saur sepuh hub saya via email, nanti saya bantu carikan mas. terima kasih…

  245. Indra Hendayana said

    Dear Rekan Penggemar Saur Sepuh,

    Saya salah satu penggemar berat Saur Sepuh, dulu waktu SMP sehari bisa dengerin cerita yang sama berulang ulang, kangen banget sama suaranya Brama Kumbara, barangkali ada yang punya dan tidak keberatan, tolong dikirim via email ke : indra.adirahe@yahoo.co.id atau Copy ke CD / DVD nanti akan saya ganti.

    Terima Kasih.

    Indra H

  246. adi said

    Mas Jejakandromeda, saya juga termasuk penggemar berat saur sepuh lho mas.
    Mbok tolong saya juga dikirimi file mp3 saur sepuh ke email saya. Kalau ada biayanya bolehlah nanti saya ganti, he he he.

    Jejakandromeda’s said :
    Hehe iya mas Adi, Saur sepuh itu tidak ada duanya…….gak ade matinya tuh……fileku tinggal yang saur sepuh the legend nih………

  247. Lephen said

    Mas/Mbak yang punya naskah drama radio serial Saur Sepuh, siapa ya? Terus alamat Sanggar Prativi dimana? Masih bisa kontak S. Tidjab? Para penulis drama radio? Salam manis dan bisa email saya, atau nanti kontak-kontakan. Saya kangen banget dengan sandiwara radio yang monumental. Tahun 1980-an tak bisa lepas dari radio kalau ada Saur Sepuh dan sejenisnya.

    Salam

  248. rizaqa prema said

    Halo mas Jejakandromeda, setelah liat tayang OVJ beberpa hari lalu, say jadi inget Saur Sepuh yang pas masa – masa SD dulu, saya paling seneng filmnya. Waktu itu bioskop memang tiada duanya, dibela belain desak – desakan, kita akhirnya nonton juga.

    Bagaimana ya untuk bisa dapat video Saur Sepuh lengkapnya ? ato paling tidak Saur Sepuh 1 – 3 ? Saya akan ganti biayanya. Saya bisa dihubungi di rizaqaprema@yahoo.co.id

    Terima kasih mas.
    Salam.

    Jejakandromeda’s said :
    Ok mas, buka emailnya ya………

  249. heru said

    oh my god!!! ini film indonesia terbaik yang pernah gw tonton!!!!!!! gw inget banget waktu kecil sempet nangis nangis karna ga jadi nonton film ini karna pas sampe bioskop ga ada filmnya!!!!!! anjrit!!!! gw harus dapet filmnya. kangen sama catfightnya mantili lasmini!!.

    Jejakandromeda’s said :
    bener banget, emang Saur Sepuh gak ngebosenin kok………

  250. Triyanto said

    Alhamdulillah, akhirnya kutemukan blog ini. Dah lama saya pengen mendengar kembali kenangan saat bersama2 teman mendengarkan sandiwara radio yang sangat fenomenal pada masa itu. Tapi sayang sekali, saya belum menemukan mp3 untuk serial brama kumbara yang awal (darah biru, perjalanan berdarah …). Tolong ya mas jika memang punya, saya dikirim! Terimakasih.

    Jejakandromeda’s said :
    Ayo ada yang mau bantu mas Triyanto???

  251. Sandhi Utama said

    Sampurasun Mas Jejakaandromeda dan semua kisanak yang ada di sini
    ,gimana ya caranya ngedapetin kaset saur sepuh dari awal ( Serial Darah Biru )sampai sekomplit komplitnya…..KAYAKNYA JALAN UDAH MENTOK YA…????
    ( saya ada sih copyan asli Darah putra sanggam sampai seri 12) liat comment 214 di atas

    dan Sebagai penawar rindu bisa denger saur sepuh the legend….lumayan

  252. OKEY….SIP..!!! LANJUTtttttttttt….

  253. yudi rinaldi said

    sampurasun…

    saya jg penggemar berat saur sepuh

    ada yg bisa bantu saya untuk mendapatnya vcd atau dvd saur sepuh 1,2,3 dan 5

    nanti kasih kabar ke yrinaldi@yahoo.com atau 083883XXXX

    saya tunggu

    terima kasih

    Jejakandromeda’s said :

    Ok mas sudah kujawab di email, no telp di sensor ya untuk menghindari hal2 yang tidak diinginkan. terima kasih.

  254. iwan said

    Salam kenal mas, saya penggemar berat sandiwara radio saur sepuh, mas kl punya mp3nya, mohon di kirim ke alamat email saya, kl ada dr awal.. hehe, thanks seblmnya

  255. rahma said

    salam kenal mas Jaka…. seneng rasanya, ternyata ada yg membahas ttg saur sepuh di internet. baru nemu nih… dan pengen rasanya nostalgia lagi…dulu waktu saya msh SD, sy ga pernah melewatkan nonton di bioskop bareng keluarga.
    boleh saya minta dikirim film, lagunya, ato apapun ttg saur sepuh ke email saya.

    terima kasih banyak sebelumnya.

    Jejakandromeda’s said :

    Terima kasih sudah berkunjung di sini……

  256. rahma said

    mas Jaka…. maaf kelewat. kalo mo dapetin vcd ato dvd nya gmn ya termasuk untuk lagu2nya? bisa bantu?
    tolong kasih info ya… saya tunggu di imel saya rahma_ajadeh@yahoo.com

    thx

  257. syarif hidayat said

    sampurasun……
    salam kenal dari rakyat madangkara…
    wah ga tahunya masih ada penggemar saur sepuh..kayak saya..
    Mas Jaka masih simpen file mp3 saur sepuh yang benar2 jadul gak..
    tolong kirim ke email saya sherif_jiks@yahoo.co.id
    saya tunggu ya….
    terimakasih banyak dari rakyat Madangkara…

  258. enjang kusnaedi said

    Sampurasun para Mania Saur Sepuh.
    Mohon di share dong yg punya file mp3 sandiwara ini. Jadi kita bisa saling bernostalgia.
    Masih ingat rasanya waktu SD jam 1 siang pasti langsung didepan Radio utk menunggu Brama hehehe.

    Tolong di email ya ke :
    enjang.kusnaedi@gmail.com
    enjang.kusnaedi@petrosea.com

  259. Awy Doank said

    ” sampurasun “…….” rampes “…..
    sekedar info ne
    untuk sandiwara radio saur sepuh yg teman-teman dengarkan itu adalah bukan sandiwara radio saur sepuh yg asli
    itu adalah cuplikan dialog dari film saur sepuh epsd satria madangkara yg di edit kembali menjdi sandiwara radio krn tidak ada sandiwara radio saur sepuh dngan suara petrus urspon sebagai brama kumbara kecuali di filmnya krn semua film saur sepuh memang di dubber oleh petrus urspon untuk tokoh brama kumbara
    sedangkan untuk sandiwara radio yg asli mash tetap dngn suara ferry fadly sebg brama kumbara
    kalau untuk SAUR SEPUH THE LEGEND kebetulan saya punya dari seri 1 sd 5

  260. DediArmansyah said

    Sampuraaaasun……..
    mas dimana dan gimana caranya bs dapat file MP3 saur sepuh dari yg pertama sampe akhir,,,,,
    makasih ya mass….
    tolong kirim ke email saya dedy_ar72@yahoo.co.id

    Jejakandromeda’s said :
    ada yang jual tuh mas di daerah surabaya….

  261. LEPHEN said

    Saya bisa memperoleh alamat Sanggar Prativi?
    Alamat dan kontak Niki Kosasih?
    Pemilik koleksi naskah Mas Ferry fadly, kontaknya? Punya naskah atau cassete & MP3nya?
    Saya mau ganti ongkos transfer dan kirim, asal saya tahu alamat yang punya? Jangan transfer ahhh? Takut ga di kirim2.
    Lebih baik ketmu di Jakarta he he ?

    Salam
    semoga bisa bantu.

  262. LEPHEN said

    SURABAYA MANA ALAMATNYA ATAU KONTAKNYA?
    TENAN

  263. Lephen said

    kuliah drama/teater di PTN http://www.isi.ac.id dijamin masih murah, belum BHMN dan otonomi kampus.

  264. Ary said

    salam kenal mas………..
    saya juga termasuk dar sekian ribu penggemar saur sepuh……… saya sudah memeiliki serinya dari 1-5 kecuali seri 4. bagaimana cara saya bisa mendapatkan vcd seri yang ke 4 ya, mas….??? trim’s

    Jejakandromeda’s said :
    salam kenal baik pak/ary. kalau saur sepuh 4 memang susah sekali didapat. Tapi saya memilikinya lengkap Saur Sepuh 1 – 5, Tutur Tinular 1-4, Babad Tanah Leluhur 1-2 , Misteri Dari Gunung Merapi 1-3, lengkap tanpa terlewat. kalau mau memiliki palingan ngopy pak…

  265. ari said

    Betapa senangnya bila saya bisa ikut melestarikan semua koleksi legendaris itu.
    Salam sejahtera . . . . .

  266. AKBAR said

    waktu saya sd senang sekali mendengar saur sepuh tapi ketika saya mendownload saur sepuh kenapa tidak seperti yang saya dengar dulu…. tolong mas kisah saur sepuh yang sering disiarkan dulu diradio diputar kembali agar pengemar-pengemar saur sepuh yang lain bisa mendownload dengan mudah thanks.

  267. pejantan said

    salam kenal…akhirnya pencarianku telah kutemukan jg…tnyata bnyk juga teman2 yg menjadi penggemar saur sepuh, sebagai penggemar berat saya pun bharap mas jejakandromeda sudi untuk mengirimkan file audio mp3 saur sepuhnya ke emailku untuk mengobati kerinduan hati ini, saya sangat btrimakasih sekali….ini emailku alam_jiwaku@yahoo.co.id

    Jejakandromeda’s said :
    salam kenal balik…memang banyak sekali penggemar saur sepuh sampai saat ini….

  268. rndnesta said

    teman” semua , ada yang punya koleksi film saur sepuh ????email ak ya …pengen nonton lagi nih

    email ke rndnesta@hotmail.com
    trims

    Jejakandromeda’s said :
    Ok, cek email ya…

  269. wongndeso said

    Bro’. . .
    email aku donk, file mp3-nya Saur Sepuh dan Misteri Dari Gunung Merapi . . .
    . . . . . . kangeeennnnn . . . . . . . .

    aritatto@yahoo.com
    thx yaa . . .

  270. iqbal said

    saya juga mau donk….
    yang lengkap, tutur tinular juga ya….
    he.. he….
    thank’s…..

  271. Supriyadi said

    Sy jg mau, mulai dari saur sepuh, tutur tinular, Mahkota Mayangkara… pengen banget rasanya mengulang masa2 yg silam, walau dlm jaman kesusahan, sy lebih enjoy dibanding dijaman yg sekarang, maksudnya… dibandingkan versi Video sy masih suka versi Sandiwaranya……
    Thanks Yach….

  272. abdul syukur said

    Mantap, ada saandiwara Saur Sepuh disini, saya salah a satu orang yang sudah berusaha untuk mendapatkannya dalam bentuk MP3 atau apapun mas. meski sempet liat di layar lebar, kok versi radio kayanya lebih membawa kita pergi ke dunia lain.

    jadi inget brama dan rajawalinya, persaingan mantili dan lasmini,
    Mas Andromeda, kalo mau mp3 sandiwara radionya masih bolehkah? terima kasih sebelumnya untuk review menariknya :)

    salam kenal

  273. MAHMI said

    Salam kenal…Bang andro apa ada mp3nya saur sepuh ataupun tutur tinular…pengin nostalgia dengan masa kecil nih

  274. teaksand said

    kk andromeda aq jg mau dunk dikasih saur sepuhnya….
    dah kangen neh….

  275. hendra said

    Mas, sudah lama banget saya cari mp3 Barma Kumbara dkk versi radio. Buat ngobatin rasa kangen yang ga pernah hilang mas…
    Kirimin via email dong, buat mengenang masa lalu.
    Pokonya semuanya aja, yo mas
    hatur nuhun

  276. praptomo said

    Kalo dilihat dari tgl posting saya tertinggal jauh, tapi saya juga penggemar berat saur sepuh
    tolong saya juga dirimi mp3 saur sepuh, terima kasih atas perhatian dan bantuanya, praptomo

  277. july said

    pleeeeese, q minta jg donk versi film / radio, klo bs seri 1 sampai abis deh. q bner2 pngen nih yng, klopun hrs bayar is ok deh, tpi jgn mhal2 ya. trims

  278. marelliandrei said

    ikutan donk tolong dikirim versi mp3 sandiwara radio saur sepuh nye ke email saya : marelliandrei@yahoo.co.id dari yg pertama sampai yg akhir.

    salam

    Jejakandromeda’s said :
    ayo…ada yang punya lengkap?

  279. Adeck said

    Mas…boleh minta file Sandiwara Saur Sepuh nya gak??
    Kalo ada bisa di kirim ke email saya mas.Pingin mengenang masa kecil dulu berciat-ciat dengan Ajian Tapak Saketi dan Ajian Serat Jiwa hahahahhaa……

    Terimakasih…!!!

  280. Arief Presley said

    Mo tanya mas…mp3 sandiwara saur sepuh yg anda pnya yg versi asli (lama) ato yg versi new? soalnya sy prnah download dtmpat lain tp bkan yg versi asli…klo yg anda pny versi yg asli, mohon sy dikirimi dunk..mksh sblmnya..salam :)

  281. anton said

    mas boleh minta file nya film saaur sepuh 4 dan tutur tinular 1,2 dan 3 mau mengenang masa-masa dulu. kalau boleh tolong kirim ke emailku oke

  282. anton said

    mas boleh minta file nya film saaur sepuh 4 dan tutur tinular 1,2 dan 3 mau mengenang masa-masa dulu. kalau boleh tolong kirim ke emailku antonyuliansyah@gmail.com oke

  283. fai said

    salam kenal mas andro….
    alhamdulillah saya juga seneng menemukan blog ini,salam kenal mas andro…kirim2 kabar ke alamtaku ya, soalnya kangen juga nih ama saur sepuh.
    tnks

    Jejakandromeda’s said :
    Ok terima kasih….

  284. andre said

    Mas Jejakandromeda,,,

    aku mau dong file mp3-nya saur sepuh.
    tolong di email ya….

    fruit.apple@gmail.com

    nuhun…

  285. iril said

    bos mita filem saur sepuhx dong aku capek nyarik ni nggak ketemu2

    Jejakandromeda’s said :
    Cek emailmu…

  286. heri said

    mas… boleh minta film saur sepunya… yg komplit seri pertama sampai akhir…

  287. Alex said

    Mas.kalau mau download backsoundnya lagu pengiring cerita saur sepuh dimana. Dan masuk ke konten apa?tq sampurasun

  288. didik rachmad h said

    mas,
    saya juga mau dikirim file-nya.
    membayangkannya saja sudah membuat saya meriang, teringat saat2 saya selalu mengikuti cerita itu sampai episode terakhir.
    kalo ndak salah.. mutiara dari timur.

    boleh dong, saya dikirimi file2nya.
    sebelumnya saya ucapkan matur nuwun sanget.

    salam.

  289. wongndeso said

    pingin banget dikirimi mp3 saur sepuh, aritatto@yahoo.com

  290. Nia Lia Fitriani said

    Mas, aku udah capek nyari saur sepuh 4 yang lengkap, adanya cuma yang kepotong-potong. Kalo punya tolong kirim ke email saya ya mas nialiafitriani@gmail.com

  291. yudhamanx said

    om…kalo berkenan tolong kirimin saya dong sandiwara radio brama kumbara..soalnya pengen tau gimana ceritanya… kirimin yang banyak yah om kalo persediaan ada.. hehehehehe (soalnya waktu itu saya masih belum lahir, tapi kata om dan tante yg cerita ke saya dulu ada sandiwara radio nyang asik.. makanya saya penasaran…, cuma mau download gak pernah ketemu link-nya)

  292. Wah Mas Jejaka, jadi ingat jaman dulu..
    Salam kenal Mas Jejaka, kalau berkenan saya sangat berharap mas Jejaka sudi mengirimkan file MP3-nya ke alamat email saya. Saya rindu sekali mendengarkan sandiwara itu. Terimakasih banyak sebelumnya. Salam Saur Sepuh…

  293. ekahermansyah said

    wah jdi inget jmn doeloe walopun ga ngikutin lengkap semuanya…seingat sy ajian serat jiwa tk.10 pun kalah oleh ajian waringin sungsangnya Kijara bukan sebaliknya… tp brama mengalahkan ajian waringin sungsang dengan ilmu lampah lumpuh… sebagaimana dijajalbhiksu kampala yg menggunakan ilmu ikatan roh dengan hasil draw…tdk ada yg menang atau kalah dan akhirnya menitipkan raden bentar berguru kepada di tibet.

  294. andi eko pujiatmoko said

    andi said;

    mas slm knal,aku susah bgt cari file sndiwara radio saur sepuh.tlg dikrm dong.aku dl plg rajin dgrin sandiwara radio ini.pgn dikrmin smua nih;alamt email ku thewall_andi@yahoo.com

  295. andi eko pujiatmoko said

    andi said:
    bkn filmmnya mas,tapi sandiwara radionya ja episode apa aja.mau yang satria madangkara,pesanggrahan kramat,atau yg mana aja

  296. bambang said

    asalamualaikum…mas-mas penggemar sandiwara radio aku pengin banget kenalan sama mas2 yang punya koleksi sandiwara tersebut, tolong mas siapapun panjenengan saya minta dikirim file mp3 snadiwara radio baik saur sepuh, tutur tinular kalo ada sekaliah babad tanah leluhur…terimakasih

  297. bambang said

    mas andromed kalo sanndiwara radio mahkota mayangkara yang lakonya siapa yah?? Apa Rakuti? dengan tombak patmayoninya??? bambangom@ymail.com

  298. siallan said

    mas sy penggemar saur sepuh tp versi audio bs ga sy dikirimi itupun kalo tak keberatan, alam kenal dan trima kasih

    Jejakandromeda’s said :
    Audio saur sepuh susah dicari bro…kita juga kesulitan….

  299. cheung said

    ada kok Sandiwara Saur Sepuh cuman gak gratis kalo mau beli ke website http://www.sanggarcerita.com itu saja , Tutur Tinular juga ada ihhihihi

    Jejakandromeda’s said :
    betul sekali tuh bagi yang butuh sandiwara radio bisa langsung beli ke web tersebut……..saur sepuhnya di perbanyak tuh bro hehe….

  300. darmono said

    Salam mas jejakandromeda,
    Boleh donk saya dikirimi audio saur sepuh mp3 yang mas punya… Saya juga penggemar berat saur sepuh waktu kecil dulu, saya ingin bernostalgia.
    Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih, say tunggu kiriman emailnya di darmaputra100877@yahoo.com
    Salam,

  301. kidz said

    sampurasun..
    mas ada SAUR SEPUH “Perjalanan Berdarah”? kalo ada tolong saya dikirimi, makasih..

  302. suud rizkianto said

    Tutur Tinular dah banyak teman2 upload tapi Saur Sepuh sepi2 sj gmn mas Jejakandromeda ?upload saur sepuh dong sy belum punya the legend seri 7 dst mas bs bantu?trim

  303. Jeri said

    Sampurasun mas..
    saya mau juga donk dikirimin mp3 Saur Sepuh ke email saya hehehe, kmarin dpt di t4 lain Sartia madangkara cuma sampai track 4 doang.. kalo ada lanjutannya yg sampai tamat kirimin ya… terimakasih byk.

    Email saya : punk_jeri@yahoo.com
    ditunggu ya..

  304. bustave said

    Tolong kirim ke bustave@gmail.com dong!

  305. anis said

    mas saya minta film saur sepuh 4 ya.

  306. sampurasun… mas.. saya pecinta/penggemar sandiwara radio saur sepuh, dari cerita dan musik pengiringnya,, terutama alunan yg seperti seruling itu,, mohon di kirim ke email saya mas kalau punya koleksi audionya. ytnarf@ymail.com

  307. Mas Khodir said

    saya ingin mendapatkan file mp3 sandiwara radio saur sepuh. Bagaimana caranya Mas Adromeda…?

  308. Mas Khodir said

    saya ingin mendapatkan file mp3 sandiwara radio saur sepuh. Bagaimana caranya Mas Adromeda…? Tolong dong mas andromeda, kirimkan ke e-mail
    khodir_1710@yahoo.co.id

  309. nanank said

    mas jejaka andromeda, kalau boleh saya minta di kirimi mp3 saur sepuh ya.. kirim ke :
    nanang12@hotmail.com

    thanks

    nanang

  310. himawan said

    mas bagaimana aku mndapatkan file mpe sandiwara radio saur sepuh dari episode 1-terakhir.tolong mas.kirim ke pangeranmasjid@ymail.com.
    terimakasih.

  311. DARIUS RATTA said

    Saya juga penggemar fanatik dari sandiwara radio saur sepuh. Ada ndak yang mau tolong kirimkan rekamannya dari awal ? Andai kata ada yang bersedia, saya bayar berapa saja deh, pokoknya saya mau dengar lagi ceritranya. Menurut saya Saur sepuh adalah sandiwara radio yang belum ada tandingannya sampai saat ini. Karena itu tolong ya ? Trims sebelumnya.

  312. Saya juga penggemar fanatik dari sandiwara radio saur sepuh. Ada ndak yang mau tolong kirimkan rekamannya dari awal ? Andai kata ada yang bersedia, saya bayar berapa saja deh, pokoknya saya mau dengar lagi ceritranya. Menurut saya Saur sepuh adalah sandiwara radio yang belum ada tandingannya sampai saat ini. Karena itu tolong ya ? Trims sebelumnya. kirim ke : dariusratta@gmail.com

  313. limpathOZ said

    SAMPURASUN MAS…
    waduh saya udah lama banget nyari file sandiwara radion saur sepuh..kalo movienya udah lengkap..walau saur sepuh 4nya belum dapat…
    saya udah coba hub salah satu radio di daerah saya yg nampilin lagi sandiwaranya dalam bentuk saur sepuh the legend tapi ngk bisa di beli apalagi diminta….saya udah putus asa nyari kemana lagi..kalo bisa saya mohon saya juga dikirimi yo mas…sampeyan the best lah..he3..
    atoz

  314. Mas jajaka andromeda,

    Boleh mas itu file mp3nya, kangen banget pengen dengeer… Kalo ada pls kirim ke agusnugroho@gmail.com

    Suwun banget
    Agus

  315. ghofar said

    saya ingin mendapatkan file mp3 sandiwara radio saur sepuh. Bagaimana caranya Mas Adromeda…? Tolong dong mas andromeda, kirimkan ke e-mail jhomghofar@yahoo.co.id

  316. adnan said

    dear,

    apa saya boleh dapet file mp3 nya juga? sudah 2 tahun saya search di web utk download, tapi isinya junk semua, email saya adnanshark@yahoo.com, terima kasih,

    masih ingat waktu itu saya masih sd, pulang sekolah dengerin saur sepuh episode darah biru…wow

  317. muhammad mas'ud said

    Sampurasuuuun, ga nyangka pecinta sandiwara radio khususnya saur sepuh sebanyak dan sefanatik ini. Untuk mas jejakandromeda dan satria satria yang lain, saya ingin koleksi serial tsb, mungkin Tuhan memberikan media disini, untuk para kesatria, sudilah kiranya saya dikopikan file mp3 nya, saya ganti beli CD dan ongkos kirim nya, kalau tidak kalian semua akan aku hancurkan dengan ajian lampah lumpuh kuuu, ciaaaaaaaat….. *terbang

    Oh, iya, mas jejakandromeda, usul, giaman kalo kita bikin groups milist, jadi semua sharing lewat grup tsb.

  318. eliexs said

    terima kasih mas, mau meluangkan waktu menjelaskan dengan singkat cerita saur sepuh ini =)
    akhirnya aku tahu dari mana asal nama saya “Garnis” ini bermula karena bisa dibilang termasuk nama yang tidak umum di kalangan bahasa Indonesia sendiri. .
    ternyata ayah ku termasuk penggemar film saur sepuh yang cukup terpesona dengannya, sampai-sampai menamai anak sendiri dengan nama tokohnya =P
    btw Garnis lahir th 92 jadi tidak pernah dengar tentang sandiwara radio sama sekali, dengan artikel dari mas jejakandromeda telah membuka jalan lama dimana dulunya ada salah satu seni hiburan yang begitu mempesona tanah air n_nv

    Jejakandromeda’s said :
    Garnis itu salah satu tokoh di Saur sepuh…mungkin orangtuamu ngefans berat sama sandiwara ini……..

  319. eliexs said

    sori double post, kelupaan hhe
    kisah saur sepuh dengan tokoh Garnis ini cerita beneran?
    maksudnya bukan cuma karangan fiksi untuk sandiwara radio tapi juga ada legenda nya ga?
    ingin mencari lebih jauh sejarah nama ku niiihh =D

  320. sayang nya sdh ga ada yg mau muter lagi…hidup film jadul indonesia

  321. ghozi said

    FANS Berat bertambah satu lagi, sampurasun,
    walau usia udah menginjak 40, dan virus saur sepuh mulai menjangkitiku sejak SMP kelas 1 namun belum juga sembuh. dengan bimbingan tuhan aku menemukan WEB ini. please file saursepuhnya untuk sekedar quantum leap atawa tunnel time kembali ke tahun 1984. saya tunggu filenya di mghozi2002@gmail.com. May god bless yang menjaga web ini.

  322. eOne said

    mau dong mp3 sandiwara radionya. ada yg punya ga ya ? kalo berkenan email ke dodol134@gmail.com.
    kalo ada yang tau link nya share ke kita donk. soalnya kalo film nya ga se seru di radio….

  323. juli said

    pleeese, akhirx q mnemukan juga. tlong donk apa aja yg ada email ke tmpt q. (jul21y@yahoo.co.id),
    thnks sblmx buat smua ….q tg zaaa, q pnggemar stia buangetttt

  324. yogi said

    sampurasuun, ….sya juga kangen berat sma sandiwara itu, mau donk mas andro dishare mp3 sandiwara radionya

  325. bambang wicaksono said

    saya pnggmar brat saur sepuh dr jaman sndwra radio ampe layr lebr lho mas.

  326. Kami mau putar di radio, kira kira kami boleh gak minta file mp3 nya. newprasastyfm@gmail.com share ya bos

    Jejakandromeda’s said :
    Om dari Radio Prasasti untuk sandiwara radio Saur sepuh terus terang kami juga kesulitan untuk mendapatkannya..

  327. Ijin Copas mass,..

    Tq sebelumnya,..

    Jejakandromeda’s said :
    Silahkan…kalau perlu tulis sumbernya ya dibawah. terima kasih

  328. Rossy Anggarini said

    mas jejakandromeda, saya juga mau dong dikirimin file mp3 sandiwara radionya, Apa pun deh mas yang ada, kirim ke rossyanggi@gmail.com ,saya ama temen2 sdh kangen berat nih… kami fans berat Saur Sepuh… tolong ya mas… pils plis pils…makasih buanyak mas !!!! :) :) :)

  329. Rossy Anggarini said

    oh iya mas, film2nya juga ya mas kalo msh ada, tolong dikopiin kalo bisa, di Bali nggak ada nih mas… email saya : rossyanggi@gmail.com ,terima kasih…. :)

  330. dudi rosadi said

    mas minta file mp3 sandiwara radio saur sepuh dong,,,,,,,,,,,,

  331. aziz said

    maaf mas… boleh minta file sandiwara radio saur sepuh? email : zoecyber@yahoo.co.id sebelumnya terima kasih…

  332. sukses1000@gmail.com said

    Mas Jejakandromeda tlng sy jg dikirimi file saur sepuh mp3nya yo mas.

  333. sukses1000@gmail.com said

    Mas Jejakandromeda tak tunggu ya. betul lho.
    Nanti klu betul terkirim wah saya sangat berterima kasih.
    Ajian tapak saketi, hiyaaaaaaat
    Wah hebat sekali kau Jejakandromeda, coba ajian gelang-gelang, hiyaaaattt
    Ternyata blm mempan juga ini. Wah apa perlu saya keluarkan ajian tit kie ibeng yang saya lanjutkan ajian serat jiwa tingkat kesepuluh, baru memberikan mp3 kau mas Jejakandromeda. Ajian pamungkasku ajian lampah lumpuh, saya gabung dengan ajian ciptadewi. tanpa berhenti sampai anda memberikan file mp3nya mas Jejakandromeda

  334. Alfian said

    Sampurasun…mas ane juga dunk minta di kirimin Saur Sepuhnya…kangen pengen dengar suara mantili..thanks ya

  335. Tri Doso Dwi H said

    Sampurasun Kisanak, …
    Saya juga penggemar sandiwara radio legendaris 80an ini. Mohon berkenan untuk berbagi file audio (Mp3) ke email saya.
    Hatur nuhun …

  336. Syukron said

    teman2 yg punya file mp3 saur sepuh, tlg dong saya dikirimi ke emailku, kangen banget nih.

  337. taryono said

    Mohon informasikan yg punya mp3 serial sandiwara saur sepuh,tp yang seri ya,,,1 s/d …..

  338. sampuransun …. jadi kangen waktu kecil dulu sering dengarkan sandiwara ini, sampai gak gubris walo disuruh apa2 oleh ibu krn masih asik dengarkan he he ….
    kalau teman-teman ada yang ngoleksi mp3 nya boleh dishare ah … fauzan.ihsan@yahoo.com

  339. maz cugenx said

    Jadi senyum2 sendiri, ibarat berkelana akhirnya sampai juga di tempat tujuan. Waduh ketemu juga yg masih punya file arsipnya. Maaf ini kang boleh bagi dong saur sepuhnya versi mp3 nya. ☺º°ºƗƗ:O kalo yg video nya ada dmana yha? Maturnuwun kang

  340. anang said

    buat saur sepuhmania walaupun udah tua2 salam kenal saja dari saya, btw bagi agan2 yang punya file mp3 saur sepuh khususnya 2 episode awal darah biru dan perjalanan berdarah bagi2 dong ke email saya ; yulianto7anang@gmail.com, trms.

  341. bambang yuliarto said

    salam kenal , saya penggemar sandiwara radio terutama sandiwara radio versi kerajan seoerti saur seepuh. Jika ada yang mu berbagi serial nya komplit mp 3 , maukah kirim ke emaol saya bayumoel@gmail.com

  342. bagusbali said

    yg punya mp3 serial saur sepuh tolong dong kirim ke email saya (putrabagusbl@yahoo.com) terutama serial2 episode awal….saat brama dan mantili masih remaja dan hidup dikampung jamparing….darah biru,perjalanan berdarah dll
    masih terlalu kecil waktu itu jadi lupa2 ingat…..
    oh ya juga yg episode awal garnis muncul
    thanks ya semua salam kenal dari bali

  343. haswanto said

    saya juga mau dong mp-3 nya kirim ke email saya ya (nugrahakartika@gmail.com)

  344. aku minta dikirimi juga dong,sandiwara radio saur sepuhnya,tak tunggu ya bos,makasih

  345. aku dikirimi juga dong,makasih

  346. alex said

    minta dikirimi juga bos,tak tunggu,makasih

  347. alex said

    mas minta dikirim ke email saya
    murt.2122@gmail.com

  348. popi said

    sy jg mau mau donk koleksi mp3 saur sepuhnya…kangen banget…(popi_pello@yahoo.co.id)

  349. Nyoman Rossy said

    buat yang pengen dengerin sandiwara radio SAUR SEPUH, coba buka http://asdisuara.multiply.com ,tp harus sign up dulu, free kok. di sana ada “Darah Biru” sampai seri 4, trus ada Saur Sepuh New Legend, sayangnya nggak bisa dijadikan MP3. :(

  350. ayahfindi said

    punten…
    baru baca2 nemu yang beginian
    ane juga mo bernostalgia ma ni saur sepuh
    saya dah cari2..
    cuma ketemu darah biru 2 episode dalam bentuk mp3
    saur sepuh new legend 9 episode dalam bentuk mp3

    sementera judul2 saur sepuh ada 18 kalo ga salah
    nih judul2nya
    DARAH BIRU
    PERJALANAN BERDARAH
    SINGGASANA BERDARAH
    BARA DI BUMI ANGKARA
    BANJIR DARAH DI BUBAT
    SASTRAWAN DARI JAMPARING
    SENGKETA TANAH LELUHUR
    SATRIA MADANGKARA
    DARAH PUTRA SANGGAM
    PESANGGRAHAN KERAMAT
    TELAGA RENA MAHAWIJAYA
    KEMBANG GUNUNG LAWU
    MUTIARA DARI TIMUR
    AIRMATA DI MADANGKARA
    PERAWAN BUKIT LEJAR
    PERGURUAN ANGGREK JINGGA
    TITISAN DARAH BIRU
    ISTANA ATAP LANGIT
    DIATAS LANGIT ADA LANGIT

    yang punya rekaman dalam bentuk mp3 mohon di share
    kirim ke email juga gpp
    terima kasih…

  351. AKHMAD TAUFIK said

    ada yang punya file lengkap saur sepuh berupa mp3? jika ada yag punya, tolong saya minta dikirimin ke email sy yach opik_valentino_25091979@yahoo.com sebab saya penggemar berat saur sepuh

  352. AKHMAD TAUFIK said

    ada yang punya file lengkap saur sepuh berupa mp3? jika ada yang punya, tolong saya minta dikirimin ke email sy yach opik_valentino_25091979@yahoo.com sebab saya penggemar berat saur sepuh

  353. yadie said

    aduh nyari sana-sini akhirnya ada di sini,,,,mohon dikirim dong kang sandiwara radio saur sepuh,,,hatur thank’s sebelum nya,,,

  354. bagus said

    saya penggemar berat sandiwara radio saur sepuh terutama cerita awal2,DARAH BIRU,PERJALANAN BERDARAH,SINGGASANA BERDARAH,MATAHARI DARI UFUK TIMUR(awal2 munculnya garnis) …..tolong dong kalau ada saya minta dikirimin ke email saya dreambali@yahoo.com thanksss

  355. Mad Qivas said

    jadi tertarik ni. mas pa punya episode perjalanan bardarah? klo punya tlg kirim ke xavi.ahmed@yail.com mksh sblmnya

  356. mas…
    bisa minta tolong ak juga mau dikirimin file nya.
    klo punya yang versi VCD mau jg dong, nanti ak ganti deh (Asal jangan mahal mahal)

  357. klo ada kirim ke email ku y…
    jurex08@gmail.com
    tks

  358. djo0207 said

    Sampurasun..,

    Mau share info yg membahagiakan nich bagi siapa saja yang mengaku sebagai penggemar berat sandiwara radio SAUR SEPUH yang melegenda itu…

    Kebetulan saya menemukan tempat untuk mendownload serial radio SAUR SEPUH versi radionya, versi aslinya lho (yang pernah mengudara di radio-radio era 80-an)…Bahkan di dalamnya masih ada iklannya Entrostop segala…”Ibu-ibu, Bapak-bapak. Kalo mules karena lucu, tidak ada obatnya. Tapi kalo mules karena mencret, ada obatnya. Ada lagunya lagi…STOP CRET..bla.bla.bla…” Nyanyi dach..heheheee…

    Walaupun gak komplit dalam satu episodenya, tapi lumayanlah buat bernostalgia..saya jamin bakal mabok dengerinnya. Karena masing-masing babak, durasinya 30 menitan lho…

    Ada dua episode yang saya temukan : Darah Putra Sanggam dan Pesanggrahan Kramat.
    Keduanya asli versi radio, bukan versi movie/sinetron..!!

    Mungkin ini berbentuk streaming. Saya gak tahu pasti. Soalnya di kompi saya ada IDM (Internet Download Manager), sehingga sewaktu nge-klik tombol play, IDM otomatis muncul tuk ngedownload file mp3-nya…Jadi bisa didengarkan sewaktu-waktu bila senggang…Masing-masing file mp3-nya kira-kira sebesar 25-30MB…

    Buruan didengarkan ato didownload..(mumpung masih ada)…

    Tuk rekan-rekan yg lain yg punya info tentang episode saur sepuh yang lain, mohon saya dibagi juga yach… :)

    Tak lupa juga, saya ucapkan terima kasih bagi yang sudah bersusah payah nge-upload ke-2 episode diatas…

    Semoga infonya benar-benar bermanfaat dan berharga…
    Terima kasih…

    Jejakandromeda’s said :
    Atas permintaan pembaca, link tersebut terpaksa di hapus. tp silahkan yang berminat bs langsung google saja

  359. djo0207 said

    Oya tambahan sedikit..

    Ternyata besarnya file episode Pesanggrahan Keramat masing-masingnya cuma 5-8MB saja…
    Lebih kecil daripada episode Darah Putra Sanggam yang masing-masing besarnya sampai 25-30MB…

    Soalnya kemarin belum download yang Pesanggrahan Keramat sih…
    Jadi kirain besar file-nya juga sama seperti yang Darah Putra Sanggam…

  360. Lia said

    mohon infonya, gimana cara donlotnya tuh….bantuin dunk….kasih arahan yg detail…plisss

  361. nazhif said

    Mas Jejakandromeda saya mohon tolong dong dikirm file mp3 saur sepuhnya ke alamat email saya ini nazhifpost@yahoo.com, saya penggemar saur sepuh sejak saya masih SD.kangen banget sandiwara tersebut. Please mas… Terima Kasih

  362. awang said

    Mantap…. aku penggemar saur sepuh versi radio n layar lebar. skrg bs download 1 sampai 3 via 4share. sayang bgt yg 4 n 5 blm dpt…..

  363. djo0207 said

    Wah, ternyata link saur sepuh yang saya share, dihapus ama Mas Jejakaandromeda. Saya ga tahu kenapa?? Padahal khan maksud saya untuk berbagi kebahagiaan dengan rekan-rekan yang lain, karena kita bisa bernostalgia mendengarkan serial saur sepuh yang legendaris itu lagi.

    Bagi rekan-rekan yang ga sempat kebagian link yang saya share, bisa mengunjungi blog pribadi saya. Di sana masih ada linknya. Bukan maksud saya mau promosi blog pribadi saya. Tapi di blog pribadi saya itulah, link sandiwara radio saur sepuh itu saya share tanpa khawatir linknya dihapus…

    Caranya cari lewat goggle: ‘masukkan nama saya + saur sepuh’.
    Linknya ada di postingan saya yang berjudul “saur sepuh” juga.

    Maaf saya ga kasih link untuk blog saya secara langsung. Khawatir dihapus lagi linknya…Atau lebih parah lagi, komen saya dihapus semua… :(

    Jejakandromeda’s said :
    Jawaban admin : iya kemarin ada yang minta menghapusnya…beliau yang punya sumber asal sandiwara radio ini.. terima kasih

  364. Sampurasun
    Senang ketemu blog yg masih melestarikan budaya dan sejarah indo..wah penggemar sandiwara saur sepuh makin banyak aja ya….salut banget, aku juga penggemar berat saur sepuh dari zamanya masih SMP dulu lho…hehehe, punten ada nggak ya yang jual copian sandiwara radio saur sepuh, tutur tinular, mahkota mayangkara semua episode lengkap, sama kalo ada movienya…kalo ada bisa hubungi aku dong di email : budi_dewangga@yahoo.com
    Untuk mengenang masa dulu gitu…hehehe..Ditunggu ya…

  365. hasnoel said

    Salam knal…. Saya hasnoel dr padang, Mas saya jga penggemar berat sndiwara radio saur sepuh, tlong saya dkirimi file Mp3nya ♈ª Mas, filmnya jga, ke email ini ja ♈ª Mas. Justhasnoel@yahoo.co.id …. Mkasih bnyak sblumnya ♈ª Mas.

  366. brojomusti said

    saya crew radio komunitas pertanian prasasty fm bagaimana kami bisa memutar sandiwara radio untuk hiburan poro konco tani……?

  367. achmad said

    aebaiknya kalo ada yg bisa di dishare jangan dihapus….kalau pelit pelit yaa rezekinya pelit mas….kalau mau berbagi sama sesama..insya allah rezekinya juga akan lancar……

    Jejakandromeda’s said :
    sudah di sampaikan alasannya dibawah. terima kasih

  368. adi said

    Jadi inget jaman saya kecil. Klo ada waktu boleh dong mas dikirimin file nya. tolong ya mas. Matur suwun

  369. adi said

    oh iya, email saya imaji79@yahoo.co.id

  370. MITRO said

    tiba2 rasa kangen masa lalu dengan saur sepuhnya, dulu drama radio ini ada rangkumannya sekaligus 7 seri di sebuah radio swasta di surabaya, diputer khusus hari minggu, saat itu aku dengerin dari pagi sampek selesai sambil nyuci baju, nyetrika, hmmm..indahnya waktu itu , tolong dongk yang punya mp3 nya please kirim ke email: mitro_studio@yahoo.com , aku ucapin terima kasih 1000x. yang mau kirimi aku…

  371. fajar s. said

    mau dong dikirimin kangen banget nostalgia waktu kecil ndengerin sandiwara radio di sawah, heee : fajaratna@yahoo.com matur nuwun

  372. Soega said

    mas bisa share drama radio’nya ke email saya mas,karena mau saya puter kembali di radio saya mas, email saya erlang77@gmail.com

  373. Kakeknya yang benar bernama ASTAGINA

  374. reva said

    ijin share gambar gan

  375. yaya said

    Mas saya ingin mendapatkan file mp3 sandiwara radio saur sepuh. plisssss kirimkan ke e-mail
    yayabangbayang@yahoo.co.id

  376. Lare Osing said

    Download Serial Radio Saur Sepuh (Mp3), dapat anda donlod di: http://manasukakamusuka.blogspot.com/

  377. putera said

    kirimin jg dong,,,,episode …darah biru….brama diasuh kakeknya astaghina…ke emailku,,.,puterajambangan@yahoo.com,,,,makasih…

  378. anggun79 said

    Buat Mas Jejakandromeda, thanks banget atas informasi tentang drama radio saur sepuh nya

    mohon di informasikan lewat email saya, anggun.android@gmail.com , bagaimana saya bisa dapet versi lengkap sandiwara radio Saur Sepuh versi yg 80″ an (saat saya masih balita) tapi saya ikut merasakan juga canduannya terhadap sandiwara ini

    terimakasih sebelum nya

  379. bayukris w said

    buat mas jejakandromeda,,mas saya pingin banget punya cd atau dvd film saur sepuh bisa bantu saya tuk dapatkan cd film saur sepuh semua episode.kalau mas bisa bantu aku sangat bertrimakasih

  380. ugar said

    Mas.. Tolong dunk kirimin files sandiwara radionya.. Thx

  381. yogo said

    mas …mau juga donk fiel sandiwara radio nya

  382. WidiJanto B Soewito said

    Mas Mas, kalau ada yg punya file mp3 saur sepuh minta di share dong’ please… saya adalah penggemar berat saur sepuh sejak tahun 1985 kalau ada dari episode darah biru, perjalanan berdarah, dan singgahsana berdarah. minta tolong ya Mas… trimakasih banyak sebelumnya.

  383. Mochamad yussa said

    Kepada Siapa saja yang punya naskah asli, cerita sandiwara radio saur sepuh tolong dong di up load ke cerita silat …..seperti nogo sosro sabuk inten saya punya tuh… teks aslinya ….bagi yang berminat …tukeran deh sama sama cerita sur sepuh …..(Email : yussa_Mochamad@yahoo.com

  384. deni sismadi said

    sampurasuun…baru tau ternyata masih ada ya nostalgia jaman masih sd..cerita sandiwara radio saur sepuh emang jempolan deh..klau bisa minta dong file mp3..trima kasih..salam

  385. Ridwan Nirwana said

    salam sejahtera untuk semuanya, Saya “Ridwan Nirwana” saya juga kangeeeeeeee…..n banget sama serial sandiwara radio “saur sepuh”
    mudah-mudah ada yang bisa mengobati rasa kangen saya. soalnya penggemar berat juga sih sama Brama Kumbara (Prabu Raja Madangkara) harapan saya mudah2an ada yang mau kasih ke saa tolong dongk yang punya mp3 nya please kirim ke email: nirwanaridwan@yahoo.co.id , aku ucapin terima kasih 1000x.

  386. xxx said

    Coba kunjungi link ini kawan…lumayan komplit… http://sandio2012.blogspot.com/

  387. ipunk el rahman said

    salam serat jiwa……………mas aq pengen punya file mp3 sandiwara radio tlng ya krim via email…..nich emailq ipunkelrahman@gmail.com

  388. ipunk el rahman said

    udah d krim ke emailq g bang??????????

    ipunkelrahman@gmail.com

  389. zainal said

    SAMPU RASUN…..KEMAREN SAYA SEMPAT DOWLOAD MP3 EPISODE DAAH PUTRA SANGGAM DAN PESANGRAHAN KERAMAT. MEMANG ASLI DAN MASIH ADA SUARA BENYAMIN S NYANYI LAGU ENTROSTOP. LUMAYAN BERNOSTALGIA SEMASA KECIL, WAKTU ITU AKU MASIH SD KELAS 6. BTW KALO ADA SERIAL YN LAINX BOLEH MINTA DONG, KIRIM KE EMAILKU zainalssj@yahoo.com. terimah kasih sebelumnya. Sampuu Rasunnn

  390. dikma said

    Salam rajawali sakti……………mas aq pengen punya file mp3 sandiwara radio tlng ya krim via email…..nich emailq dikma2012@gmail.com

  391. mardi giana said

    sampurasun……waduh kayaknya aku telat….ternyata bayak juga temen2 yang ngefan sama saur sepuh…
    aku adalah salah satu penggemarnya…ingin bernostalgia tlg dong kirimi file mp3 saur sepuhnya…terimakasih…salam rajawali
    ini emailku

  392. mardi giana said

    sampurasun……waduh kayaknya aku telat….ternyata bayak juga temen2 yang ngefan sama saur sepuh…
    aku adalah salah satu penggemarnya…ingin bernostalgia tlg dong kirimi file mp3 saur sepuhnya…terimakasih…salam rajawali
    ini emailku gianamardi@yahoo.co.id

  393. adi said

    Minta file nya dunk

  394. Orkesmonata said

    Sampurasun, aq ngefans banget sama saur sepuh. boleh donk aq dikirimin file audio ke email orkesnewmonata@gmail.com

  395. ali suntoro said

    sampurasuuun mas jejakandromeda….mohon dikirimi file Saur Sepuhnya. mau tak dengerin sambil ngayal sambil nangis inget kecil dl. makasih buanget deh. atw sob yg juga udah ada tlg kirimi aku ke (ali_suntoro@yahoo.com)
    suwun 1000x

  396. Luky said

    sampurasuuun mas jejakandromeda…
    mas aku mau tanya apa saja ilustrasi musik saur sepuh, soalnya ada satu ilustrasi musik yg ada sulingnya yang kalau di dengerin hati jadi melow-melow gimnaaaaa…. githu, aku gak tau judul dan pemusiknya
    Terima kasih banyak sebelumnya…

    Jejakandromeda’s said :
    setau saya sih musiknya banyak di inspirasi dari musiknya Kitaro

  397. ayas said

    salam kenal mas jejakandromeda, saya penggemar putri cadar biru. dulu waktu sd suka dengerin bareng2 keluarga. utk teman2 semua, kalo punya filenya, saya minat beli. pengen banget bs dengerin lagi :) ato gimana kalo kita request bareng2 ke pt kalbe farma ya supaya bikin cd nya, jd diperjualbelikan secara resmi gitu.. suka juga sih sm sandiwara radio lainnya tp putri cadar biru paling sukaaa :D

    Jejakandromeda’s said :
    salam kenal kembali ayas… tp sayangnya aku juga gak punya itu sandiwara radionya Hanna Pertiwi…

  398. kalo bisa dikirimin juga ke email saya katonbaco@gmail.com

  399. Add Roe said

    mas aku pengen suara saur sepuhnya donk.. thanks yaaa ini emelku menara_i24@yahoo.com

  400. suyudi said

    Tolong mas saya dikirim cd nya Mahkota Mayangkara, yaaah tentunya ada nanti ada sekedar dana untuk ongkir dan pengganti burning. Terimakasih sebelumnya

  401. Adhe Landewang said

    sampurasun……waduh kayaknya aku telat….ternyata bayak juga temen2 yang ngefan sama saur sepuh…
    aku adalah salah satu penggemarnya…ingin bernostalgia tlg dong kirimi file mp3 saur sepuhnya…terimakasih…salam rajawali
    ini emailku wandosl@yahoo.com
    Terimakasih sebelumnya

  402. aris said

    tolong donk kirim semua file film kolosal saur sepuh aku salah satu penggemar berat lho

  403. aris said

    tolong donk kirim ke alamat emailku sutranaris@yahoo.co.id ya please aku fans berat nih aku sudah cari2 dvdnya/ vcdnya gk ketemu lho!

  404. fakhrul rakhman said

    halo bang…saya juga fans nya Saur Sepuh. Sudah koleksi 5 filmnya. Kalo berkenan bisa mengirim file sandiwara radionya ke email saya? sebelumnya terima kasih

  405. feri said

    Sampurasun, Kang. Kalau boleh mah saya minta file sandiwaranya, kang, gimana? bisa dikirim via email, bila perlu bayar ya bayar. Saya perlu untuk pribadi juga untuk penelitian kecil2an nih,,,Terima kasih sebelumnya.
    Feri Anugrah.

  406. robi said

    Selamat malam pak, sy robi dari kota Malang.. saya adalah penggemar sandiwara radio, saya ingin kembali mengenang masa2 kecil saya pada saat masa2 kejayaan Sandiwara Radio Saur sepuh ini,. untuk mengenangnya tolong kirimkan Serial sandiwara radio SAUR SEPUH mulai EPISODE ke 1 sampai selesai ke alamat email rubi.yanto700@gmail.com dan atas kebaikanya saya ucapkan terima kasih … http://komunitasrumahsahabat.blogspot.com

  407. robi said

    Oya…siapa tau kita bisa saling ber sillaturrahmi dan ini nomor Hp saya 085954552067

  408. gigin said

    kakang mas jejakandromeda salam kenal..boleh minta kirim file audio serial drama radio saur sepuh, tutur tinular, & mahkota mayangkara.. ;) soalnya saya ingin bernostalgia dengerin sandiwara radio kaya’ masa kecil saya.. :D hehehe kalau boleh file audionya bs dikirim ke E-mail saya ginola.jr@gmail.com.. terima kasih banyak kakang mas

  409. aku suka dengan tokoh mantili, brahma kumbara ,lakmini,garnis

  410. dewi respati prihatini said

    Sampurasuuunnnn…………………Saya seorang obu rumah tangga yang dulu sewaktu SD saya sangat menggemari yang sanamya sandiwara radio. terutama saur sepuh. sampai sampai pulang sekolah langsung nongkrong di depan radio. mohon kiranya Kakang Jejakandromeda berkenan mngirimkan file koleksinya ke email saya: dewirespatiprihatini@gmail.com Besar harapan saya dapat memperoleh file tersebut. Terima kasih

  411. sudili said

    bagi yang punya file audi/mp3 mohon konfirmasinya karena saya pingin mendengarkan lagi

    SAUR SEPUH
    Saur Sepuh 01. DARAH BIRU
    Saur Sepuh 02.PERJALANAN BERDARAH
    Saur Sepuh 03.SINGGASANA BERDARAH
    Saur Sepuh 04.BARA DI BUMI ANGKARA
    Saur Sepuh 05.BANJIR DARAH DI BUBAT
    Saur Sepuh 06.SASTRAWAN DARI JAMPARING
    Saur Sepuh 07.SENGKETA TANAH LELUHUR
    Saur Sepuh 08.SATRIA MADANGKARA
    Saur Sepuh 08. DARAH PUTRA SANGGAM
    Saur Sepuh 09. SATRIA MADANGKARA
    Saur Sepuh 10. PESANGGRAHAN KERAMAT
    Saur Sepuh 11. TELAGA RENA MAHAWIJAYA
    Saur Sepuh 12.KEMBANG GUNUNG LAWU
    Saur Sepuh 13.MUTIARA DARI TIMUR
    Saur Sepuh 14.AIRMATA DI MADANGKARA
    Saur Sepuh 15.PERAWAN BUKIT LEJAR
    Saur Sepuh 16.PERGURUAN ANGGREK JINGGA
    Saur Sepuh 17.TITISAN DARAH BIRU
    Saur Sepuh 18.ISTANA ATAP LANGIT
    Saur Sepuh 19.DIATAS LANGIT ADA LANGIT
    Saur Sepuh: EPSD 20.SEPASANG WALET PUTIH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,085 other followers

%d bloggers like this: